Berniat Work From Bali ? Yuk Lihat Kisaran Budget Yang Diperlukan

Berita Wisata IndonesiaWork From Bali (WFB) yang saat ini kita sering mendengarnya saat ini, yaitu Bekerja di Bali merupakan program pemerintah Indonesia, untuk membantu sektor pariwisata Pulau Dewata yang terdampak pandemi COVID-19.

Pada rencananya menurut paparan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, program akan dimulai secara bertahap pada Juli 2021.

kompas.com

“Kebijakan ini terus kita persiapkan, rencananya di kuartal ketiga akan kita luncurkan secara bertahap,” tuturnya dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada Senin (7/6/2021).

dalam pelaksanaan pada program WFB, Nusa Dua dipilih sebagai lokasinya karena memiliki sistem Single Management yang membuatnya lebih terkendali dan terawasi.

Selain itu, Direktur Operasional dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo menuturkan, alasan lainnya adalah seluruh sektor pariwisata di Nusa Dua sudah tersertifikasi CHSE.

BACA JUGA : JELAJAHI PANTAI EKSOTIS BALI YANG TERSEMBUNYI DI DESA UNGASAN

“Prioritas kami adalah menjamin keselamatan, kenyamanan, dan kesehatan pengunjung. Secara kawasan, hotel, seluruhnya telah tersertifikasi CHSE,” ungkap dia pada, Minggu (30/5/2021).

Dan jika kamu berencana untuk pindah sementara ke Nusa Dua dan bekerja dari sana, berikut perhitungan budget yang harus kamu siapkan.

Perlu dicatat bahwa perhitungan di bawah dengan asumsi bahwa seorang wisatawan bekerja dari Bali selama tujuh hari enam malam pada 12-18 Juli 2021.

Kisaran Biaya Untuk Kerja Dari Bali

Hotel

Ada 16 hotel disana tergabung dalam program, 16 hotel di kawasan The Nusa Dua telah menyiapkan promo harga kamar dan paket meeting untuk mendukung program Work From Bali, setara dengan hampir 4.800 kamar.

Seperti hotel-hotel tersebut adalah Amarterra Villas Bali Nusa Dua – M Gallery Collection, The Westin Resort Nusa Dua Bali, Grand Hyatt Bali, dan Kayumanis Nusa Dua Private Villa & Spa. Lalu Nusa Dua Beach Hotel & Spa, Mercure Bali Nusa Dua, Melia Bali, Grand Whiz Hotel Nusa Dua, Merusaka Nusa Dua, The Laguna a Luxury Collection Resort & Spa, dan Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort.

Lalu Nusa Dua Beach Hotel & Spa, Mercure Bali Nusa Dua, Melia Bali, Grand Whiz Hotel Nusa Dua, Merusaka Nusa Dua, The Laguna a Luxury Collection Resort & Spa, dan Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort.

BACA JUGA : 4 HOTEL MURAH DENPASAR YANG COCOK BUAT LIBURAN MURAH BALI

Kemudian Ayodya Resort Bali, Courtyard by Marriott Bali Nusa Dua Resort, Bali Nusa Dua Convention Center dan Bali Nusa Dua Hotel, Novotel Bali Nusa Dua Hotel, serta Renaissance Bali Nusa Dua Resort.

Dari semua hotel yang ada, Mercure Bali Nusa Dua menawarkan harga yang terjangkau yakni mulai dari 1,9, Juta-tepatnya Rp 1.983.468-untuk menginap selama enam malam.

Yang artinya jika kamu hitung biaya permalamnya maka kamu hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 330.578 saja.

Pesawat

Untuk tiket pesawat murah dengan keberangkatan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, harga termurah ditawarkan oleh maskapai penerbangan AirAsia.

Pada tanggal keberangkatan 12 Juli, misalnya, jam keberangkatan pesawat QZ 7510 adalah pukul 05:10 WIB. Harga tiketnya Rp 575.895 termasuk pajak. Sementara pada tanggal kepulangan yakni 18 Juli, jam keberangkatan pesawat QZ 7511 adalah pukul 08:30 WITA. Harga tiketnya Rp 590.895 termasuk pajak.

Jika kita jumlahkan secara total kamu hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 1.166.790 saja untuk tiket pesawat pergi-pulang (PP) dengan maskapai tersebut.

Makan dan minum

Jika menginap di Mercure Bali Nusa Dua, hotel tersebut memiliki tempat makan bernama Soka Restaurant. Menu yang tersedia cukup beragam mulai dari hidangan khas Indonesia hingga luar negeri.

