Berita Wisata Asia – Pemerintahan Jepang telah berencana untuk membuka kembali pintu pariwisata dalam menerima kedatangan wisatawan asing pada bulan Juni 2022, atau secepatnya pada bulan Mei 2022, dengan sejumlah syarat.

Dalam tahan percobaan, Dunia Wisata Jepang hanya mengizinkan wisatawan asing, dalam kelompok kecil yang telah mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster). Kelompok tersebut juga wajib untuk mengikuti paket wisata dengan jadwal yang tetap.

okezone.com

Seperti yang dikutip oleh Japan Times dan Fuji News Network, pada Jumat (6/5/2022), pembukaan pintu bagi wisatawan asing secara terbatas ini merupakan sebuah percobaan, jika kasus infeksi COVID-19 tidak menyebar maka ada kemungkinan program tersebut diperluas.

Ada juga kabar pembukaan ini muncul setelah Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berpidato di London, Inggris. Kishida mengatakan bahwa Jepang berencana melonggarkan perbatasan terkait pandemi Covid-19 mulai bulan Juni nanti.

Saat ini kami telah melonggarkan langkah-langkah kontrol perbatasan secara signifikan, dengan pelonggaran berikutnya terjadi pada bulan Juni, ketika Jepang akan meluncurkan proses masuk yang lebih lancar, sama dengan anggota G7 lainnya ,” kata Kishida, dikutip dari transkrip pidato dari Asia Nikkei, Kamis (5/5/2022).

G7 yang beranggotakan negara-negara besar yang dibentuk pada tahun 1975, kelompok ini terdiri dari Inggris, Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Amerika Serikat (AS).

Kendati demikian, menurut Kishida, pemerintah tetap perlu waspada akan kondisi Covid-19 di dalam negeri, terutama pasca-serangkaian libur nasional sejak akhir April hingga awal Mei.

Dalam rencana pelonggaran perbatasan ini tentunya disambut baik oleh industri Pariwisata Jepang, yang telah mendesak pemerintah untuk mengizinkan kembali kedatangan para wisatawan asing.