Berita Wisata Indonesia – Jawa Barat kini sudah memasuki era baru New Normal, kini buat masyarakat yang sudah bosan berada di rumah terus, kamu mungkin bisa liburan keluar kota. Sejak pandemi COVID-19 terjadi di Jawa Barat, puluhan objek wisata bahkan ratusan kemungkinan mengalami tutup sementara, akan tetapi dengan datangnya era New Normal kini ada beberapa kota yang membuka objek wisatanya.

Salah satunya ke kota Bandung, sejak telah diterapkan relaksasi ekonomi di pada wilayah Bandung Raya, beberapa objek wisata mulai dibuka kembali dnegan protokol kesehatan yang sangat ketat, berikut ini 5 Tempat Wisata Bandung yang bisa kamu kunjungi di Era New Normal ini.

Mytrip123.com

1. Wisata Kota Bandung

Banyak tempat wisata kota Bandung yang akan kembali beroperasi, seperti Saung Angklung Udjo. untuk Kebun Binatang Bandung, Taman Lalu Lintas, dan karang Setra direncanakan akan kembali dibuka bila sudah memenuhi protokol kesehatan dan melakukan simulasi .

Hal tersebut terjadi karena kota Bandung masih menerapkan Pemabtaesan Sosial Berskala Besar (PSBB) proposional, sleian itu Kota Bandung masih masuk kedalam zona kuning sehingga untuk sektor wisata belum dapat dibuka secara keseluruhan.

Di Karang Setra pengunjung sudah diperbolehkan unutk berenang, akan tetapi setelah berenang tetap memberlakukan protokol kesehatan tetap dilakukan oleh pengelola.

tempatwisataunik.com

2. Wisata Kota Cimahi

Kota Cimahi memang tidak banyak memiliki objek wisata, kota ini hanya memiliki tiga kecamatan dan hanya beberapa objek wisata salah satunya ada Wisata Alam Kampung Adat Cirendeu. Kebanyakan yang dipakai sebagai tempat wisata alternatif adalah taman atau bangunan heritage.

tempatwisataseru.com

3. Wisata Kabupaten Bandung

Pada kabupaten Bandung sudah ada beberapa objek wisata yang beroperasi kembali, seperti Emte Highland, Glamping Lakeside, Ranca Upas, Situ Cileunca, Situ Cisanti dan Gunung Puntang. Ada juga Dago Dream Park, Puncak Bintang, Karang Gantungan dan lainnya.

Walaupun sudah buka ada beberapa obhek wisata di Kabupaten Bandung masih belum buka diantaranya kawah putih, Situ Patenggang, Pemandian Air Panas Cimangu, Pemandian Air Panas Cimanggu, Pemandian Air Panas Cibolang dan Kampung Singkur.

Saat tempat wisata Bandung dibuka ada beberapa protokol kesehatan yang harus diterapkan agar menghindari penularan virus Corona di tempat wisata.

SUKABUMIUPDATE.com

4. Wisata Kabupaten Bandung Barat

Di kawasan Bandung Barat hampir semua objek wisata Bandung Barat sudah kembali beroperasi, meski demikian pembukaannya dilakukan dengan cara bertahap dari mulai jam operasional sampai jumlah kunjungan belum normal seperti sebelum pandemi COVID-19 telah terjadi.

Objek wisata Bandung Barat yang telah dibukan antara lain ada Farmhouse, Floating Market, The great Asia Africa, TWA Gunung Tangkuban Parahu, The Ranch, The Lodge, Terminal Wisata Grafika Cikole, Lembang Park Zoo, Sanghyang Kenit, Sahyang Heuleut, Taman Bunga Begonia, Curug Pelangi dan Curug Layung.

Dan masih ada lagi seperti Dusun Bambu, Cikole Jaya Giri Resort, Maribaya Natural Hot Spring Resort, Orchid Forest, Fairy Garden, Curug Tilu Lewi Opat, Ciwangun Indah Camp, Situ Ciburuy, Stone Garden, Pesona Tebing Masigit, Sanghyang Poek, Curug Sawer dan Curug Malela.

tempatwisataseru.com

5. Wisata Kabupaten Sumedang

Sumedang juga sudah memberlakukan era New Normal dan banyak objek wisata Sumedang yang kembali dibuka, seperti Puncak Damar Jatigede, Curug Sindulang, Cihonje, Tahura Gunung Kunci, Curug Ciputrawangi, Curug Girobog, Danau Biru Situ Ciembang dan lainnya.

Dinas Pariwisata Sumedang juga sudah membentuk tim khusus untuk memantau setiap objek wisata yang sudah kembali beroperasi ditengah pandemi Corona, mereka juga berkoordinasi Satpol PP dan Polisi dalam melakukan pemantauan.