Wisata Kuliner Indonesia – Bagi wisatawan daerah Wonosobo, Jawa Tengah terkenal dengan objek wisata alamnya yang mempesona, akan tetapi tidak sedikit juga yang mengunjungi Wonosobo dikarenakan tertarik kuliner khasnya yang lezat dan juga membuatmu ketagihan.

Ada beberapa diantaranya yang sudah populer sejak dahulu kala, Agar tidak semakin penasaran dan bisa kamu bawa pulang untuk kerabat dan juga keluarga di kampung halamanmu, berikut ini 7 Oleh-Oleh Khas Wonosobo yang populer dan membaut ketagihan.

instagram.com/carica_99_wonosobo

1. Carica

Carica yang merupakan buah khas Wonosobo dan hanya dapat tumbuh dikawasan Dieng, walaupun masuk kedalam keluarga pepaya, namun buah ini memiliki bentuk yang cukup berbeda, ukuran buah carica lebih kecil dan juga bergelombang.

Buah Carica sendiri biasanya dijual dalam bentuk manisan yang dikemas dalam wadah botol ataupun cup. Hanya dengan harga mulai dari Rp 16.000 kamu sudah dapat meraskan manisan carica yang lezat ini.

2. Dendeng Gepuk

Dendeng Gepuk yang merupakan salah satu makanan tradisional Wonosobo ini menggunakan bahan dasar daging sapi, walaupun makanan ini mudah ditemukan di daerah lain, akan tetapi dendeng gepuk khas Wonosobo ini memiliki keunikan tersendiri yaitu rasanya yang manis dan juga gurih.

Dendeng Gepuk terasa lebih nikmat ketika disantap bersama nasi putih yang hangat dan sambal bajak, Dendeng Gepuk ini di banderol sekitar Rp 90.000.

instagram.com/maya_snack

3. Opak Singkong

Opak Singkong seperti namanya terbuat dari singkong yang sebelumnya sudah dihaluskan kemudian dikeringkan dan digoreng diberi taburan kucai di bagian atasnya.

Opak Singkong ini memiliki berbagai rasa mulai dari original sampai pedas, Opak singkong yang dijual dalam bentuk mentah, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 18.000 per 500 gram.

Tidak sulit untuk menemukan tempat membeli opak ini, kamu dapat menemukannya di daerah Wonosobo seperti Kalibeber, krakal dan sekitarnya.

instagram.com/wonosobozone

4. Tempe Kemul

Tempe Kemul jika kita perhatikan mirip seperti mendoan, yang memiliki tekstur lebih renyah dengan taburan kucai diatasnya, rasanya juga gurih cocok dijadikan sebagai cemilan atau pendamping makanan berat. Tempe kemul per bungkus dibanderol mulai dari Rp15.000.

nstagram.com/maya_snack

5. Kacang Dieng

Jacang Dieng yang lebih dikenal dengan kacang babi, bentuknya kacang ini memang berbeda dari pada umumnya, ukurannya lebih besar.

Kacang Dieng juga dijual mentah, jadi kamu dapat menggorengnya sendiri dirumah, dengan harga yang tergolong terjangkau ini mulai dari Rp 17.000 saja.

instagram.com/eatfoodlover

6. Geblek

Geblek mungkin bagi masyarakat dari luar Wonosobo tidak mengetahui makanan satu ini, terdengar asing, pada dasarnya Geblek ini cireng khas Wonosobo, terbuat dari bahan aci yang teksturnya alot di lidah.

Dan untuk rasanya dipastikan kamu akan ketagihan, dijual dengan bentuk yang sudah matang, dan masih mentah, kamu dapat memilih sesuai selera dengan harga mulai dari Rp 15.000 saja.

instagram.com/luckyoleholeh

7. Keripik Jamur

Keripik Jamur di Wonosobo menjadi salah satu makanan tradisional Wonosobo, dikarenakan Wonosobo penghasil jamur terbesar di Indonesia, banyak perusahaan dan industri rumahan memproduksinya, seperti keripik ini berbahan dasar dari jamur tersebut, dan populer dijadikan Buah Tangan Khas Wonosobo.

Keripik Khas Wonosobo ini memiliki rasa yang lebih khas jika kamu bandingkan dengan keripik jamur dari daerah lain, untuk dapat menikmati kelezatannya kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 23.000 saja.