Berita Wisata Indonesia – Banyak macam oleh-oleh khas Kendari, Sulawesi Tenggara yang wajib kamu beli dan bawa pulang untuk dibagikan kepada keluarga atau teman-temanmu yang menanti kepulanganmu. Berkunjung ke suatu kota jauh dari kampung halaman memang tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh untuk kerabat terdekat, Ibukota dari Sulawesi Tenggara, Kendari memiliki beragam makanan khas dan pernak-pernik yang dapat kamu bawa pulang.

Berbagai macam jenis Buah Tangan Khas Kendari yang bakal ditahan di perjalanan mulai dari makanan, kerajinan, kain tenun, sampai kaus bermotif khas dengan desain yang sangat menarik, berikut ini 7 Oleh-Oleh Khas Kendari Sulawesi Tenggara Yang Wajib Kamu Bawa Pulang.

(instagram.com/bravosouvenir)

1. Pernak-Pernik Rumah Tangga

Sulawesi Tenggara memiliki pernak-pernik rumah tangga yang unik seperti taplak dan tutup gelas diatas, motifnya juga khas membuat pernak-pernik rumah tangga terlihat unik dan juga ethnic.

Pernak-pernik atau souvenir khas Kendari ini tidak boleh kamu lewatkan selain bagus, harganya juga ramah akan kantong yaitu kisaran puluhan ribu rupiah.

(instagram.com/bravosouvenir)

2. Kopi Lulo

Kota Kendari atau Kota Lulo memiliki kopi ciri khasnya yaitu Kopi Lulo, bagi kamu para pecinta kopi wajib sekali mencicipi kelezatan dari Kopi asal Sulawesi Tenggara ini, dengan aroma dan cita rasanya yang khas menambah keistimewaan Kopi Lulo.

Kopi Lulo khas Sulawesi Tenggara termasuk dalam kopi robusta yang khusus dibuat oleh para petani lokal yang berasal dari Konawe Selatan Metode roastingnya secara manual khusus yang bermanfaat untuk menjaga aroma dan rasa dari biji kopi asli pilihan.

(instagram.com/bravosouvenir)

3. Kerajinan Perak

Tidak hanya kopi dan pernak-pernik khas Kendari saja yang bisa kamu bawa pulang, Kendari juga terkenal akan kerajinan peraknya yang sangat melegenda. Kerajinan perak di Kendari dinamakan ‘Kendari Werk” yaitu Karya Kendari. Kendari Werk memiliki salah satu keistimewaan yaitu dibuat dengan komposisi perak yang cukup tinggi yaitu pada persentase 96 persen.

Berbagai macam bentuk kerajinan perak mulai dari bentuk kalung, gelang, cincin sampai bros, harga kerajinan perak ini biasanya berkisar diantara Rp 75 ribu sampai Rp 200 ribu.

(instagram.com/athifah_oleh2kdi)

4. Kaus motif Sultra

Kota Kendari yang terkenal dengan julukan Kota Lulonya dan etalasenya Sulawesi Tenggara. Nama Kota Lulo sendiri diambil dari nama tarian Tradisional Suku Tolaki, Kendari sejak abad ke-19. Ada banyak oleh-oleh yang dapat kamu bawa seperti kaos bermotif khas Sultra, banyak desain yang menarik menggambarkan Kota Kendari.

Selain dipakai untuk acara non formal, kaus tersebut cocok banget kamu pakai di rumah. Bahannya yang adem ditambah motif yang keren akan terus mengingatkanmu dengan keindahan Kota Lulo.

(instagram.com/bravosouvenir)

5. Tenun Khas Sultra

Batik menjadi salah satu oleh-oleh khas Indonesia yang terkenal hingga mancanegara, Sulawesi Tenggara juga memiliki motif tenun khasnya tersendiri mulai dari kain Tenun Tolaki, Buton, Muna, hingga Wakatobi. Selian kain tenun khas, Sulawesi Tenggara memiliki beragam jenis tenun mulai dari bentuk selendang hingga sarung tenun.

Terdapat kesamaan dari ketiga motif tenun khas Buton, Muna, dan Wakatobi, motif kotak pada kain tenun digunakan oleh laki-laki, sedangan motif garis dapat digunakan oleh perempuan.

(instagram.com/bravosouvenir)

6. Bagea

Bagea yang menggunakan bahan utama dari sagu, olahan kue bernama Bagea ini sering menjadi buah tangan para wisatawan yang pulang dari Kendari, Bagea diolah dari campuran sagu, gula halus, biji kenari, bubuk cengkih, dan kacang merah.

Kota Kendari terkenal dengan olahan makanannya yang terbuat dari Tepung Sagu. Kurang lengkap jika liburan ke Kendari tidak membawa pulang Bagea.

(instagram.com/bravosouvenir)

7. Kacang Mete

Kota Kendari menjadi kota yang memiliki penghasilan kacang mete terbesar, Kendari memiliki salah satu makanan seperti cokelat mete, brownies mete, keripik mete, rasanya yang enak cocok untuk oleh-oleh kerabat terdekat dan dijamin awet selama di perjalanan.