Berita Wisata Indonesia – Kota Bengkulu yang merupakan salah satu kota dengan berbagai Destinasi Wisata Indonesia yang indah dan juga populer, selain itu Bengkulu juga memiliki berbagai macam kuliner khasnya yang unik dan lezat, untuk minuman juga banyak yang bisa kamu pilih.

Mengunjungi kota wisata biasanya kita akan membawa suatu barang atau sesuatu yang dijadikan oleh-oleh untuk saudara dan teman-teman, Bengkulu memiliki Buah Tangan khas Bengkulu yang dapat kamu jadikan hadiah, berikut ini beberapa rekomendasi dari Reservasiku 7 Oleh-oleh khas Bengkulu terpopuler dan wajib kamu bawa pulang.

newsikal.com

1. Miniatur Dol

Dol yang merupakan alat musik pukul sangat terkenal di Indonesia, oleh tangan-tangan terampil alat musik ini kemudian dibuat dengan versi kecil atau miniatur, supaya para wisatawan dan pelancong dapat membawanya pulang sebagai Oleh-Oleh Khas Bengkulu.

Seperti namanya Miniatur Dol memiliki ukuran yang kecil dibandingkan dengan ukuran sebenarnya, Miniatur ini bisa kamu jadikan sebagai pajangan di rumah untuk menambah koleksi dekorasi rumahmu. Jadi setiap kamu ingin melihatnya kamu akan mengingat kenanganmu di Bengkulu.

instagram/cavcraft

2. Kulit Lantung

Kulit Lantung adalah cenderamata khas Bengkulu yang terbuat dari kulit pohon bergetah, kulit tersebut dipukul-pukul sampai pipih dengan benda keras sebelum dianyam atau dibentuk menjadi sebuah tas, ikat pinggang, pigura, gantungan kunci dan dompet.

Kulit Lantung ini sangat berharga di zaman penjajahan Belanda. Dimana dilansir dari berbagai sumber terpercaya, disebutkan jika dulu masyarakat Bengkulu menggunakan kulit pohon tersebut untuk pengganti pakaian. Karena pada masa itu harga kain sangatlah mahal.

instagram/dony_batik__bengkulu

3. Batik Besurek

Batik Besurek merupakan kerajinan tangan khas yang terbuat dari kain yang diberikan motif huruf arab, batik ini populer sejak tahun 1988 sampai saat ini, batik ini sudah memiliki beragam motif yang terinspirasi dari berbagai ikon atau simbol yang menggambarkan dan mewakili Bengkulu.

Kain ini hanya dipakai pada upacara adat tertentu, namun sejak motif pada kain dikembangkan, saat ini penggunaannya lebih luas dan tidak terbatas pada acara seremonial saja, batik ini sudah banyak digunakan untuk bahan kain pakaian jadi.

instagram/bengkuluirahlal

4. Manisan Terong Ungu

Untuk kamu yang bukan warga Bengkulu mungkin akan bingung dengan hidangan khas Bengkulu satu ini, manisan yang merupakan olahan dari sayur terong ini memang hanya ada di Kota Rafflesia, jadi untuk Manisan Terong Ungu ini wajib sekali kamu jadikan sebagai oleh-oleh Bengkulu.

Manisan yang berwarna hitam pekat mirip seperti buah kurma, begitu juga rasanya, ketika kamu cicipi teksturnya legit dan terasa sangat manis saat kamu mencobanya pasti akan langsung ketagihan untuk kembali mengunyahnya.

instagram/kimberlly.quincey

5. Emping Bengkulu

Emping Bengkulu adalah jajanan kering yang awet dan tahan lama. Emping ini berbeda dengan emping pada umumnya. Di mana teksturnya sangat renyah ketika dikunyah. Namun, kita baru bisa mengkonsumsi camilan ini setelah digoreng lebih dahulu.

Sebagai jajanan ringan, camilan ini pasti disukai keluarga, teman maupun sahabatmu. Apalagi untuk mendapatkannya tidaklah begitu susah. Kamu tinggal menyusuri pasar tradisional atau toko oleh-oleh di seputar jalan Soekarno-Hatta, Bengkulu.

instagram/dorian_bengkulu

6. Lempuk Durian

Bengkulu juga produksi buah durian yang melimpah ruah, buah tropis ini kemudian diolah lagi dengan kreatif menjadi kue ataupun dodol, dan salah satu yang paling diminati adalah Lempuk Durian.

Lempuk durian tanpa menggunakan tepung, jajanan ini 100% terbuat dari durian kupas ditambah sedikit garam dan gula. Setelah dimasak selama 4 jam dan berwarna kecoklatan, kemudian Lempuk Durian dibungkus menggunakan plastik atau daun kelapa.

Oleh-oleh khas Bengkulu yakni Lempuk Durian sudah sangat familiar bagi banyak wisatawan luar daerah. Karena makanan berbentuk dodol ini sudah dikemas secara praktis sehingga gampang dimasukkan ke dalam traveling bag untuk dibawa kemana-mana.

nakam.co

7. Kue Tat

Kue Tat merupakan pangan tradisional yang dahulu diperuntukan bagi sultan, kalangan kelas atas maupun bangsawan yang hidup dengan kemewahan.

Namun saat ini Kue Tat sudah merakyat dan dapat kamu beli dengan mudah di toko roti Bengkulu terdekat. kue ini memiliki fakta unik, kue yang bercita rasa manis, bertesktur empuk dan beraroma harum ini selalu dihidangkan pada saat Idul Fitri.