7 Oleh-Oleh Khas Magelang Yang Paling Di Cari Oleh Wisatawan

Berita Wisata Indonesia – Magelang yang terkenal dengan destinasi wisata Borobudur yang menjadi tujuan utama para wisatawan, Banyak para wisatawan baik lokal ataupun mancanegara yang berkunjung, membuat para masyarakat setempat terus berinovasi untuk menarik semakin banyak wisatawan.

Tidak lengkap rasanya jika kamu liburan ke Magelang, dan jika kamu berkunjung ke Destinasi Wisata Magelang tanpa membawa buah tangan khas daerah tersebut, berikut ini 7 Oleh-Oleh Khas Magelang yang paling dicari oleh wisatawan.

Bukalapak.com (Snack Nusantara)

1. Permen Tape

Buah Tangan khas Magelang yang bisa kamu jadikan Buah Tangan adalah Permen Tape, terbuat dari bahan dasar tape kemudian ditambahkan dengan gula dan kelapa lalu dimasak bersamaan sampai mengental.

Setelah berubah menjadi adonan, didinginkan sampai mengeras, kemudian dipotong kecil-kecil menjadi permen, makanan ini bisa bertahan lama sehinga cocok dijadikan oleh-oleh.

Travelingyuk.com

2. Grubi

Grubi menjadi oleh-oleh khas Magelang dengan namanya yang unik dan cita rasa yang unik juga, bahan dasar ubi diiris memanjang kemudian dibentuk menyerupai bola, setelah itu bola-bola ubi ini digoreng sampai matang dan berwarna cokelat, setelah matang kemudian dibumbui dengan gula Jawa, ketika kamu gigit, rasa renyah dan manis akan membaut kamu ketagihan.

Ksmtour.com

3. Tape Ketan

Tape ketan dapat menjadi pilihan alternatif Oleh-Oleh Khas Magelang yang terbuat dari bahan singkong, tape ketan ini merupakan pilihan yang tepat, terbuat dari bahan dasar beras ketan yang telah difermentasikan, tape ketan khas Magelang memiliki ciri khas pada warnanya yang sangat menarik yaitu warna hijau alami.

Tidak perlu khawatir karena warna hijau tersebut menggunakan bahan dasar alami yaitu ekstrak daun katuk atau pandan.

Pesonanusantara.co.id

4. Gethuk Bolen

Gethuk Bolen yang merupakan jajanan khas Magelang yang memiliki cita rasa unik, hasil dari inovasi jajanan di Magelang dengan membungkus gethuk dalam kulit pastry. Setelah itu dibentuk menjadi seperti mangkuk kemudian diatasnya dibubuhi pasta, Rasa manis gethuk dan gurihnya pasta dijamin membaut kamu ketagihan.

Wikipedia.org

5. Gethuk Trio

Gethuk merupakan jajanan tradisional yang mudah ditemukan di Magelang. Jajanan gethuk yang terbuat dari bahan dasar ketela atau singkong ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang khas. Gethuk trio semakin menarik karena ada 3 variasi warna berbeda yang membuatnya unik dan berbeda dengan gethuk lainnya. Pengemasannya juga unik karena menggunakan besek (kotak dari anyaman bambu).

Achmadmuttohar.web.id

6. Ampyang / Gula Kacang

Ampyang atau Gula Kacang ini merupakan jajanan khas Magelang yang mudah dalam hal pembuatannya, kacang tanah disangrai terlebih dahulu kemudian dicampurkan ke dalam cairan gula merah. Sebagai variasi tidak jarang juga ditambahkan dengan jahe, cita rasa yang ditawarkan Makanan Khas Magelang ini semakin variatif dengan rasa hangat dari jahe.

Visitmagelang.id

7. Wajik dan Jenang Ny. Week

Wajik merupakan salah satu jajanan tradisional khas Magelang yang dibuat dengan bahan dasar ketan, teksturnya lengket namun lembut di mulut dengan rasa manis yang khas, biasanya wajik ini berwarna hijau, namun disini ada dua varian rasa wajik, rasa gula kelapa dengan warna cokelat serta rasa pandan berwarna hijau.

Bukan tanpa alasan jika jajanan ini menjadi favorit dan harus dibawa menjadi oleh-oleh. Selain rasanya yang lezat, cita rasa wajik dan jenang Ny. Week ini terus dijaga dan menjadi salah satu oleh-oleh legendaris dari Magelang.

August Tyan: Pecinta wisata kuliner streetfood, tiada hari tanpa persantannan dan perbabatan duniawi ~