Berita Wisata Indonesia – Karya Seni mungkin hanya sebagian orang saja yang dapat menikmatinya, akan tetapi seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi, seni berkembang menjadi beragam konsep dan juga bentuk sehingga para penikmat seni mulai bermunculan dari berbagai macam kalangan, adapun seni yang saat ini sedang di gandrungi generasi muda yaitu Seni Kontemporer, karena konsepnya yang modern.

Saat ini pameran kesenian mudah untuk kita jumpai disekitar kita, contohnya saja karya seni yang dapat kamu nikmati di Museum atau galeri yang dibangun lebih kekinian agar meningkatkan para wisatawan dari generasi muda, selain itu sebagai saran edukasi dan mengenal akan sejarah-sejarah, Museum-museum ini telah menawarkan kamu banyak spot foto yang unik dan pastinya Instagramable. Berikut ini 5 Museum Seni Jakarta yang dapat membuat hari-harimu makin bermakna.

(instagram.com/distrik.seni)

1. Distrik Seni X Sarinah

Distrik Seni X Sarinah ini merupakan art project platform yang menjadi jawaban akan kebutuhan ruang untuk melakukan pemberdayaan, inovasi, dan perkembangan marketplace serta ekosistem seni rupa di Jakarta, dimana selama ini keberadaan ruang tersebut sangatlah minim, baik itu untuk Jakarta ataupun Indonesia.

Saat ini distrik seni berkolaborasi dengan gedung Sarinah, yang sejalan dengan revitalisasi gedung tersebut, pada lantai 6 Gedung Sarinah melalui Program Distrik Seni X Sarinah menjadi ruang presentasi olah artistik yang mewakili perkembangan seni rupa Indonesia.

Buat kamu yang ingin menikmati karya seni di distrik seni, pameran dibuka untuk umum mulai tanggal 2 Juni-22 Agustus 2022. Berlokasi Gedung Sarinah Lantai 6, Jalan M.H. Thamrin No. 11, RT. 8/RW. 4, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat

Tiket : Rp50 ribu (dewasa), Rp35 ribu (pelajar, mahasiswa, dan anak-anak).

(instagram.com/ruci.art)

2. RUCI Artspace

RUCI memiliki arti sumber cahaya dalam Sanskrit adalah sebuah art space yang didedikasikan untuk memberikan platfrom berekspresi terhadap senikan muda Indonesia. Art Space ini memiliki dua lantai, dimana lantai satu ditempati untuk kafe, sedangkan lantai dua ditempati untuk pameran karya seni.

Ruci Artspace biasa menjadi tempat untuk menampilkan berbagai macam seni kontemporer, Seni yang ditampilkan dapat di bagi dengan berbagai media rupa, antara lain lukisan, fotografi, sculpture, video dan lain-lain. Jika kamu ingin berkunjung alamatnya berlokasi di Jl. Melawai VIII No.2A, RT.3/RW.1, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta.

Tiket : Gratis.

(instagram.com/cansgallery)

3. CAN’s Gallery

CAN’s Gallery merupakan salah satu lokasi Pameran Seni Jakarta yang berperan aktif dalam mengembangkan seni rupa Indonesia, Galeri ini juga sering mengadakan pameran untuk mempromosikan, memediasi, dan mengembangkan karir seniman secara lebih luas.

Beberapa karya ditampilkan di_CAN’s Gallery berasal dari seniman ternama, dan salah satunya adalah Entang Wiharso, tenang saja, untuk mengunjungi galeri seni para pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk.

CAN’s Gallery ini berlokasi di Jalan Tanah Abang II No. 25, RT. 1/RW. 3, Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

(instagram.com/dialogue_arts)

4. Dia.Lo.Gue Art Space

Dia.Lo.Gue Art Space tidak hanya museum saja akan tetapi mereka memiliki kafe yang menjadi daya tarik tersendiri, jadi para pengunjung bisa makan dan minum sambil menikmati ragam karya seni.

Dia.Lo.Gue Art Space atau Dialog merupakan ruang seni publik, Seniman dari seluruh Indonesia bisa turut memamerkan karya seni di art space ini mulai dari desain grafis, desain produk, arsitektur, sampai semua karya seni berbagai tipe dapat kamu lihat disini.

Dia.Lo.Gue Art Space juga menawarkan kamu souvenir shop, dengan membeli produk karya seninya kamu juga turut mendukung para seniman untuk masuk ke Dia.Lo.Gue Art Space kamu tidak dikenakan biaya sepeserpun, berlokasi di Jalan Kemang Sel. No. 99A, RT. 1/RW. 2, Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

instagram.com/hadipranagallery)

5. Hadiprana Gallery

Hadiprana Gallery merupakan galeri seni pertama yang ada di Indonesia yang telah dibangun sejak tahun 1962. Galeri ini didirikan oleh Hendra Hadiprana, seorang desainer dan juga arsitek senior Indonesia.

Hadiprana Gallery memamerkan karya seni yang terinspirasi dari Budaya Indonesia, hasil karyanya juga banyak dirancang oleh seniman-seniman ternama di Indonesia, geleri ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengenal budaya Indonesia, berlokasi di Mitra Hadiprana Ground Floor, Jalan Kemang Raya No. 30, Jakarta Selatan.

Tiket : Kontak galeri untuk informasi tiket.