Berita Wisata Indonesia – Jika kamu bosan dengan suasana ramai di tengah kota, jangan khawatir! Ada cara yang sempurna untuk menepi sejenak dan menikmati keindahan alam sambil melakukan camping. Di Wonogiri, Jawa Tengah, kamu dapat menemukan Destinasi Camping Wonogiri yang menawarkan view yang keren. Mulai dari mendaki bukit hingga berkemah di tepi pantai, Wonogiri memiliki segalanya.

Selain terkenal dengan Waduk Gajah Mungkur yang menakjubkan dan pemandangan sekitarnya yang menarik, Wonogiri juga memiliki beberapa lokasi camping dengan view yang spektakuler. Kamu dapat memanjat bukit-bukit yang menantang dan menikmati pemandangan indah dari puncaknya. Atau, kamu juga bisa memilih untuk berkemah di tepi pantai dan merasakan kesegaran angin laut sambil membangun api unggun di malam hari. Yuk simak berikut ini 5 Destinasi Camping Wonogiri Menawarkan Pemandangan Yang Cantik.

5 Destinasi Camping Wonogiri Menawarkan Pemandangan Yang Cantik

(instagram.com/girimanik.mountaincamp | instagram.com/bayudwihatmoko)

1. Girimanik Mountain Camp

Jika kamu ingin merasakan pengalaman camping tanpa harus repot membawa tenda sendiri, Girimanik Mountain Camp adalah pilihan yang sempurna. Tempat ini menyediakan penyewaan tenda beserta tempatnya, sehingga kamu dapat bermalam dengan nyaman sambil menikmati suasana sejuk dan pemandangan pegunungan yang indah.

Di Girimanik Mountain Camp, tersedia berbagai pilihan akomodasi mulai dari tenda hingga cottage yang dapat kamu pilih untuk menginap. Setiap tempat menginap dilengkapi dengan bangku-bangku yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar, menciptakan suasana ala kafe outdoor. Selain itu, tempat ini juga menyediakan wahana bermain anak-anak, taman yang asri, dan Girimanik Resto untuk memenuhi kebutuhanmu selama bermalam.

Lokasi Girimanik Mountain Camp terletak di Dusun Ngrapah, Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Kamu dapat menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Wonogiri untuk mencapai tempat ini.

Wonogiri menawarkan beragam tempat camping dengan view yang menakjubkan, mulai dari perbukitan, deretan pegunungan, city light, hingga pantai. Beberapa tempat camping tersebut juga berlokasi dekat pusat kota, sehingga dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit.

Selain itu, kamu tidak perlu khawatir tentang kebutuhan logistik saat camping karena Girimanik Mountain Camp telah menyediakan tenda dan kebutuhan lainnya. Semuanya telah dipersiapkan dengan baik sehingga kamu tidak perlu repot lagi saat ingin melakukan camping.

5 Destinasi Camping Wonogiri Menawarkan Pemandangan Yang Cantik 2

(instagram.com/sbodhi24)

2. Pantai Nampu

Selain pemandangan bukit yang menakjubkan dan keindahan waduk, Wonogiri juga menyimpan sebuah tempat camping yang menawarkan view pantai yang memukau. Pantai Nampu adalah destinasi yang tepat untuk kamu kunjungi, terletak di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.

Pantai Nampu menawarkan kombinasi perbukitan karst yang eksotis dan garis pantai berpasir yang memanjang. Di sini, kamu juga akan menemukan beberapa warung dan gazebo yang menyediakan tempat bersantai sambil menikmati makanan lezat. Bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman camping yang seru, kamu bisa membawa tenda sendiri dan memilih tempat yang agak jauh dari bibir pantai.

Menikmati keindahan Pantai Nampu sambil bercamping akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Kamu bisa terlelap dengan suara ombak yang menenangkan, serta bangun dengan pemandangan spektakuler di sekitarmu. Jauh dari keramaian kota, kamu akan merasakan kedamaian dan ketenangan yang hanya ditemukan di alam.

Pastikan kamu membawa semua perlengkapan camping yang diperlukan untuk kenyamananmu selama berada di Pantai Nampu. Ajak keluarga atau teman-teman terdekatmu untuk bergabung dalam petualangan camping yang seru dan menjadikan momen ini sebagai kenangan yang indah.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pantai Nampu di Wonogiri dan nikmati keindahan pantai sekaligus pengalaman camping yang seru. Mulailah merencanakan petualanganmu sekarang dan buatlah liburanmu di Wonogiri tak terlupakan!

