Tips Traveling – Buat para pecinta alam dan hobi mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi orang yang sudah berulang-ulang kali melakukannya.

Akan tetapi berbeda cerita dengan orang yang baru pertama kali melakukan kegiatan mendaki gunung karena akan dihadapi penuh tantangan.

kompas.com

Menjadikan kegiatan mendaki gunung sebagai suatu yang menyenangkan, pendaki pemula harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan sebelum terjun ke lapangan.

Buat kamu yang baru pertama kali melakukan pendakian ada beberapa tips pendaki pemula yang hendak berkegiatan alam seperti mendaki gunung.

kompas.com

1. Berlatih Memasak dan Mengolah Makanan

Kegiatan pendakian gunung juga memerlukan kemampuan tambahan seperti memasak atau mengolah makanan dengan baik yang merupakan salah satu tips mendaki gunung.

Untuk pendaki pemula sangat disarankan memiliki kemampuan dasar tersebut agar tidak mengalami kesulitan ketika ingin makan di atas gunung, bahan-bahan logistik tersebut dapat kamu beli pada masyarakat sekitar kaki gunung.

Jadi sebelum kamu melakukan pendakian, kamu harus mengatur terlebih dahulu menu, mengolah menu, memasak aneka makanan harus menjadi salah satu skill dasar kita, agar kita tidak selalu ketergantungan dengan makanan kaleng, kamu bisa memanfaatkan bahan makanan organik yang lebih sehat.

kompas.com

2. Jangan Bawa Barang Mengandung Sampah

Tidak hanya untuk para pendaki pemula, semua pendaki wajib mengurangi atau tidak membawa perlengkapan yang bisa menjadi sampah, ia mencontohkan pendaki tidak perlu membawa lagi mi instan yang bungkusnya bisa menjadi sampah, disarankan membawa mie instan fisiknya saja tidak dengan bungkusnya.

Intinya kita harus disiplin dalam melakukan pendakian boleh membawa barang yang mengandung sampah asal, sampah tersebut kamu bisa tanggung jawabkan di bawah kembali ke bawah.

3. Menabung Perlengkapan Pendakian

Selama masa pandemi yang saat ini belum berakhir para pendaki bisa memanfaatkan waktu ini untuk menabung semua peralatan pendakian yang diperlukan nanti ketika hari-H.

Perlengkapan seperti ransel carrier sesuai dengan kemampuan daya angkut tubuh seseorang, kemudian pendaki pemula juga bisa mencari sleeping bag yang bisa dikemas dengan rapih, jaket yang ringan dan hangat, matras hingga cooking set yang praktis.

kompas.com

4. Pakai Jasa Pemandu Gunung

Jika diperlukan untuk menolong atau memandu pendaki pemula kamu bisa memakai jasa pemandu gunung, untuk menemani pendakian pertamanya, para pemandu resmi atau tergabung dalam Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) sudah bersertifikasi dan mengetahui informasi lengkap seputar kegiatan pendakian gunung.

kompas.com

5. Jangan Mendaki Sendirian

Pendaki pemula bisa bergabung ke komunitas atau ditemani oleh orang yang sudah berpengalaman, jangan sekali-kali kamu mendaki sendiri, untuk pendaki yang profesional juga sangat beresiko jika melakukan pendakian sendiri tanpa mengetahui cukup informasi.

kompas.com

6. Kenali Kemampuan Diri

Seorang pendaki gunung pemula terlebih dahulu mengetahui kemampuan dirinya sendiri, empat kemampuan yang harus diketahui adalah teknis, fisik, kemanusiaan, dan pemahaman lingkungan harus dimiliki seorang pendaki, baik itu pemula atau profesional.

Jika seorang pendaki gunung pemula belum mengenali kemampuannya maka bisa dilakukan dengan cara berlatih kemampuan itu.