Tips Travelling – Bepergian ke berbagai tempat wisata pasti menyenangkan, apalagi dengan berbagai pemandangan yang indah dan natural. Ngomong-ngomong soal liburan ke tempat wisata, Hotel adalah salah satu akomodasi yang dibutuhkan untuk beristirahat, Tapi apa yang akan kamu lakukan jika terjadi gempa bumi saat di hotel? Apalagi banyak destinasi wisata di Indonesia yang rawan gempa bumi.

Berwisata menyisir daerah-daerah di Indonesia, wajib hukumnya untuk selalu sigap dengan segala kemungkinan terburuk apalagi daerah tersebut terkenal sebagai daerah rawan gempa bumi dan tsunami ini. Jangan sekali pun mengendorkan kewaspadaan, termasuk saat kamu tengah beristirahat di kamar hotel. Lantas, apa saja yang bisa kita lakukan saat gempa saat  kita tengah berada di kamar hotel?. Yuk simak 4 Tips Siaga Di Hotel Di Kala Gempa berikut.

  1. Kenali Kamar Hotelmu

Saat kali pertama menginjakkan kaki di kamar hotel, perhatikan dengan baik semua sudut di kamar hotelmu. Selain itu juga kamu harus perhatikan dengan teliti tempat-tempat mana yang aman untuk bersembunyi saat gempa terjadi misalnya kusen pintu dan kolong meja yang kokoh.

Jangan sampai lupa juga untuk memperhatikan perabotan yang mudah jatuh.Serta, kenalilah jalur evakuasi yang pada umumnya berada tak jauh dari pintu kamar.

  1. Sigap Saat Gempa Terjadi

Saat gempa bumi terjadi, usahakan untuk bergerak dengan cepat ke tempat-tempat aman yang telah kamu tandai sebelum masuk kamar seperti posisi kusen dan meja yang kokoh. Jika tak ada satupun perabotan aman di kamar hotelmu, carilah sudut bangunan. Jongkok, lantas tutup wajah dan tubuhmu dengan bantal.

  1. Setelah Gempa reda

Jika gempa besar terjadi dan kita telah berada di posisi yang aman, tunggulah sampai gempa benar-benar reda. Selanjutnya cobalah untuk keluar dari hotel, sambil mengambil posisi untuk menjauh dari badan bangunan.

Jika kalian sedang berada di kawasan pesisir, berlarilah ke lantai paling tinggi. Di lantai paling tinggi ini cermatilah alarm peringatan tsunami dan juga suara ombak untuk memastikan apakah setelah gempa terjadi akan ada kemungkinan tsunami atau tidak.

  1. Yang harus dihindari saat gempa

Jika kita terjebak di sebuah bangunan yang runtuh akibat gempa, salah satu pantangan nya adalah jangan menyalakan korek api untuk penerangan. Selain akan cepat menghabiskan oksigen, percikan api dari korek dikhawatirkan akan memicu kebakaran yang lebih besar. Hal ini bisa saja terjadi jika terjadi kebocoran gas atau konsleting listrik setelah gempa terjadi

Nah, itulah 4 Tips Siaga Di Hotel Di Kala Gempa terjadi yang harus kamu ketahui agar tidak menjadi korban ketika musibah gempa terjadi. Selain itu agar menjadi acuan agar lebih waspada lagi ketika berwisata ke daerah yang terkenal dengan gempa.