Wisata Kuliner Banten – Bulan Ramadhan kini tinggal menghitung hari saja, dimana para umat muslim di Indonesia akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan yang dijalani selama 30 hari penuh.

Setiap bulan puasa masyarakat Indonesia khususnya muslim dan terkadang non muslim juga, akan ikut beramai-ramai mencari makanan untuk di jadikan menu berbuka puasa, Jika kamu berada di Banten atau kebetulan sedang liburan di Banten berikut ini 6 menu buka puasa kuliner khas Banten yang bisa kamu coba.

1. Angeun Lada

Makanan khas Banten ini merupakan sayuran yang memiliki rasa kuah pedas, memang makanan ini banyak menggunakan rempah alami dengan rasa yang sangat kuat ditambah dengan cabai rawit yang telah dihaluskan.

Ketika kamu mencoba mencicipinya untuk pertama kali pasti akan merasakan ketagihan karena kepedasannya yang gurih dari santan. Biasanya masyarakat Banten menggunakan babat sapi atau tulang iga sapi dari angeun lada, bahan semua tersebut kemudian di ungkep dan dibiarkan matang bersama dengan kuah pedasnya yang membuatnya meresap sampai ke dalam.

catatanbundakaka.wordpress.com

2. Rabeg

Rabeg merupakan kuliner yang sering difavoritkan oleh orang Arabnya di Banten, Rabeg sendiri memang kuliner khas Banten yang dihasilkan dari adaptasi makanan Arab, yang memiliki rasa pedas namun penuh dengan rasa rempah khas dari Indonesia.

Rabeg biasanya menggunakan bahan dasar dari kambing mulai dari dagingnya hingga jeroannya semua dimasak dengan bumbu khusus cabai dan jahe, dua bahan tersebut yang merupakan sumber dari rasa pedas nikmat.

Memiliki tekstur yang empuk dan juga bumbu meresap sampai kedalamnya, Rabeg bisa kamu temukan dipinggir jalan Banten sehingga tidak begitu sulit untuk kamu dapatkan.

sajiansedap.grid.id

3. Sate Bandeng

Sate ayam atau kambing merupakan kuliner khas Indonesia yang dibilang sudah biasa, sering kita lihat didaerah seluruh Indonesia bisa ditemukan, akan tetapi di Banten memiliki sate tersendiri yakni Sate Bandeng yang merupakan makanan khas Banten yang bisa kamu cicipi.

Sate Bandeng memiliki cita rasa sate yang jauh jika dibandingkan dengan sate ayam atau kambing, dimulai dari proses pembakarannya sudah melewati proses yang terbilang sangat panjang,,

Sate Bandeng ini bisa kamu temukan biasanya di daerah Serang, Sate Bandeng cocok sekali dijadikan kuliner buka puasa bersama keluarga atau teman-temanmu.

rasamasa youtube

4. Sambel Burog

Sambel Burog memliki nama yang cukup unik, seperti nama kendaraan Nabi Muhammad SAW, saat melakukan isra’ mi’raj, memang sambel ini akan muncul ketika datang musim haji atau musim lebaran, dan sering kali dijadikan makanan khas Banten yang akan dihidangkan ketika orang rumah yang baru saja pulang dari ibadah haji di Mekah.

Sambe Burog memiliki cita rasa pedas yang dapat membuat kamu keringetan, dengan campuran irisan mangga muda atau jambu muda seperti rujak manis, membuat kamu ketagihan.

tomojikan.com

5. Gerem Asam

Gerem Asam merupakan kuliner khas Banten yang terbuat dari olahan daging ayam atau daging bebek yang telah dibalur dengan rempah yang kuat, penyajian Gerem Asem dengan membakarnya ayamnya terlebih dahulu yang setelah itu akan disiram dengan kuahnya yang sangat segar.

Rasa Pedas pada Gerem Asam menjadi ciri khas dari kuliner Banten yang terkenal ini, cocok sekali dijadikan menu buka puasa dengan rasa yang segar dapat membuat hari-hari yang kamu lalui terbayar dengan puas.

ideresepmasak.com

6. Pecak Bandeng

Menu Pecak Bandeng yang biasanya dibuat oleh para petani yang berada di sawah sebagai bekal untuk makan siang mereka, akan tetapi semakin lama makanan ini naik kelas, banyak restoran-restoran besar di Banten yang membawa menu ini ke meja makan mereka, untuk disajikan kepada para pelanggan.

Makanan khas Banten ini memiliki penampilan yang sederhana terdiri dari dua bahan saja, pecak dan bandeng, pecak adalah nama sambal yang diolah dengan sangat pedas bersama irisan jeruk nipis yang menambah kesegaran, dan untuk ikan bandengnya sendiri digoreng sampai kering dan dibumbui bersama bumbu asinan khas Banten.