Berita Wisata Indonesia – Jika kita berbicara tentang wisata alam, Sumatera Utara merupakan salah satu surga yang memiliki wisata alam paling banyak, dan salah satu wisata alam yang paling populer adalah Danau Toba.

Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia, tidak hanya menyajikan wisata danau saja, danau ini dikelilingi oleh 8 Kabupaten yang menyimpan pesona wisata wajib untuk di kunjungi, dan salah satunya adalah air terjun. Berikut ini 7 Destinasi Wisata Air Terjun Danau Toba yang dapat membuat diri kamu segar kembali.

(instagram.com/m_tiyas21)

1. Air Terjun Nai Sogop

Air Terjun Nai Sogop yang sering juga disebut Air Terjun Hadabuan Naisogop. Berlokasi di Desa Sari Marihit, Samosir, yang hanya berjarak sekiar 33 kilometer dari Kota Samosir.

Dari Kota Medan menuju Air Terjun Nai Sogop, kamu dapat mengambil arah ke Pusuk Buhit, nanti terdapat pertigaan jalan, dan lanjutkan dengan mengetik Sari Marihit di google map, atau kamu dapat bertanya dengan masyarakat sekitar yang terkenal akan keramahannya, kalau kamu malu bertanya kamu bisa memilih alternatif lain yaitu mengikuti petunjuk arah yang tersedia di jalan. Mata air satu-satunya Air Terjun Nai Sogop berasal dari sisi Bukit Barisan yang mengalir melalui bebatuan andesit. Air terjun yang tergolong unik ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter.

(instagram.com/babanghar)

2. Air Terjun Lae Une

Air Terjun Lae Une berlokasi di Desa Kecupak, Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Barat ini memiliki kedalaman sekitar 15 meter dan panjang 10 meter, di bagian bawahnya terdapat sebuah kolam penampungan air terjun dengan luas 160 meter.

Air Terjun Lae Une sampai saat ini masih dalam tahap pembangunan, karena itu sarana dan prasarana masih belum sempurna, akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi keindahan air terjun disini.

Dari Salak ibu kota Kabupaten Pakpak Barat, air terjun ini hanya berjarak 5 km dan hanya membutuhkan 10 menit untuk bisa sampai, sedangkan jika dari Kota Sidikalang, air terjun ini berjarak 20 kilometer dan memakan waktu sekitar 35 menit.

(youtube.com/Donni Arto Marbun)

3. Air Terjun Siraba-raba

Air Terjun Siraba-raba yang berlokasi di Desa Hutajulu, Onanganjang, Humbang Hasundutan, air terjun ini memiliki banyak bebatuan dan berjarak 30 km dari Doloksanggul sebagai kota terdekat.

Air terjun yang dikenal dengan Sampuran Siraba-raba ini dipercaya pernah dijadikan tujuan para ksatria untuk bermeditasi, para ksatria bertapa disini untuk menuntut ilmu kanuragan.

Memang Air Terjun Siraba-raba tidak seterkenal dengan Air Terjun Sipiso-piso, dan masih jarang dikunjungi turis, keindahan air terjun ini tidak kalah dengan air terjun terkenal lainnya.

(Instagram.com/milow_story)

4. Air Terjun Janji

Air Terjun Janji yang berlokasi di Desa Tipang ini memiliki mitos yang dipercayai dapat memanggil jodoh, air terjun dengan ketinggian 50 meter ini memiliki debit air yang cukup deras.

Tidak sulit untuk sampai ke Lokasi Air Tejrun Janji, jika kamu dari Dolok Sanggul merupakan ibu kota Kabupaten Humbang hasundutan, kamu membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit menggunakan sepeda motor. Air dari air terjun janji langsung mengalir ke Danau Toba sesuai dengan namanya, Air Terjun Janji menjanjikan kamu keindahan alam yang memukau.

(instagram.com/travelingyukcom)

5. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu Destinasi Wisata Sumatera Utara yang masuk kedalam peringkat air terjun tertinggi di Indonesia, tingginya mencapai 120 meter.

Air terjun yang berlokasi di Desa Tongging, Kecamatan Merek Kabupaten Karo ini memiliki aliran air yang berasal dari sungai Plato Karo. Air sungai ini mengalir melalui gua di sisi kawah Danau Toba. Dikarenakan aliran air yang jatuh sangat deras dan tajam, apalagi ketinggian 120 meter, maka air terjun dinamai sipiso-piso yang berarti tajam seperi pisau.

(instagram.com/andisyahputra90)

6. Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata berlokasi di Sosor Dolok, Harian, Kabupaten Simosir, Air Terjun Efrata memiliki tinggi 20 meter. Agar bisa menikmati keindahannya, kamu harus berjalan sejauh 100 meter dari tempat parkir.

Air Terjun Efrata yang terletak tidak jauh dari wisata terkenal Menara Pandang Tele, Jalan menuju air terjunnya juga tergolong bagus dan sudah tertata rapih, liburan kesini paling cocok bersama keluarga tercinta.

(instagram.com/budi._27)

7. Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun memiliki ketinggian 70 meter berlokasi di Desa Situmurun, Toba Samosir. air terjun ini menawarkan dua keindahan sekaligus yakni perpaduan antara air Danau Toba dan air terjun dengan 7 undakan yang indah.

Cukup berbeda dengan air terjun pada umumnya aliran air terjun ini jatuh langsung ke Danau Toba, kamu dapat menikmati keindahannya dengan tour sailing boat dan berenang di sekitarnya.