Berdasarkan informasi yang di dapat dari salah satu situs online travel agent perkiraan budget yang harus kamu siapkan untuk berkunjung sekitar Rp 200.000-Rp 500.000.

Dan apabila kamu ingin memangkas budgetmu, terdapat berbagai tempat makan dan minimarket yang bisa kamu manfaatkan. harga yang ditawarkan juga murah dan terjangkau.

Beberapa di antaranya adalah Warung Nasi Ayam Ibu Oki, Warung Kampungku, Bakso Mas Agus, atau RM Padang Samande.

Jika hanya membeli makanan ringan di minimarket, dengan asumsi kamu membeli jajanan seperti snack, mi instan, atau makanan kaleng dengan total Rp 50.000 untuk disantap seharian, maka total yang akan dihabiskan adalah Rp 350.000.

Transportasi

Dan untuk transportasi selama di Nusa Dua, jika kamu ingin berkeliling tempat wisata atau sekedar mencari makan, kendaraan roda dua yang sangat nyaman untuk bisa berkeliling, Dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, kamu bisa langsung menuju Ichi Bali Rent di Jalan Uluwatu, Perumahan Taman Penta I, Blok E nomor 35, Jimbaran, Kecama.

Tempat yang buka setiap hari pukul 08:00-20:00 WITA, Harga sewa motornya sekitar Rp 50.000 per hari termasuk dua helm, jas hujan ponco, dan bensin pertamax satu liter untuk penyewaan minimal dua hari.

Nusa Dua Scooter Rental dengan jaraknya yang hanya satu menit dari Mercure Bali Nusa Dua, berlokasi di jalan Pintas Siligita, jalan Raya Nusa Selatan nomor 29, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan. Harga sewa motornya mulai dari Rp 80.000. Lalu untuk transportasi, jika menyewa motor dengan harga Rp 50.000 per hari untuk minimal dua hari, artinya kamu akan menghabiskan biaya sebesar Rp 400.000 selama satu minggu.

Nominal tersebut belum termasuk biaya isi bensin. Di Bali, harga per liter untuk Pertalite adalah Rp 7.650 sementara Pertamax adalah Rp 9.000. Untuk seliter bensin, jika motor tidak digunakan untuk bepergian yang terlalu jauh, kamu dapat menghematnya hingga tiga atau empat hari.

BACA JUGA : 10 PANTAI TERPOPULER BALI DI TAHUN 2021 YANG SANGAT INDAH DAN MEMPESONA

Dengan asumsi bahwa motor sudah diberi seliter bensin saat penyewaan, kamu hanya akan mengeluarkan Rp 7.650 atau Rp 9.000 saja untuk bensin selama tujuh hari di Nusa Dua.

Biaya tiket masuk untuk Pantai Nusa Dua untungnya Gratis, sementara itu untuk Pantai Waterblow dikenakan biaya Rp 15.000. Museum Pasifika Bali Rp 25.000, Pantai Geger Rp 3.000, dan Pantai Tanjung Benoa adalah gratis kecuali biaya parkir kendaraan dan permainan air. Dalam satu hari, jika diasumsikan kamu berkunjung ke dua tempat wisata dan membeli makanan atau minuman di sana, biaya yang dikeluarkan tidak akan lebih dari Rp 100.000.

Namun, biaya tersebut belum termasuk fasilitas lain seperti permainan air jika kamu ingin memanfaatkannya saat berkunjung ke Pantai Tanjung Benoa. Lebih lanjut, total biaya tersebut dengan asumsi bahwa dalam tujuh hari, kamu hanya meluangkan waktu satu hari untuk mengunjungi dua tempat wisata. Hitungan dapat berubah sesuai kebutuhan wisata masing-masing.

Dari rincian yang telah dijabarkan di atas, total biaya yang harus dikeluarkan untuk hotel selama tujuh hari enam malam adalah Rp 1.983.468. Sementara untuk tiket pesawat PP, totalnya adalah Rp 1.166.790. Untuk hotel dan tiket pesawat, jumlah secara keseluruhannya adalah Rp 3.150.258.

Jika ditambah dengan biaya makan dan minum di luar hotel selama tiga kali sehari untuk tujuh hari yakni Rp 1.365.000, lalu transportasi Rp 409.000, tempat wisata beserta kegiatan jajan sekitar Rp 100.000, maka total biaya yang harus disiapkan untuk WFB adalah Rp 7.007.726.

HOTEL MURAH DI BALI

August Tyan: Pecinta wisata kuliner streetfood, tiada hari tanpa persantannan dan perbabatan duniawi ~