5 Spot Wisata Solo Cocok Untuk Para Pecinta Batik

Berita Wisata Indonesia – Kota Solo yang merupakan pasar batik terbesar, Pasar Klewer merupakan salah satu Destinasi Wisata Solo yang wajib untuk kamu kunjungi bagi para pecinta batik.

Selain mata yang dimanjakan, kain batik dengan beragam corak memanjakan matamu, setiap pengunjung yang datang ke tempat ini juga dapat langsung berbelanja batik dengan harga terjangkau, berikut ini 5 Spot Wisata Solo Batik yang wajib para pecintanya kunjungi.

instagram.com/explorekampungbatikkauma

1. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman dapat membuat kamu serasa kembali ke kota Solo tempo dulu karena banyaknya bangunan lawas yang berdiri di pemukiman ini, berlokasi di Jantung kota Solo, Kampung Batik Kauman tidak pernah sepi dari para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk belajar mengenai batik Solo.

Kamu juga bisa mengunjungi kafe dan tempat makan yang siap memanjakan lidah kamu, selagi menikmati batik klasik berdasarkan standar keraton, banyak spot foto yang instagramable banget di Kampung Batik Kauman.

instagram.com/idalaksmono

2. Dalem Go Tik Swan

Dalem Go Tik Swan merupakan museum batik selanjutnya yang bisa kamu kunjungi selama di Kota Solo, Jangan kamu heran jika mengunjungi museum ini bisa mendapatkan banyak arca ataupun benda pusaka karena Go Tik Swan memiliki jiwa seni yang tinggi.

Go Tik Swan merupakan sang maestro batik di kota Solo dengan keturunan Tionghoa, tidak cuma batik, Go Tik Swan merupakan tokoh yang sangat mencintai budaya Jawa, dirumahnya yang saat ini disulap menjadi museum tersebut telah memamerkan batik dengan motif yang berbeda, yang disebut batik Indonesia.

instagram.com/laweyan.solo

3. Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan menjadi salah satu tempat wisata Solo yang cocok buat kamu yang ingin belajar mengenai batik, Kampung Batik ini lekat sekali dengan Kyai Haji Samanhudi yang tidak lain merupakan tokoh pendiri Sarekat Dagang islam sekaligus pengusaha batik di kota Solo.

Karena itu kampung ini mendapati pula keberadaan Museum Samanhoedi yang memamerkan koleksi batik hasil karya sang legenda, Batik Laweyan sendiri berbeda dari batik Kauman yang mana warnanya lebih terang.

instagram.com/journey_traveling

4. Rumah Heritage Istana Batik Keris

Rumah Heritage Istana Batik Keris memang tergolong lokasi wisata Solo yang baru, Wisata ini berdiri di atas sebuah bangunan tua tak berpenghuni yang disinggahi oleh kelelawar, dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan Omah Lowo.

Bangunan yang berubah menjadi sebuah bangunan klasik nan mempesona ini, banyak hal menarik yang ditawarkan oleh spot wisata satu ini, Mulai dari menyaksikan beragam kerajinan batik, menikmati keindahan interior museum yang terbilang nyeni banget hingga menikmati sajian lezat dari resto atau kafe di Rumah Heritage Istana Batik Keris.

instagram.com/danarhadi_id

5. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, Solo memiliki gaya arsitektur bangunan dengan gaya Eropa, di dalam museum pengunjung dapat menyaksikan koleksi kain batik yang berjumlah mencapai ribuan.

Dengan jenis batik yang dipamerkan beragam, ada batik Jawa Hokokai, batik asli keraton, batik Jawa Hokokai, batik pesisir hingga batik Sumatera yang mana semuanya memberi kamu edukasi tentang perbedaan corak masing-masing batik.

Kamu juga bisa menyaksikan secara langsung proses membatik hingga menjajal dalam membuat batik.

August Tyan: Pecinta wisata kuliner streetfood, tiada hari tanpa persantannan dan perbabatan duniawi ~