Liburan Ke Danau Toba ? Jangan Lupa Bawa 6 Oleh-Oleh Khas Samosir Yang Cocok Jadi Buah Tangan

Berita Wisata Indonesia – Berkeliling keindahan Danau Toba memang tidak ada habisnya, dan salah satu destinasi super prioritas yang ada di Destinasi Wisata Indonesia, Danau Toba atau daerah Samosir juga memiliki Oleh-oleh khas yang dapat kamu bawa pulang.

Buat kamu yang ingin membawa oleh-oleh untuk orang rumah atau teman-teman dari daerah Samosir atau danau Toba, reservasiku akan memberikan beberapa rekomendasi Buah Tangan Khas Danau Toba, berikut ini 6 Oleh-oleh khas Samosir yang cocok jadi buah tangan.

silontong.com

1. Piso Halasan

Danau Toba juga memiliki senjata tradisional yang terkenal dan salah satunya adalah Piso Halasan yang masuk kedalam jenis pedang dengan bentuk seperti golok, akan tetapi pedang ini bermata tunggal dan sedikit melengkung di bagian ujungnya sehingga hal tersebut menjadi salah satu ciri Khas dari Piso Halasan ini.

Travel Kompas

2. Tunggal Panaluan

Tunggal Panaluan merupakan salah satu Oleh-oleh khas Samosir. Oleh-oleh khas ini berupa tongkat yang terbuat dari kayu tada-tada atau jior yang diukit bertumpuk dan terdiri dari ukiran manusia, cicak, ular, dan kalajengking, Masyarakat Batak mempercayai tongkat ini dapat menjadi penolak bala atau musibah, dan sering digunakan pada ritual kepercayaan Batak.

CNN Indonesia

3. Kreasi Kain Ulos

Kain Ulos memang sudah menjadi ikon dari suvenir khas Sumatera Utara yang keindahannya diakui seluruh dunia, Kain Ulos ini memiliki bentuk berbeda yaitu berbagai kreasi kain ulos yang cantik nan memesona. Sebut saja seperti tas, ikat pinggang, dompet, sarung bantal, hingga taplak meja. Harganya juga bisa disesuaikan dengan bujet masing-masing Sobat Pesona, karena pilihannya cukup bervariasi mulai dari puluhan hingga ratusan ribu.

macamalatmusik.blogspot.com

4. Hapetan

Suku Batak memiliki juga alat musik khas Samosir yang unik bernama hapetan atau yang juga disebut hasapi. Alat musik ini umumnya terbuat dari kayu jior dikenal sebagai gitar Batak dengan bentuk mirip kecapi.

Hapetan berasal dari daerah Tapanuli dan kerap digunakan pada pertunjukan musik lokal atau acara pernikahan.

MedanBisnisDaily.com

5. Gorga Batak Toba

Gorga Batak Toba merupakan salah satu bentuk kesenian khas Samosir atau lukis khas Batak yang memiliki makna dalam kehidupan, bisa kamu liaht dari bentuk-bentuk yang ada dalam stiap detail ukiran di dalamnya.

Pada umumnya ukiran gorga dapat ditemukan di bagian eksterior rumah adat Batak, Keindahan dan Keistimewaan gorga menjadikan karya seni yang sangat khas jadi suvenir yang wajib untuk kamu jadikan Buah Tangan Khas Samosir.

6. Aksesoris

Toko souvenir khas Danau Toba juga menawarkan kamu banyak sekali Aksesoris yang bisa dijadikan sebagai Oleh-oleh Khas Samosir, seperti elang tenun, kalung, gantungan kunci, atau miniatur rumah Batak Toba yang punya detail keren. Pernak-pernik ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

August Tyan: Pecinta wisata kuliner streetfood, tiada hari tanpa persantannan dan perbabatan duniawi ~