Tips Traveling – Momen mudik menjadi hal yang paling dinanti-nanti oleh para perantau. Karena saat mudik, mereka bisa bertemu dengan keluarga dan sanak saudara yang selama ini tidak bertemu. Untuk memastikan momen ini berjalan dengan lancar, dibutuhkan persiapan yang matang dan teliti.

Mulai dari persiapan anggaran, reservasi akomodasi, hingga menyiapkan barang bawaan yang diperlukan. Hal ini sangat penting dilakukan agar tidak ada barang yang terlupakan dan segala sesuatunya bisa berjalan dengan lancar. Di bawah ini, terdapat beberapa barang wajib yang harus kamu bawa saat mudik. Berikut ini Tips Traveling 7 Barang Penting yang Harus Dibawa saat Mudik.

Jangan Sampai Lupa! Tips Traveling 7 Barang Penting yang Harus Dibawa saat Mudik

(unsplash.com/@towfiqu999999)

1. Sanitasi

Selama perjalanan mudik yang biasanya memakan waktu lebih dari dua jam, kamu pasti akan membutuhkan sanitasi untuk menjaga kebersihan tubuh. Ada beberapa barang yang wajib kamu bawa seperti tisu basah, air, atau handsanitizer agar selalu terjaga kebersihan tangan. Terlebih lagi, jika kamu membawa bayi, sanitasi menjadi sangat penting.

Untuk memastikan kebersihan selama perjalanan, kamu bisa menyiapkan satu pouch khusus untuk perlengkapan sanitasi. Letakkan pouch ini di tempat yang mudah dijangkau seperti di kantong belakang kursi mobil. Dengan begitu, kamu bisa mengambil perlengkapan sanitasi dengan mudah dan cepat saat dibutuhkan.

Jangan Sampai Lupa! Tips Traveling 7 Barang Penting yang Harus Dibawa saat Mudik 2

(unsplash.com/sweetpagesco)

2. Pakaian Ganti

Mudik lebaran selalu menjadi momen yang dinanti oleh banyak orang untuk berkumpul bersama sanak saudara. Namun, selain mempersiapkan diri untuk bersilahturahmi, kamu juga harus memperhatikan barang-barang penting yang perlu dibawa, seperti pakaian ganti. Pakaian ganti menjadi penting untuk mengantisipasi keadaan yang tidak terduga selama perjalanan dan selama berada di rumah sanak saudara.

Pastikan untuk membawa pakaian ganti yang cukup sesuai dengan durasi perjalanan dan mengantisipasi situasi yang tidak terduga. Kamu dapat memilih pakaian yang mudah dicuci dan kering agar memudahkan perawatan selama perjalanan. Jangan lupa untuk memasukkan pakaian ganti ke dalam tas yang mudah diakses dan tetap terorganisir.

Jangan Sampai Lupa! Tips Traveling 7 Barang Penting yang Harus Dibawa saat Mudik 3

(pexels.com/@shkrabaanthony)

3. Alat Mandi

Membawa alat mandi saat mudik adalah hal yang sangat penting. Meskipun rumah tujuan sudah menyediakan perlengkapan mandi, tetap saja kamu harus membawa perlengkapan mandi pribadi karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Beberapa orang mungkin tidak cocok dengan sabun, pasta gigi, atau lotion yang digunakan oleh orang lain. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membawa perlengkapan mandi pribadi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jangan Sampai Lupa! Tips Traveling 7 Barang Penting yang Harus Dibawa saat Mudik 4

(unsplash.com/@sydneyangove)

4. Tas Kecil

Saat melakukan perjalanan mudik, membawa tas kecil merupakan hal yang sangat penting agar kamu bisa lebih efisien saat berjalan-jalan. Tas kecil ini akan sangat membantumu menyimpan barang-barang kecil seperti ponsel, dompet, charger, dan lain sebagainya. Selain itu, tas kecil juga berguna untuk menjaga barang-barang berharga agar selalu aman dan mudah dijangkau.

Penting untuk memilih tas kecil yang memiliki daya tampung yang cukup besar. Sehingga kamu bisa menyimpan semua barang yang dibutuhkan saat berjalan-jalan tanpa perlu membawa ransel atau koper yang berat. Selain itu, tas kecil juga harus dilengkapi dengan tali yang nyaman untuk digendong agar kamu tidak merasa pegal saat membawanya.

Jangan Sampai Lupa! Tips Traveling 7 Barang Penting yang Harus Dibawa saat Mudik 5

(unsplash.com/@sincerelymedia)

5. Sandal

Pilihlah sandal dengan bahan karet yang pas dengan ukuran kakimu. Kesampingkan dulu soal fashion, kenyamananmu adalah yang terpenting karena perjalanan mudik yang jauh dapat membuat kaki kamu pegal-pegal jika terus dipaksa berada dalam sepatu yang ketat. Jadi, sandal yang nyaman adalah pilihan yang tepat untuk membantu kamu tetap nyaman selama perjalanan mudik.

Jangan Sampai Lupa! Tips Traveling 7 Barang Penting yang Harus Dibawa saat Mudik 6

(unsplash.com/@callmefred)

6. Stop Kontak T

Saat mudik, biasanya kamu akan menemukan stop kontak yang sudah dipenuhi oleh barang-barang yang ada di dalam rumah. Hal ini bisa membuatmu kesulitan untuk mengisi daya gadget atau alat elektronik lainnya. Dengan membawa stop kontak T, kamu bisa mengantisipasi hal tersebut.

Selain itu, stop kontak T juga bisa digunakan saat beristirahat di rest area. Kamu bisa menggunakannya tanpa harus bergantian dengan orang lain. Jadi, pastikan untuk membawa stop kontak T agar kebutuhan daya kamu selama mudik terpenuhi dengan baik.

Jangan Sampai Lupa! Tips Traveling 7 Barang Penting yang Harus Dibawa saat Mudik 7

(unsplash.com/brandomakesbranding)

7. Kantong Kain Dan Plastik

Jangan remehkan kantong kain dan kantong plastik saat melakukan perjalanan, karena keduanya sangat berguna. Sebelum berangkat, pastikan untuk membawa kantong kain dan kantong plastik dalam tas kamu. Kantong kain bisa digunakan untuk menyimpan pakaian kotor agar tidak tercampur dengan pakaian bersih, sehingga pakaian bersihmu tetap terjaga kebersihannya.

Sementara itu, kantong plastik bisa digunakan untuk menyimpan pakaian kotor yang masih basah. Jika kamu berencana untuk berenang atau melakukan aktivitas yang melibatkan air, pastikan untuk membawa kantong plastik agar kamu bisa menyimpan pakaian kotormu dan menjaganya tetap terpisah dari pakaian bersih.