Berita Wisata Indonesia – Jalan tol Trans Sumatra yang merupakan Jalur Mudik Trans Sumatra tidak hanya menjadi sarana transportasi utama, namun juga menjadi destinasi wisata tersendiri bagi para pelancong. Jalan tol ini menghubungkan sejumlah provinsi di Pulau Sumatra, dengan pemandangan alam yang indah di sepanjang jalurnya.

Kamu bisa menikmati keindahan Gunung Kerinci di Jambi, mengunjungi Danau Ranau yang terletak di Lampung, dan menikmati panorama alam perbukitan di Palembang. Selain itu, kamu juga bisa mampir ke beberapa rest area yang dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, tempat istirahat, hingga warung makan. Jadi, perjalanan mudikmu bisa jadi lebih menyenangkan dengan mengunjungi tempat-tempat menarik di sepanjang jalan tol Trans Sumatra. Penasaran dimana saja ? yuk simak berikut ini 7 Tempat Wisata Populer di Jalur Mudik Trans Sumatra.

Jelajahi Keindahan Alam di 7 Tempat Wisata Populer di Jalur Mudik Trans Sumatra

kompas.com

 

1. Masjid Baitus Shobur

Masjid Baitus Shobur terletak di Kota Palembang, Sumatra Selatan, dan menjadi salah satu tempat wisata populer di Jalur Mudik Trans Sumatra. Masjid yang dibangun pada tahun 1990 ini memiliki arsitektur yang unik dengan sentuhan gaya Turki.

Bangunan masjid yang menjulang tinggi ini memiliki beberapa kubah yang menambah keindahan arsitekturnya. Selain itu, area sekitar masjid juga dirancang dengan indah dan hijau, sehingga cocok untuk berfoto dan bersantai. Masjid Baitus Shobur menjadi tempat ibadah yang sangat ramai saat bulan Ramadan dan hari-hari besar keagamaan. Bagi para traveler, masjid ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan arsitektur dan pemandangan sekitarnya.

Jelajahi Keindahan Alam di 7 Tempat Wisata Populer di Jalur Mudik Trans Sumatra 2

kompas.com

 

2. Museum Aceh

Museum Aceh adalah salah satu tempat wisata populer yang dapat ditemukan di Jalur Mudik Trans Sumatra. Terletak di Kota Banda Aceh, museum ini menampilkan berbagai koleksi yang berkaitan dengan sejarah dan budaya Aceh. Museum ini berada di bangunan yang dulunya adalah istana Kesultanan Aceh dan telah direnovasi setelah terdampak tsunami pada tahun 2004.

Di dalam Museum Aceh, pengunjung dapat melihat berbagai benda sejarah seperti senjata tradisional, alat musik, pakaian adat, dan benda-benda keagamaan Islam. Selain itu, museum ini juga memiliki ruang khusus yang menampilkan peninggalan dari masa kejayaan Kesultanan Aceh seperti arca, prasasti, dan uang logam kuno. Pengunjung juga bisa melihat foto-foto dan rekaman video tentang tsunami dan proses rekonstruksi kawasan Aceh pasca-bencana. Sebagai tempat wisata populer di Jalur Mudik Trans Sumatra, Museum Aceh patut untuk dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah dan budaya Aceh.

3. Tor Simago-Mago

Tor Simago-mago adalah salah satu tempat wisata populer yang terletak di jalur mudik Trans Sumatra, tepatnya di kawasan Simelue, Aceh. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan indah dan eksotis, karena terletak di atas bukit dengan panorama laut yang memukau. Tor Simago-mago menjadi tempat favorit untuk menikmati matahari terbenam dan mengabadikan momen indah saat liburan bersama keluarga.

Di Tor Simago-mago pengunjung juga bisa melakukan aktivitas outdoor seperti camping, hiking, dan trekking. Tersedia juga fasilitas wisata lain seperti penginapan dan restoran yang menyajikan menu masakan Aceh yang lezat. Kegiatan seru ini tentu membuat liburan semakin berkesan dan tak terlupakan. Oleh karena itu, Tor Simago-mago layak untuk dikunjungi saat kamu sedang melintasi jalur mudik Trans Sumatra.