5 Destinasi Camping Wonogiri Menawarkan Pemandangan Yang Cantik 3

(instagram.com/ochriztyan_11)

3. Bukit Cumbri

Jika kamu mencari tempat camping yang menantang dengan pemandangan yang menawan, Bukit Cumbri adalah destinasi yang tepat. Bukit ini terletak di Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri.

Dalam perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Wonogiri atau hanya sekitar 30 menit dari Ponorogo, kamu akan sampai di Bukit Cumbri. Dengan ketinggian sekitar 638 meter di atas permukaan laut, bukit ini cocok untuk latihan hiking, terutama bagi pemula.

Rute pendakian yang dapat kamu pilih adalah melalui Pager Alur dengan waktu tempuh sekitar 20-25 menit menuju puncak. Dari puncak, kamu akan disuguhi pemandangan menakjubkan berupa deretan bukit hijau yang mempesona di sekitarnya.

Untuk pengalaman camping yang seru, kamu dapat berkemah di sekitar puncak Bukit Cumbri. Namun, perlu diingat bahwa area ini tidak begitu luas, sehingga tidak dapat menampung banyak tenda. Oleh karena itu, lebih cocok untuk kamu yang melakukan solo hiking atau bersama kelompok kecil.

Jangan lupakan untuk membawa perlengkapan camping yang cukup dan menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan saat berkemah di Bukit Cumbri. Nikmati suasana alam yang menenangkan dan jadikan momen ini sebagai petualangan yang tak terlupakan.

Mulailah merencanakan perjalanan hiking dan campingmu ke Bukit Cumbri di Wonogiri. Rasakan tantangan dan keindahan alam yang menyertainya, serta buatlah kenangan indah dalam liburanmu.

5 Destinasi Camping Wonogiri Menawarkan Pemandangan Yang Cantik 4

(google.com/maps/Zaffa Rachmady)

4. Puncak Joglo

Puncak Joglo merupakan destinasi wisata yang berbagi desa dan pengelola dengan Watu Cenik. Tempat ini terkenal sebagai lokasi yang populer untuk kegiatan paralayang, paragliding, dan gantolle.

Untuk dapat menikmati keindahan Puncak Joglo, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB, kecuali bagi pengunjung yang ingin berkemah. Jika kamu berencana untuk menghabiskan malam di sini, pastikan kamu menyiapkan logistik yang cukup untuk keperluan berkemah.

Salah satu keunggulan Puncak Joglo adalah lokasinya yang strategis. Area campingnya berdekatan dengan fasilitas yang kamu butuhkan, seperti musala dan toilet. Kamu tidak perlu berjalan jauh untuk mencapai tempat berkemah. Selain itu, kamu akan mendapatkan bonus pemandangan spektakuler berupa Waduk Gajah Mungkur dan city light yang memukau saat malam hari.

Jadikan Puncak Joglo sebagai destinasi liburanmu selanjutnya di Wonogiri. Rasakan sensasi terbang dengan paralayang atau paragliding, dan saksikan keindahan panorama yang memukau dari ketinggian. Jangan lupa membawa perlengkapan berkemah yang cukup dan nikmati pengalaman camping yang tak terlupakan di tengah keindahan alam Puncak Joglo.

5 Destinasi Camping Wonogiri Menawarkan Pemandangan Yang Cantik 5

(google.com/maps/Friso Lengkong)

5. Watu Cenik

Watu Cenik merupakan destinasi wisata yang terletak di Dusun Prampelan, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Untuk mencapai Watu Cenik, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 8 kilometer dari pusat Kabupaten Wonogiri.

Tempat wisata ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa Sendang Pinilih dan menawarkan pemandangan yang memukau berupa Waduk Gajah Mungkur. Untuk memasuki kawasan wisata Watu Cenik, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang.

Bagi kamu yang tertarik untuk camping di Watu Cenik, kamu perlu membawa tenda sendiri dan mendapatkan izin terlebih dahulu dari pengelola. Harga dan prosedur izin camping dapat berbeda. Namun, tidak perlu khawatir, area camping di Watu Cenik dilengkapi dengan fasilitas toilet, musala, dan warung makan yang akan memudahkan perjalanan campingmu.

Watu Cenik juga telah menjadi lokasi penyelenggaraan Wonogiri Summer Camp 2022 sebagai bagian dari peringatan Hari Pariwisata Sedunia yang diadakan setiap bulan September. Hal ini menunjukkan bahwa Watu Cenik telah menjadi destinasi yang populer dan menarik perhatian para wisatawan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Watu Cenik dan menikmati keindahan pemandangan Waduk Gajah Mungkur yang spektakuler. Rasakan sensasi berkemah di tengah alam yang menakjubkan dan buat kenangan tak terlupakan di Watu Cenik, destinasi wisata yang menawarkan pengalaman seru di Wonogiri.