Melakukan perjalanan dengan pesawat merupakan salah satu pilihan yang dilakukan banyak orang agar lebih nyaman dan cepat mencapai tempat tujuan. Setiap harinya ribuan orang melakukan perjalan dengan pesawat. Di antara ribuan orang setiap harinya, tak jarang hari tersebut merupakan pengalaman pertama naik pesawat bagi beberapa orang.

Apakah anda orang tersebut? Tenang, anda tidak sendirian dan kami di sini akan memberikan tips dan trik untuk pengalaman pertama naik pesawat, meliputi hal-hal yang harus anda perhatikan agar penerbangan anda man dan lancar.

Persiapan sebelum keberangkatan

1. Memesan tiket pesawat 

Ada dua pilihan untuk memesan tiket pesawat sekarang, secara manual dan online. Jika anda melakukan pembelian secara manual, anda akan mendapatkan tiket pesawat dalam bentuk fisik (kertas).Jika anda melakukan pembelian tiket pesawat online, anda akan menerima pesan berisi e-ticket yang bisa disimpan di handphone anda. Carilah waktu yang tepat untuk memesan tiket pesawat murah sebelum merencanakan liburan.

Tips: Jika anda menggunakan tiket fisik (dalam bentuk kertas), simpan tiket pada tas yang mudah dijangkau seperti tas bawaan anda untuk benda- benda berharga atau bagian depan ransel anda. 

2. Mengemas barang bawaan

Setiap kali anda naik pesawat, anda bisa membawa barang- barang berharga anda pada bangku penumpang di kabin. Anda juga mempunyai bagasi dengan kapasitas terbatas di atas tempat duduk anda. Selain itu, terdapat jatah pada bagasi pesawat jika anda membawa koper lebih. Setiap maskapai memiliki kapasitas maximum bagasi untuk setiap penumpangnya yang bisa anda cek terlebih dahulu. Biasanya, jika bermuatan lebih dari kapasitas, anda akan dikenakan biaya tambahan.

Tips: Saat mengemasi barang bawaan anda, pisahkan antara barang berharga yang anda perlukan sertiap saat dengan barang bawaan lainnya (pakaian, sepatu, dan lain-lain) Kemas barang anda dengan rapi dan praktis, hindari memisahkan banyak barang bawaan dalam tas-tas plastik. Jika memungkinkan, masukan dalam satu koper yang bisa anda letakan dibagasi pesawat dan satu lagi tas untuk bawaan berharga yang bisa anda bawa ke kabin pesawat.Adapun barang-barang yang nampaknya sepele namun tergolong sebagai benda berbahaya dalam pesawat yang tidak boleh anda bawa seperti; pinset alis, pemotong kuku, silet, rokok elektrik, korek/pematik api, dan gunting.

BACA : 5 Tips Biar Hemat Saat Travelling

Menuju keberangkatan pesawat

1. Pastikan anda menunggu diterminal yang benar

Salah satu hal yang mungkin dikhawatirkan bagi anda dalam pengalaman pertama naik pesawat adalah menunggu di terminal yang salah berakhir dengan menaiki pesawat yang salah. Anda hanya perlu teliti ketika melihat tiket anda.Keterangan tentang terminal dan nomor penerbangan ada pada tiket anda. Sebelum anda masuk pesawat pun selalu ada penjaga yang akan mengecek tiket anda.

Tips: Datang ‘ah lebih awal agar anda memiliki waktu lebih untuk memastikan penerbangan anda dengan santai tanpa terburu-buru. Ga perlu malu untuk bertanya kepada penjaga bandara yang standby di lokasi, karena malu bertanya anda bisa tersesat di udara. Siapkan juga kartu identitas seperti, KTP atau SIM untuk check-in di bandara.

2. Menonaktifkan Handphone

Hal yang masih dianggap sepele bahkan oleh beberapa orang yang sudah sering naik pesawat adalah masalah menonaktifkan  handphone di dalam pesawat. Perlu anda ketahui, sinyal ponsel dapat mengganggu komunikasi pilot dengan petugas bandara yang pastinya bisa membahayakan nyawa anda sendiri. Nonaktifkan handphone anda selama perjalanan, Anda baur boleh menyalakannya kembali setelah tiba digedung bandara.

Tips: Anda tidak perlu mematikan handphone anda, cukup dengan mengganti pengaturan pada handphone anda ke mode terbang atau flight mode. Dengan begitu anda masih bisa bermain game atau mendengarkan musik selam perjalanan di udara, pengalaman pertama naik pesawat anda pun tidak akan terasa membosankan.

Patuhi peraturan selama penerbangan

Akan selalu ada instruksi dasar yang disampaikan oleh cabin crew pesawat. Ada baiknya dalam pengalaman pertama naik pesawat, anda memperhatikan demo instruksi tersebut. JIka ada keluhan seperti tidak mengerti cara membuka bagasi atau mengalami mual, selalu ada pramugari yang siap menolong anda.

Sekian tips dan trik untuk pengalaman pertama naik pesawat anda. Semoga perjalanan anda menyenangkan dan selamat sampai tujuan.