Berita Wisata Asia – Pasti kamu pecinta KDrama pernah mendengar Gonjiam Psychiatric Hospital, yang merupakan salah satu tempat mistis di Korea Selatan, dengan kisah seram rumah sakit jiwa ini bermulai dikarenakan banyaknya pasien dan perawat meninggal secara tiba-tiba yang akhirnya membuat pemerintah menghentikan operasional rumah sakit.

Dan tentara bukan hanya Gonjiam Psychiatric Hospital saja yang menjadi tempat mistis di Korea Selatan yang pernah dijadikan tempat syuting drama Korea, berikut ini 5 lokasi wisata mistis Korea Selatan yang pernah muncul di film dan KDrama.

5 Lokasi Wisata Mistis Korea Selatan Yang Pernah Muncul Di Film Dan KDrama

instagram.com/ becky.ilham

1. Kampung Rakyat Korea

Kampung Rakyat Korea yang berlokasi di Yongin ini sangat kental dengan kisah hantu perawan yang disebut cheonyeo gwishin, Hantu perawan yang pernah diangkat kisahnya pada drama Oh My Ghost yang diperankan oleh Kim Seul Gi.

Menurut cerita desa Yongin ini dikenal dengan Kampung Rakyat Korea merupakan tempat tinggal hantu tersebut, Wisata Mistis yang sering kali dijadikan sebagai lokasi syuting drama sageuk, seperti The Moon that Embraces the Sun dan Sungkyunkwan Scandal.

5 Lokasi Wisata Mistis Korea Selatan Yang Pernah Muncul Di Film Dan KDrama 2

instagram.com/izisfine

2. Taman Hiburan Yongma Land

Taman Hiburan Yongma Land yang kini sudah tidak terpakai karena menurunnya pendapatan setiap harinya, usut punya usut dahulu terdengar kabar angin yang memberi tahu jika terdapat gadis kecil mengalami kecelakaan saat bermain di taman hiburan Yongma Land.

Gadis tersebut meninggal dunia ketika perjalanan, dikarenakan alasan tersebut pemerintah menghentikan operasional Taman Hiburan Yongma Land, memang terkadang kabar angin tersebut dibenarkan karena itu banyak wisatawan yang kesini untuk melihat penampakan dan mendengar suara gadis kecil.

Meski terbengkalai, banyak wisatawan memanfaatkannya sebagai spot untuk berfoto karena estetik dan biaya masuknya juga murah. Film berjudul The Target hingga MV KPop, milik TWICE berjudul “Like OOH-AHH” pernah syuting di sini.

5 Lokasi Wisata Mistis Korea Selatan Yang Pernah Muncul Di Film Dan KDrama 3

instagram.com/tani_6175

3. Sungai Han

Sungai Han yang berlokasi di tengah-tengah kota Seoul ini juga kental unsur mistis, yang menjadi landmark Korea Selatan, dahulu sungai ini menjadi jalur perdagangan yang tidak luput dari pembajakan, para pembajakan yang berhasil melancarkan niat jahat mereka, membunuh para pedagang dan membuangnya ke Sungai Han.

Sungai Han memiliki sisi mistis yang menjadi-jadi setiap tahunnya, karena sungai ini menjadi salah satu spot bagi warga Korea Selatan untuk bunuh diri, banyak drama ataupun film yang syuting di sekitar sungai Han, salah satunya adalah Suits 2018.

5 Lokasi Wisata Mistis Korea Selatan Yang Pernah Muncul Di Film Dan KDrama 4

instagram.com/falliantz

4. Pulau Yeonpyeong

Pulau Yeonpyeong yang berlokasi di perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara ini pernah dijatuhi bom oleh negara Kim Jong un, banyak masyarakat sipil dan tentara tewat akibat dari bom tersebut.

Para nyawa tidak berdosa tersebut diyakini masyarakat Korean menjadi roh atau arwah penasaran, yang Pulau Yeonpyeong, sebab itu pulau ini dikategorikan sebagai wisata mistis.

Northen Limit Line yang tayang pada tahun 2015 adalah film action sekaligus sejarah. Film tersebut mengangkat kisah perang antara Korea Selatan dan Korea Utara di pulau Yeonpyeong. Film yang dibintangi oleh Lee Hyun Woo dan Jin Goo tersebut juga syuting di pulau ini, lho.

5 Lokasi Wisata Mistis Korea Selatan Yang Pernah Muncul Di Film Dan KDrama 5

instagram.com/jejuisland_korea

5. Pulau Jeju

Pulau Jeju yang terkenal sebagai destinasi romantis di Korea Selatan ini merupakan tempat mistis, akan tetapi kenyataannya memang seperti itu.

Pada dahulu kala Pulau Jeju disinggahi oleh masyarakat dengan paham komunis, supaya tidak ada gerakan separatis serta angkat pengikutnya, pemerintah Korea Selatan membunuh warga Jeju yang termasuk dalam simpatisan Komunis, konon terdapat satu tempat tidak jauh dari bandara Jeju yang merupakan kuburan massal korban pembantaian .

Disetiap sudut kota pulau Jeju banyak ditemukan bangunan terbengkalai yang mengisyaratkan sisi kelam dari pulau ini, Pulau nan memesona ini pernah menjadi lokasi syuting drama, seperti Orange Mermalade, Princess Hours, dan Boys Over Flowers.