Tips Travelling – Banyak orang memiliki keinginan untuk traveling, tapi bingung harus mulai dari mana. Apa kamu termasuk salah satunya? Kalau ya, mungkin kamu harus baca langkah-langkah di bawah ini agar kamu tahu harus mulai dari mana setelah ini. Catat ya!

1. Niat yang kuat, jadikan prioritas

Kamu mau jalan-jalan keliling Indonesia? Atau pergi ke Eropa? Percuma, kalau kamu cuma ingin dan nggak ada niat yang kuat. Kuatkan niat kamu untuk traveling, siapkan mental kamu untuk jadi traveler yang hebat. Saat kamu sudah memantapkan niatmu, traveling akan menjadi prioritas utama kamu. Kalau sudah jadi prioritas, apapun yang terjadi kamu akan tetap berangkat. Sibuk, banyak kerjaan, dan kata “bingung” atau “nggak tahu” bukan lagi halangan karena kamu tahu prioritasmu sekarang traveling.

2. Bikin paspor sekarang juga

Kalau kamu berniat traveling around the world alias keliling dunia, bikin paspor sekarang juga. Ini penting! Jangan tunggu kamu akan berangkat baru bikin paspor. Karena paspor ini nantinya menjadi semangat kamu untuk pergi ke luar negeri. Kamu belum tahu akan kemana dan kapan berangkat, tapi pastikan kamu bikin paspor sekarang juga. Percaya deh, setelah itu jalan kamu ke luar negeri akan jadi lebih mudah.

Baca : Cara Membuat Paspor Cepat Hanya 5 Menit

3. Jangan lupa menabung

Kamu sudah niat, sudah bikin paspor, tapi nggak mau menyisihkan uangmu untuk persiapan traveling? Kalau gitu, kamu juga nggak akan berangkat. Kalau sudah niat dan bikin paspor, ingatkan diri sendiri untuk menabung. Sisihkan sebagian uang bulananmu demi mencapai niatmu untuk traveling. Kalau perlu, tabung 50% uang bulananmu untuk ini. Kalau kamu nggak sanggup menabung sebanyak 50%, jangan dipaksa. Sesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu bisa kurangi jadi 25-30% uang bulananmu untuk tabungan persiapan. Lakukan setiap bulan. Ingat, pembuatan target akan memudahkan kamu dalam menjalankan misimu.

4. Catat pengeluaranmu

Ternyata saat menabung, pengeluaranmu masih banyak dan kalau kepepet, tabunganmu kamu ambil lagi untuk keperluanmu. Wah, bisa-bisa tabunganmu ludes sebelum sempat traveling! Coba ingat lagi, apakah bulan ini kamu punya pengeluaran yang seharusnya nggak perlu? Kalau bisa, catat pengeluaranmu setiap bulan. Kalau ada yang nggak perlu dibeli, jangan beli. Ingat, kamu punya target untuk menabung dan melakukan traveling.

5. Pintar-pintarlah cari promo

Tabunganmu semakin banyak dan kamu optimis untuk bisa jalan-jalan bulan ini. Eits, jangan asal pesan tiket! Baik kamu keliling Indonesia atau ke luar negeri, cari promo yang pas sehingga perjalananmu tetap hemat dan uangmu masih cukup tersisa untuk beli oleh-oleh atau untuk perjalanan berikutnya. Kalau dengan jumlah tabungan yang sama bisa jalan-jalan tiga kali, sayang ‘kan kalau habis terpakai untuk sekali jalan-jalan. Manfaatkan smartphone kamu, cari waktu yang tepat untuk pesan tiket pesawat atau hotel yang sedang promo. Bisa juga, kamu kunjungi situs yang menyediakan tiket promo sepanjang waktu.

Baca : 5 Tips Biar Hemat Saat Travel

6. Sendiri bukan masalah, waktunya berangkat!

Kamu sudah bisa traveling, tapi nggak ada teman? Nggak masalah, kamu tetap bisa menikmati perjalananmu sendirian. Kalau merasa nggak yakin, coba baca dan praktekkan tips yang satu ini. Melakukan perjalanan sendirian itu seru, kok. Jadi, buang keraguanmu dan berangkat sekarang juga ke destinasi impianmu!