Jelajahi Keindahan Alam di 7 Tempat Wisata Populer di Jalur Mudik Trans Sumatra 4

bukittinggikota.go.id

4. Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang Bukittinggi adalah sebuah landmark kota Bukittinggi yang menjadi salah satu tempat wisata populer di jalur mudik Trans Sumatra. Jam ini memiliki tinggi mencapai 26 meter dan didirikan pada tahun 1926 oleh arsitek Belanda bernama Yazid Abidin. Jam Gadang juga menjadi simbol dari Kota Bukittinggi yang terkenal dengan sejarah dan budayanya. Selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, Jam Gadang juga sering digunakan sebagai tempat berkumpul atau berfoto oleh para wisatawan yang mengunjungi Bukittinggi.

Di sekitar Jam Gadang, terdapat berbagai fasilitas yang menarik seperti area pedagang kaki lima dan pertunjukan seni tradisional. Para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah kota Bukittinggi dari atas Jam Gadang, yang bisa diakses melalui tangga yang terdapat di dalam bangunan. Selain itu, Jam Gadang juga menjadi pusat kegiatan acara besar seperti pameran, pertunjukan musik, dan festival budaya. Dengan segala daya tariknya, Jam Gadang Bukittinggi menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di jalur mudik Trans Sumatra.

Jelajahi Keindahan Alam di 7 Tempat Wisata Populer di Jalur Mudik Trans Sumatra 5

travelingmedan.com

5. Tugu Keris Siginjai

Tugu Keris Siginjai adalah sebuah monumen yang terletak di Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat. Tugu ini memiliki tinggi sekitar 17 meter dan menampilkan patung keris yang besar. Tugu Keris Siginjai didirikan pada tahun 2006 untuk memperingati hari jadi Kabupaten Dharmasraya yang ke-8. Selain menjadi landmark kota, tugu ini juga menjadi tempat wisata yang populer bagi para pengunjung yang melintas di jalur mudik Trans Sumatra. Di sekitar tugu, terdapat area parkir dan area perbelanjaan yang menjual oleh-oleh khas Dharmasraya.

Tugu Keris Siginjai memiliki makna yang dalam bagi masyarakat setempat. Keris merupakan senjata tradisional yang memiliki kekuatan magis dan dipercayai dapat melindungi dari berbagai bahaya. Tugu ini juga menjadi simbol kebanggaan dan identitas Kabupaten Dharmasraya. Selain berwisata, pengunjung juga bisa mempelajari sejarah dan budaya setempat melalui tugu ini. Tugu Keris Siginjai dapat menjadi alternatif tempat singgah yang menarik bagi para pelancong yang melintasi jalur mudik Trans Sumatra.

Jelajahi Keindahan Alam di 7 Tempat Wisata Populer di Jalur Mudik Trans Sumatra 6

wikipedia.org

6. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera adalah salah satu tempat wisata populer di jalur mudik Trans Sumatra yang berada di Kota Palembang, Sumatra Selatan. Jembatan ini menjadi simbol dari kota Palembang dan telah menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke sana. Jembatan Ampera memiliki panjang sekitar 1.177 meter dan berada di atas sungai Musi. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962 dan menjadi penghubung antara kota bagian utara dan selatan. Selain menjadi jembatan penghubung, Jembatan Ampera juga sering dijadikan tempat untuk mengadakan acara-acara besar seperti pesta kembang api dan festival budaya.

Dengan arsitektur yang unik dan ikonik, Jembatan Ampera menjadi tempat yang sangat populer di kalangan wisatawan yang datang ke Palembang. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah sungai Musi dari jembatan ini dan juga menikmati kuliner khas Palembang yang tersedia di sekitar jembatan. Jembatan Ampera juga sering dijadikan sebagai lokasi pengambilan gambar atau foto pre-wedding bagi pasangan yang ingin memiliki foto di tempat yang ikonik.

Jelajahi Keindahan Alam di 7 Tempat Wisata Populer di Jalur Mudik Trans Sumatra 7

mosqpedia.org

7. Menara Siger Lampung

Menara Siger Lampung adalah salah satu tempat wisata populer yang terletak di Provinsi Lampung, tepatnya di kota Bandar Lampung. Menara ini menjadi salah satu ikon dari kota Bandar Lampung yang terkenal dengan keindahan panorama alamnya. Dari puncak menara setinggi 70 meter, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah, mulai dari pantai hingga kota Bandar Lampung yang ramai.

Di Menara Siger Lampung juga terdapat museum mini yang memperkenalkan kebudayaan dan tradisi Lampung. Pengunjung bisa melihat koleksi lukisan khas Lampung, tekstil tradisional, hingga benda-benda budaya lainnya. Tak hanya itu, di area sekitar menara juga terdapat fasilitas pendukung seperti tempat parkir, area bermain, dan kuliner khas Lampung yang bisa dinikmati oleh pengunjung.