Berita Wisata Indonesia – Banyak cara untuk merayakan acara 17 Agustusan yang merupakan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia, dan salah satunya adalah melakukan upacara bendera di Gunung, banyak para pendaki yang mendaki gunung pada tanggal 16 Agustus untuk kemudian melakukan upacara puncak pada keesokan harinya.

Bagi yang belum pernah mendaki gunung atau baru memulai mendaki sebaiknya untuk bijak dalam pemilihan gunung yang akan di daki, karena itu buat kamu yang masih pemula dalam pendakian gunung, wajib simak artikel kali ini, berikut 5 Wisata Gunung Ramah Pemula Jawa Tengah yang cocok untuk liburan 17 Agustus.

travel.kompas.com

1. Bukit Mongkrang, Karanganyar

Gunung Lawu menjadi salah satu tujuan utama pendakian untuk 17 Agustus, akan tetapi ketinggiannya yang ada diatas 3.000 meter mungkin berat bagi para pendaki pemula.

Sebagai gantinya disebelah selatan Gunung Lawu terdapat Bukit Mongkrang dengan waktu tempuhnya hanya satu jam sampai puncak pertama yakni Bukit Candi.

Selanjutnya jika kamu ingin mencapai puncak Mongkrang yang sebenarnya degan ketinggian 2.194 mdpl membutuhkan waktu satu jam lagi, Baik di Bukit Candi ataupun Puncak Mongkrang, pendaki akan disuguhi indahnya panorama Gunung Lawu yang menjulang tinggi di sisi utara.

travel.kompas.com

2. Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang

Gunung Ungaran yang berlokasi di Kabupaten Semarang ini berada di ketinggian 2.050 mdpl, terdapat dua puncak tertinggi Gunung Ungaran, yaitu Puncak Botak dan Puncak Banteng Raider.

Untuk Puncak Botak dapat kamu capai melalui jalur Perantunan, sedangkan Puncak Banteng Raider dapat kamu capai dari jalur Mawar.

Waktu tempuh menuju ke Puncak Gunung Ungaran hanya memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam dengan jalur yang cukup mudah untuk kamu lalui.

travel.kompas.com

3. Gunung Bismo via Sikunang, Wonosobo

Terdapat satu lagi atap Dataran Tinggi Dieng yaitu Gunung Bismo yang memiliki ketinggian 2.356 mdpl.

Jika kamu mendaki dari jalur Sikunang di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, pendaki hanya harus berjalan satu jam karena ada jasa ojek.

Ketika kamu tiba di Puncak Indraprasta pendaki akan disuguhkan dengan keindahan panorama 360 derajat yang begitu memukau. Gunung Sindoro, Sumbing, Telaga Menjer, atap Jawa Tengah Gunung Slamet, hingga Dataran Tinggi Dieng, semua terlihat indah dari ketinggian.

travel.kompas.com

4. Gunung Prau, Wonosobo

Gunung kali ini merupakan gunung sejuta umat yang dapat didatangi banyak pendaki, yaitu Gunung Prau dengan ketinggian 2.590 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Membutuhkan waktu 1,5 sampai 3 jam bagi para pendaki untuk bisa sampai ke kawasan puncak walaupun menanjak, jalur pendakian cukup mudah untuk dilalui.

Kawasan Puncak Gunung Prau cukup luas, pada area camping sisi selatan, panorama indah, yakni Gunung Sindoro, Sumbing, sampai Merapi dan Merbabu menghiasi kedua mata. Salah satu jalur pendakian Gunung Prau paling favorit adalah via Patak Banteng karena berada di samping jalan utama Wonosobo-Dieng.

travel.kompas.com

5. Gunung Andong, Magelang

Gunung Andong biasa bisa didaki melalui jalur Sawit dan Halur Pendem, keduanya terdapat di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Untuk waktu tempuh ke puncak Gunung dengan tinggi 1.726 mdpl biasanya sekitar 1,5 sampai 2 jam, jalurnya juga tidak terlalu ekstrem sehingga aman untuk dilalui.

Puncak Gunung Andong memanjang dari timur ke barat, kamu bisa mendirikan tenda di tempat datar kawasan puncak.