Berita Wisata Indonesia – Banjarnegara merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah, selain populer dengan minuman khas es dawet ayu, Kabupaten ini juga terkenal dengan beragam tempat wisata alam yang mempesona muali dari kawah, gunung, sampai air terjun.

Pasti kamu penasaran bagaimana keindahan dari Tempat Wisata Alam Banjanegara, jika kamu tertarik untuk mengunjunginya berikut ini 7 Destinasi Wisata Banjarnegara Terpopuler dengan pemandangan luar biasa dan mempesona.

(instagram.com/banjarnegara.banget)

1. Curug Pundung Sewu

Curug Pundung Sewu jika diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki arti pundung” berarti gundukan tanah. Jadi, “pundung sewu” berarti gundukan tanah yang banyak berjumlah seribu. Daya tarik dari tempat ini adalah aliran airnya yang berwarna kehijau-hijauan dan sangat jernih.

Aliran airnya juga tidak terlalu tinggi, akan tetapi kolam di bagian bawahnya cukup dalam sehingga bisa digunakan untuk berenang, sementara itu pada bagian samping curug terdapat batu besar bagi yang tidak suka aktivitas memacu adrenalin bisa mencoba aktivitas melompat dari atas batu tersebut.

Berlokasi di Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah., dengan jam operasional buka selama 24 jam, dan untuk harga tiket hanya Rp 5.000 saja.

(instagram.com/update_bara)

2. Curug Mrawu

Curug Mrawu cocok sekali buat kamu yang hobi trekking menantang adrenalin, kamu bisa datang ke sini, walaupun terasa melelahkan karena harus menempuh jalan kaki lima jam, akan tetapi usahamu akan terbayarkan lunas dengan indahnya pemandangan alam yang disajikan di depan mata.

Ditambah lagi dengan perjalanan nantinya kamu akan ditemani dengan area hutan dan sawah milik para penduduk setempat, saat tiba di lokasi kesegaran dan jernihnya dari air terjun pasti akan membuatmu tidak sabar ingin segera menceburkan diri ke kolam yang terletak di bawah air terjun.

Berlokasi di Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Dengan jam operasional 08.00–17.00 WIB untuk tiket masuk gratis.

(instagram.com/rosidianasari)

3. Curug Pitu

Curug Pitu jika dalam bahasa Jawa kata “Pitu” berati tujuh, air terjun ini dinamakan Curug Pitu karena aliran airnya memiliki tujuh tingkatan.

Kamu bisa menuju ke setiap tingkatan dengan menggunakan tangga yang telah disediakan oleh pengelola, air disini juga sangat bersih, sehingga kamu bisa mandi atau bermain air sepuasnya.

Berlokasi di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Dan buka selama 24 jam untuk harga tiket hanya Rp 5.000 saja.

(instagram.com/erwindealova)

4. Waduk Mrica

Waduk Mrica merupakan waduk buatan manusia terbesar di kawasan Asia Tenggara, didirikan waduk ini secara khusus, bertujuan untuk keperluan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Panglima Besar Sudirman.

Kamu dapat duduk-duduk sambil bersantai menikmati keindahan pemandangan alam sekitar waduk. Ada juga spot pemancingan untuk kamu yang memiliki hobi memancing.

Berlokasi di Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Buka selama 24 jam untuk harga tiket gratis.

(instagram.com/yusufsubekti_)

5. Curug Pletuk

Curug Pletuk yang masih asri dan alami ini memiliki udara yang sejuk, dengan aliran air yang deras dan jernih.

Jika didahulukan kamu harus menempuh perjalanan sekitar 5-6 jam, saat ini kamu hanya memerlukan waktu 30 menit untuk menuju ke Curug Pletuk, Fasilitas disini juga lengkap seperti camp ground, toilet, dan gazebo sudah tersedia. Jika ingin menikmati keindahan dari Sunset dan Sunrise, kamu bisa melakukan trekking ke perbukitan di sekitar curug.

Berlokasi di Dukuh Pletuk, Pesangkalan, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara. Untuk jam operasional buka setiap hari 24 jam, harga tiket dikenakan hanya Rp 5.000 saja.

(instagram.com/diengholiday.id)

6. Telaga Merdada

Telaga Merdada merupakan telaga paling luas di kawasan Dieng, Telaga ini diyakini sebagai kawasan kaldera beka dari letusan Gunung Berapi yang digenangi air.

Telaga Merdada dikelilingi area pertanian milik penduduk setempat, saat mengunjungi telaga ini di siang hari kamu bisa menikmati keindahan alam sambil memlihat langsung aktivitas para petani yang sedang bercocok tanam, jangan lupa untuk menjelajahi kawasan telaga menggunakan kayak.

Berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Jam operasional buka dari 07.00 sampai 16.00 WIB. Harga tiket dikenakan sebesar Rp 25.000.

(instagram.com/onrielv__95)

7. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan Kawah Putihnya Banjarnegara, dengan menyuguhkan daya tarik utama berupa kawah yang mempesona, Kawah Sikidang termasuk tempat wisata populer di Banjarnegara yang tidak pernah sepi dari wisatawan.

Kegiatan yang dilakukan oleh wisatawan disini yaitu berjalan-jalan santai menyaksikan kawasan kawah atau berfoto dengan latar belakang alam sekitar, berlokasi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. dengan jam operasional dari jam 7 pagi sampai 5 sore, untuk harga tiket dikenakan biaya Rp 10.000 saja.