Berita Wisata Indonesia – Mungkin sebagian dari kalian rest area suasananya hanya itu-itu saja? dan nyatanya tidak juga, selama kamu berpergian dengan mobil pribadi atau kendaraan yang nantinya melewati jalan tol, pasti tidak akan bertemu Rest Area.

Dan salah satunya rest area yang terdapat di jalan tol Jawa Tengah. Rest Area Tol Jawa Tengah memiliki keunikan tersendiri, jika kebetulan kamu akan melewati jalan tol ini, coba kamu kunjungi karena mereka memiliki fasilitas yang lengkap sekali, berikut ini 5 Daftar Rekomendasi Rest Area Tol Jawa Tengah yang unik dan nyaman.

www.instagram.com/official.jasamarga

1. Rest Area KM 487, Jalan Tol Semarang-Solo

Rest Area KM 487 memiliki julukan dengan nama ‘Rest Area Bale Nglaras’, berlokasi di Kabupaten Boyolali, di depan rest area terdapat patung sapi yang menjadi ikon dari Kota Susu.

Dengan Rooftop atau teras atas membuat rest area ini menjadi unik dari pada yang lain, para pengunjung bisa menikmati suasana sejuk ketika sunrise ataupun sunset. Tempat ini juga memiliki beragam fasilitas seperti area parkir untuk kendaraan kecil dan besar, toilet, masjid, pujasera, serta gerai ATM.

Jika kebetulan kamu melewati jalan tol Jawa Tengah ini, tidak ada salahnya menikmati rest area tol Jawa Tengah yang unik serta memiliki beragam fasilitas, namun kamu harus ingat untuk selalu jaga kebersihan dan jangan terlalu lama, karena dapat menimbulkan penumpukan pengunjung.

www.instagram.com/restapendopokm456

2. Rest Area KM 456, Jalan Tol Semarang-Solo

Rest Area KM 456 dikenal dengan sebutan Resto Pendopo, tempat ini bisa terbilang sebagai rest area yang unik, dikarenakan memiliki ‘Sky Bridge’ atau jembatan penghubung antara bangunan rest area di ruas kanan dan kiri jalan tol.

Dengan pemandangan gunung dan sawah membuat para pengunjung dapat beristirahat dengan santai sembari menikmati udara segar, bangunan di Rest Area KM 456 ini sekilas mirip seperti arsitektur estetik yang terlihat di mall.

www.instagram.com/restareakm429

3. Rest Area KM 429, Jalan Tol Semarang-Solo

Rest Area KM 429 memiliki banyak fasilitas dan macam kuliner khas daerah, para pemudik bisa menikmatinya sambil melihat-lihat pemandangan panorama Gunung Ungaran.

Di Rest Area ini juga memiliki masjid megah dengan kubah yang modern bulat berwarna merah dan corak kuning emas, pada tahun 2019 Kementrian PUPR memberikan gelar sebagai “Rest Area Terbaik” yang memiliki fasilitas lengkap salah satunya adalah studio mini sebagai pusat informasi.

www.instagram.com/restarea360

4. Rest Area KM 360B, Jalan Tol Semarang-Batang

Rest Area KM 360B merupakan salah satu rest area terbesar yang dikelola oleh PT Jasamarga Related Business. Tempat ini berhasil mendapatkan rekor MURI sebagai rest area dengan fasilitas terlengkap.

Fasilitas yang ditawarkan antara lain ada toilet, parkiran kendaraan besar, masjid, UMKM, pujasera, SPBU, mini zoo, kolam, dan taman bermain anak. Di rest area ini juga memiliki pengolahan sampah plastik yang mendukung konsep Go Green.

www.instagram.com/restareakm260b

5. Rest Area KM 260B, Jalan Tol Pemalang-Pejagan

Rest Area KM 260B kini dikenal dengan sebutan “Rest Area Heritage – Banjaratma”. Tempat ini memiliki bangunan yang unik, pada dahulunya tempat ini digunakan sebagai pabrik gula Banjaratma.

Selain memiliki tempat makan yang beraneka ragam, rest area ini juga memiliki spot foto yang menarik seperti tungku dan mesin gilas bekas pabrik gula, sampai wahana permainan seluncuran warna-warni disebut “Srodotan Donat”.