10 Wisata Kuliner Kota Solo Saat Pulang Mudik 2019

Wisata Kuliner – Ketika datang waktu mudik dan kebetulan kamu menuju kota Solo, sempatkan dirimui untuk mencicipi ragam kuliner khas Solo yang bisa dengan mudah kamu temukan di pinggir jalan hingga kafe di berbagai sudut kota Solo.

Kuliner Khas Solo merupakan kuliner yang sangat merakyat dan disukai oleh banyak kalangan bahkan presiden Jokowi juga menjadi salah satu pelanggan tetap dari 10 wisata kuliner kota Solo ini, penasaran mana saja ? yuk disimak 10 wisata kuliner kota Solo saat pulang mudik 2019.

10 Manfaat Baik Untuk Kesehatan Ketika Pergi Travelling Wedangan Omah lawas

TripAdvisor

1. Wedangan Omah Lawas

Wedangan Omah Lawas memiliki 50 jenis menu tradisional Solo, antara lain Nasi teri, nasi ayam, nasi tempe, tahu isi daging, tempe bacem, dan burung puyuh goreng.

tempat makan ini berlokasi di Jl. Dr. Supomo No.55, Mangkubumen, yang memakai konsep sederhana akan tetapi dengan service yang profesional.

Kompas

2. Tengkleng Mbak Dyah

Ketika kamu mudik ke Solo, dan kamu seorang pecinta daging kambing, wajib untuk mampir ke Tengkleng Mbak Dyah, pasalnya disini hidangan kulinernya diracik menggunakan tulang kambing yang dimasak lama mirip seperti gulai.

Cara menyantapnya juga terbilang unik, penyajian kuliner ini mengharuskan pengunjung menggigit tulang untuk bisa mendapatkan daging kambingnya, jangan khawatir, daging kambingnya sangat empuk, jadi tidak terlalu sulit untuk mendapatkan daging kambing di tulang ini.

TripAdvisor

3. Bakso Kadipolo

Buat penggemar Bakso sepertinya yang menjadi pilihan yang cocok untuk kamu adalah Bakso Kadipolo, yang merupakan salah satu kuliner Legendaris asal kota Solo, karena sudah ada sejak tahun 1967, dengan kuahnya yang terkenal sangat lezat dan nikmat, walau kamu tidak menambahkan apapun, berlokasi di Jalan Ronggowarsito No. 111 Timuran, Solo.

TripAdvisor

4. Soto Triwindu

Soto Triwindu merupakan tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1939, dahulu kala warung soto ini berlokasi di gang kecil di belakang pasar Triwindu maka dari itu dinamakannya Soto Triwindi, akan tetapi kini berpindah tempat di Jalan Teuku Umar No.41, Keprabon, banjasari, Solo.

Untuk satu porsi soto ini dicampur dnegan nasi putih dalam mangkuk yang diberi kecambah dan irisan daging sapi. Setelah itu disiram dengan kuah soto yang bening, lalu ditaburi dengan irisan daun seledri dan bawang goreng.

kompas.com

5. Warung Selat Mbak Lies

Warung Selat Mbak Lies yang satu porsinya berisi olahan daging sapi has luar yang disajikan dengan kuah encer berbumbu bawang putih, cuka, kecap manis, kecap inggris, pala dan merica, dilengkapi dengan telur rebus dan sayuran seperti kentang, buncis, dan wortel.

Waring Selat Mbak Lies tidak pernah sepi pengunjung, berlokasi di Jalan Veteran, Solo. Kamu sebisa mungkin datang lebih awal jika berniat ingin mencicipi soto ini.

Tribunnews.com

6. Bakso Alex

Bakso Alex merupakan salah satu wisata kuliner Solo yang berupa gerai bakso populer di Solo, tekstur baksonya sangat lembut, empuk, dan tersa dagingnyha, lengkap dengan kuah kaldunya yang kental. Berlokasi di Jalan Gajah Mada no.62 Madyotaman.

dimanaja.com

7. Vien’s Selat dan Sup Matahari

Vien’s Selat dan Sup Matahari yang menawarkan Selat salah satu makanan khas Kota Solo, yang berisikan sayur-sayuran berupa buncis, wortel, kentang, selada, daging galantin serta telur pindang, hidangan ini memiliki keunikannya terletak pada mustar buatan sendiri dengan cita rasa asam segar.

Berlokasi di Jalan Hasanudin, Srambatan, Solo, wajib kamu kunjungi ketika mudik ke Solo.

datawisata.com

8. Kafe Tiga Tjeret

Penduduk lokal Solo sudah sangat familiar dengan Café Tiga Tjeret, tempat makan ini sekaligus bisa kamu jadikan sebagai tempat nongkrong bersama teman-teman atau keluarga, banyak para lansia juga menikmati tempat ini sambil menikmati angkringannya.

Berlokasi di Jalan Ronggowarsito No. 97 Ngarsopuro, Solo, kamu disini juga bisa menikmati nasi oseng kikil, nasi terik daging, nasi bandeng dan banyak menu lainnya.

Money.id

9. Bebek Goreng H. Slamet

Bagi penggemar olahan bebek, nama H. Slamet tentu sudah sangat familiar. Berdiri sejak 1986, usaha kuliner ini tetap konsisten mengusung menu bebek goreng yang terkenal garing, empuk, tidak terlalu berminyak dan tidak amis. Di Solo, warung bebek goreng ini bisa dijumpai di Jl. Bhayangkara No.39B.

kompas.com

10. Soto Gading

Soto Gading merupakan tempat makan yang pernah di kunjungi oleh Presiden Jokowi sewaktu masih menjabat wali kota Solo, rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1974.

Dengan kuah kental dari kaldu ayam yang bening, berisikan soun, suwiran daging ayam, irisan bawang goreng dan tentunya daun seledri, kamu juga bisa melengkapi hidangan soto gading dengan beragam sate, perkedel, tahu dan tempe.

Berlokasi di Jalan Brigjen Sudiarta No.75, Kota Solo, wajib sekali untuk kamu kunjungi.

August Tyan: Pecinta wisata kuliner streetfood, tiada hari tanpa persantannan dan perbabatan duniawi ~