Berita Wisata Indonesia – Karanganyar merupakan salah satu kabupaten Jawa Tengah yang memiliki deretan tempat wisata yang menarik, tapi juga oleh-oleh Khas Karanganyar yang lezat dan juga unik.

Jika kamu mencari Buah Tangan Khas Karanganyar, jangan khawatir disini memiliki banyak ragam buah tangan yang dapat kamu bawa pulang, seperti camilan, buah, hingga suvenir. Bahkan semuanya dijual dengan harga yang ramah di kantong. Berikut ini 7 Oleh-Oleh Khas Karanganyar terpopuler dengan harga murah.

instagram.com/outlet.blangkonan

1. Blangkon

Jika kamu berkunjung ke Karanganyar, Buah Tangan Khas Karanganyar yang cocok untuk kamu bawa pulang adalah Blangkon, yang dapat kamu cari di kawasan wisata Girilayu, kecamatan Matesih.

Blangkon disini dijahit dengan cara manual menggunakan tangan, blangkon asal Karanganyar ini memiliki kualitas terbaik, harganya juga mulai dari Rp 35.000 saja tergantung ukurannya.

instagram.com/pabrikkeripikpisang.id

2. Keripik Pisang

Seperti namanya keripik ini terbuat dari buah pisang yang sebelumnya diiris lalu digoreng, uniknya buah yang digunakan adalah Pisang Khas Karanganyar, yang dinamakan pisang Byok, Pisang ini walaupun sudah matang, kulitnya akan tetap berwarna hijau, rasanya yang gurih, dengan harga dibanderol Rp 20.000 perbungkusnya.

instagram.com/rinjani_foodies

3. Grubi

Grubi yang terbuat dari ubi rambat ini dicampur dengan gula jawa kemudian digoreng sampai kering, rasanya yang manis dan gurih, dapat kamu beli di toko-toko Buah Tangan Khas Karanganyar harga di banderol mulai dari Rp 40.000 perpack.

instagram.com/golekdurensolo

4. Durian

Durian sudah menjadi makanan yang gemar dicari ketika datang ke Destinasi Wisata yang memproduksi durian, durian khas Karanganyar memiliki daging yang tebal dengan warna kekuningan, disini kamu juga dapat sekaligus refreshing otak, karena udaranya yang sejuk dengan harganya mulai dari Rp 60.000 per kilogram.

instagram.com/melatiyusmarelda

5. Timus

Timus khas Karanganyar ini menggunakan bahan utamanya adalah Ubi Rambat yang memiliki tekstur lembut dan juga pulen, rasanya manis, cocok sekali disajikan bersama dengan secangkir teh panas atau kopi Harganya juga relatif murah Rp 2.000 perbuahnya.

instagram.com/hesti_sefiarini

6. Bolen Ubi

Oleh-oleh khas Karanganyar yang satu ini terbuat dari bligo dan ubi ungu. Perlu diketahui bahwa kedua bahan utama ini merupakan hasil bumi paling banyak di Karanganyar. Tempat untuk membeli bolen ubi yang terkenal ada di kawasan kelurahan Popongan. Harganya sekitar Rp30.000 per porsi.

instagram.com/tetty_hera

7. Balung Kethek

Balung Kethek jika dalam bahasa Indonesia berarti tulang monyet ini sebenarnya adalah cemilan yang terbuat dari ubi kayu atau singkong yang direbus sampai ke teksturnya menjadi empuk, setelah itu ubi kayu atau singkong didinginkan kemudian akan diiris tipis lalu digoreng.