Wisata Kuliner – Selain terkenal dengan K-Drama, K-Pop dan beragam kebudayaannya, Korea juga dikenal dengan beragam hidangan khas dari negara mereka.

Kota-kota Korea penuh dengan restoran-restoran indah di dinding yang terpampang di jalanan. Terlalu sering, ini terlewatkan oleh pengunjung, meskipun restoran tersebut mewakili beberapa makanan terbaik dan paling otentik di negara itu.

1. Kangsan Myeonok

Kangsan Myeonok di kota Daegu akan membawa anda kembali bernostalgia, ini dimulai ketika keluarga pendiri restoran meninggalkan Korea Utara selama perang dan mulai memasak resep yang mengingatkan pada rumah mereka.

Lokasinya saat ini, di lantai dua sebuah alun-alun belanja tua. Restoran ini dikenal dengan naengmyeon gaya Pyeongang (mie dingin), tetapi menu terfavorit adalah galbi-jjim (rusuk daging sapi pendek yang direbus). Daging lembut dan tulang terpisah dengan mudah dan bumbu manis akan membuat Anda menjilati mangkuk anda hingga terlihat bersih.

2. Gwanghwamun Jip

Gwanghwamun Jip awalnya dibuka sebagai sup tumis gurih dan doenjang-rebus (pasta kacang kedelai). Restoran ini dikembangkan kembali menjadi salah satu restoran kimchi-rebus yang paling bertahan di Seoul. Tidak hanya sup mereka  adalah kombinasi dan keseimbangan sempurna dari lemak babi dan kimchi matang, itu bebas dari semua jenis MSG yang di gunakan oleh beberapa restoran rebus lainnya.

Baca Juga : 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Traveling ke Korea Selatan

Untuk tambahan menu, pasangkan sup pedas dengan gulungan telur kukus yang ringan namun lezat. Meja tempat duduk tersedia di tingkat pertama, tetapi jika memungkinkan, naiki tangga yang sempit dan cobalah tempat duduk lantai atas yang bergaya Korea di tingkat kedua.

3. Eulmildae

Setelah bermigrasi ke selatan selama Perang Korea, Kim In-joo sang pemilik membuka Eulmildae dan menamakannya di Pyongyang. Restoran ini paling terkenal dengan naengmyun bergaya Korea Utara (mie dingin) yang dimasak dengan tiga cara berbeda: mul (dalam kaldu dingin), bibim (dengan saus pedas) dan cangkul (dengan ikan mentah). Dalam beberapa tahun terakhir, Eulmildae memiliki waralaba, menambahkan beberapa lokasi di sekitar Seoul.

4. Hadongkwan

Eksterior pintu kayu sederhana dari Hadongkwan bisa tampak mengintimidasi bagi banyak orang yang bepergian, tetapi Anda bisa menikmatinya. Restoran ini hanya menyajikan dua hidangan: suyuk (daging sapi rebus) dan gomtang (sup tulang sapi).

Sup datang dalam dua ukuran, biasa dan besar, dan dapat dicampurkan dengan sisi kimchi berbau bawang putin. Penggemar Hadongkwan bersumpah bahwa citra rasa kaldu dan kelembutan daging tidak sebanding dengan restoran gomtang lain di Korea Selatan.

5. Dongwon Jip

Bahkan pada malam musim dingin terdingin, Anda akan melihat restoran Dongwon Jip di buka. Restoran ini paling terkenal dengan gamja-guk (sup babi-punggung) dan soondae-guk (sup sosis darah).

Pemilik Yoon Soon-young memuji konsistensi restoran selama bertahun-tahun untuk popularitasnya. Gamja-guk kaldu dimasak semalam di dalam pot besar dan campuran daging  selama tiga jam sebelum disajikan. Dongwon Jip juga menyajikan soju dan bir selain makanan.

6. Golmok Bunshik

Mungkin ini menjadi tempat yang paling terpencil di daftar ini, Golmok Bunshik terletak di setengah ruang bawah tanah di Yeongdo di Busan. Dijalankan oleh pasangan lansia, restoran yang telah berusia 30 tahun ini menyajikan berbagai jenis ramyeon (mie instan Korea) dan menyimpan koleksi sekitar selusin buku komik antik.

Bibim-myeon mereka yang paling terkenal dibuat dengan merebus mie, menambahkan saus pedas dan taburan biji wijen dan mentimun di atasnya. Untuk pilihan yang lebih hangat, cobalah mie asli. Meskipun secara harfiah hanya ramyeon yang keluar dari menu, konsistensi mie akan membuat Anda merasa seolah-olah Anda sedang makan mie instan untuk pertama kalinya.