Wisata Kuliner Indonesia – Candi Borobudur yang merupakan Destinasi Wisata Indonesia terkenal hingga ke seluruh dunia, dan merupakan salah satu warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO dan bagian dari peradaban Indonesia.

Di dekat Candi Borobudur, para wisatawan juga dapat menikmati aneka kuliner khas, yang pasti dapat menggugah selera, tentunya kamu jangan sampai melewatkannya dan dapat mengenyangkan perutmu ketika Liburan ke Candi Borobudur, berikut ini 5 Wisata Kuliner Candi Borobudur yang enak dan lezat dengan nuansa yang khas.

TripAdvisor

1. Mangut Beong Asli Borobudur

Mangut Beong Asli Borobudur merupakan salah satu kuliner lezat yang ada didekat Candi, kamu dapat mampir ke tempat ini berlokasi di jalan Pangeran Diponegoro, Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Mangut itu seperti gulai khas daerah Jawa tepatnya daerah Yogyakarta, Semarang, Pati. Kuahnya dibuat menggunakan santan dan rempah-rempah. Sementara itu biasanya berisikan lele, akan tetapi ada juga yang berisikan ikan manyung, iwak pe, belut sampai ikan gabus.

TripAdvisor

2. Joglo Panglipuran Borobudur

Joglo Panglipuran Borobudur yang menawarkan kamu spot unik, yaitu rumah ala Joglo ala pedesaan, serta tentunya makanan ini disajikan sangat lezat, menu makanan yang disusun sangat klasik, kamu akan merasakan nuansa ala pedesaan khas Jawa Tengah.

Garnesia.com

3. Saung Makan Bu Empat

Saung Makan Bu Empat yang berlokasi di Jalan Raya Borobudur, Ngrajek II, Magelang, Jawa Tengah tempat makan satu ini tidak boleh kamu lewatkan, setelah kamu berkunjung ke Candi Borobudur.

Restoran ini menawarkan kamu menu yang dapat menggoyangkan lidahmu, seperti seafood, ikan, sampai menu masakan tradisional lainnya khas Magelang. Selain itu pemandangan yang ditawarkan adalah spot pedesaan.

KSMTour.com

4. Sego Godog

Sego Godog kuliner khas dekat Candi Borobudur dan kudapan satu ini wajib sekali kamu cicipi, kuliner yang terdiri dari nasi yang direndam dalam kuah pedas, serta rempah-rempahnya yang sangat kuat.

Untuk lauk pauk pelengkapnya yang terdiri dari telur, suwiran ayam, kol, wortel, seledri, dan bawang yang kemudian dicampur dengan nasi, rasanya yang gurih dan ada sensasi pedasnya, tapi jika kamu ingin lebih pedas kamu bisa menambahkan sedikit atau lebih banyak sambal sesuai selera tingkat kepedasaannya.

detikFood

5. Sup Senerek

Sup Senerek yang berlokasi hanya beberapa menit dari Candi Borobudur ini menggunakan bahan dasar dari iga sapi, serta sup kacang merah yang diberikan potongan sayuran lainnya serta potongan daging.

Tampilan kuahnya bening, disantap saat makan siang atau makan malam, sup ini merupakan Makanan Khas Magelang khususnya di sekitar Candi Borobudur.

Menurut masyarakat setempat sup serenek sangat digemari saat masa penjajahan karena kelezatannya, sehingga saat ini kuliner tesebut masih dapat bertahan dan menjadi salah satu Kuliner Khas Magelang yang paling banyak di cari oleh para wisatawan.