Berita Wisata Indonesia – Kota Wonogiri yang berlokasi di salah satu Kabupaten Jawa Tengah ini menyimpan berbagai macam Destinasi Wisata Jawa Tengah yang indah dan menawan, mulai dari situs sejarah, edukasi, dan wisata alam bisa kamu kunjungi.

Wonogiri yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar. Berbagai Tempat Wisata Wonogiri ini dapat kamu jadikan sebagai tujuan liburan ketika sedang Lebaran 2022, penasaran dimana saja tempatnya berikut ini 7 Destinasi Wisata Wonogiri yang cocok untuk libur lebaran 2022.

Travel Kompas

1. Telaga Claket

Telaga Claket sering kali dijuluki sebagai miniatur danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru. Sebab karena itu danau tersebut memiliki latar belakang Bukit Widodaren serupa dengan panorama di Ranu Kumbolo, ketika datang Ramadhan Objek Wisata Wonogiri ini banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk ngabuburit.

Disekitar telaga terdapat taman bunga berwarna-warni yang dapat menjadi spot foto Instagramable, ada juga gazebo yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat.

sejarahlengkap.com

2. Museum Karst

Museum Karst merupakan Wisata Edukasi Wonogiri yang telah berdiri sejak 2008 bertujuan untuk mengenalkan karst kepada masyarakat.

Para wisatawan bisa mengetahui proses batuan karst terbentuk, kehidupan masyarakat disekitar kawasan karst sejak zaman dahulu serta macam-macam gua hasil bentukan batuan karst di Indonesia.

Museum Karst berlokasi di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Pinhome

3. Soko Langit

Soko Langit yang merupakan wisata infinity pool di Wonogiri, para wisatawan bisa menikmati berenang di kolam renang terbuka dengan latar belakang Gunung Lawu.

Selain itu udara di Soko Langit juga terasa sejuk karena berada di ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut (mdpl) ketika pagi hari terdapat kabut tipis yang menyelimuti Soko Langit, berlokasi di Dusun Ngalrangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri.

seringjalan.com

4. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo merupakan pertemuan air asin dengan air tawar yang berasal dari aliran sungai, aliran sungai itu berasal dari sungai bawah tanah di celah perbukitan sekitar pantai, Nama Banyutowo sendiri berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti air tawar.

Pantai Banyutowo berlokasi di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.

Travel Kompas

5. Pantai Sembukan

Pantai Sembukan yang didalam kawasan Geopark Gunung Sewu ini berlokasi tidak terlalu jauh dari Pantai Nampu.

Jika kamu ingin menikmati liburan di pantai dengan suasana tenang, maka kamu harus coba mengunjungi ke Pantai Sembukan, berbeda dengan pantai Nampi yang memiliki garis pantai panjang, pasir putih di Pantai Sembukan lebih pendek. Saat air laut surut, bibir pantai akan menyisakan hamparan batu dan karang.

JejakPiknik.com

6. Pantai Nampu

Pantai Nampu merupakan hamparan pasir putih yang dipadukan dengan laut biru, disekeliling pantai terdapat perbukitan karst yang ditumbuhi pepohonan hijau diatasnya.

Pantai Nampu berbatasan langsung dengan Pantau Buyutan, Pacitan, Jawa Timur yang sama sama berada di jajaran pantai selatan. Selain bisa menikmati panorama pantai, wisatawan bisa berkemah di pantai ini. Lokasinya berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri.

Wikipedia

7. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur yang merupakan salah satu ikon Destinasi Wisata Wonogiri yang memiliki luas hingga 88.000 hektar, fasilitas yang ditawarkan oleh Waduk Gajah Mungkur antara lain ada wisata perahu, memancing ikan, kuliner di rumah makan apung, bermain wahana air, dan kebun binatang mini.

Dan buat kamu yang menyukai olahraga ekstrem, kawasan ini juga menyediakan fasilitas paralayang atau gantole yang berada di Bukit Joglo. Waduk yang telah berdiri sejak 1981 ini bertujuan untuk mengendalikan banjir dari Sungai Bengawan Solo, menyediakan irigasi bagi sejumlah kabupaten, tenaga listrik, dan pariwisata.

Untuk pembangunan waduk, setidaknya 51 desa ditenggelamkan dan lebih dari 13.000 kepala keluarga direlokasi.

Waduk yang mampu menampung 750 juta kubik air ini, merupakan waduk terbesar di Jawa Tengah dan juga salah satu terbesar di Indonesia.