Tips Traveling – Ketika kamu mengalami pengalaman naik pesawat untuk yang pertama kali, ada beberapa hal yang wajib kamu tahu, seperti istilah asing yang dapat sedikit membuatmu kebingungan. Seperti Checkin, Departure, Boarding, Arrival, dan masih banyak lagi.

Jika kamu tidak memahami istilah-istilah penerbangan tersebut, berakibat bisa fatal, dan salah satunya yang harus dihindarkan adalah ketinggalan pesawat, supaya kamu tidak mengalami hal tersebut berikut ini Istilah Penerbangan yang harus kamu pahami, simak di bawah ini.

Unsplash/Peter Gonzalez

1. Departure

Departure merupakan waktu keberangkatan kamu, bisa kamu lihat pada tiket pesawat yang kamu pesan, Departure juga berarti area keberangkatan di bandara.

2. Arrival

Arrival dikenal sebagai waktu kedatangan maskapai di gate yang sudah dijadwalkan, tidak jauh dengan departure, arrival juga berarti area kedatangan di bandara.

3. Takeoff

Takeoff memiliki arti pesawat akan meninggalkan landasan menuju ke destinasi, sebelum takeoff, diwajibkan untuk para penumpang mengenakan sabuk pengaman, mematikan handphone, dan menegakan sandaran kursi.

4. Landing

Landing merupakan kebalikan dari arti Takeoff, yang memiliki arti pesawat telah mendarat di tempat tujuan, dan aturannya juga sama ketika pesawat akan melakukan takeoff.

5. Boarding

Boarding merupakan isitilah yang digunakan saat penumpang harus masuk kedalam pesawat, dan kamu harus ingat biasanya akan diumumkan 30 menit sebelum pesawat akan melakukan take off, kamu jangan sampai terlambat ya!.

6 Boarding Pass

Boarding Pass merupakan berisi informasi soal waktu, gate, nomor penerbangan, dan nomor kursi, untuk mendapatkan boarding pass ini kamu harus melakukan checkin.

7. Checkin

Checkin adalah konfirmasi calon penumpang pada maskapai, kamu dapat menemukan area checkin di bagian departure, baik manual atau self checkin pada mesin.

8. Baggage Claim

Baggage Claim merupakan area kawasan arrival untuk mengambil bagasi yang telah dititipkan, sebelum ambil cek label pada bagasi agar tidak tertukar.

9. Destination

Destination merupakan tujuan akhir suatu penerbangan, kamu dapat melihat istilah ini di papan informasi di bandara atau boarding pass.