5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Traveling ke Korea Selatan

Tips Travelling – Pertama kalinya berlibur ke suatu negara adalah pengalaman yang sangat menantang. Petualangan baru menantimu di hadapan. Tapi dalam perencanaan perjalanannya, bisa jadi kamu stres karena belum tahu apa yang akan kamu hadapi.

Bagaimana orang-orang di sana, peraturan negara setempat, tradisi, dan sebagainya. Di sini kamu bisa mendapat sedikit info tentang apa saja yang perlu kamu ketahui sebelum traveling ke luar negeri, khususnya ke Korea Selatan.

1. Bahasa

Bahasa yang umum digunakan di Korea Selatan tentu bahasa Korea atau hangul. Sebagian besar penduduknya tidak bisa berbahasa Inggris, bahkan di tempat-tempat wisata international sekalipun. Jadi jika kamu ke sana, siap-siaplah banyak menggunakan bahasa tubuh apalagi saat menawar barang untuk dibeli.

Baca Juga : Restoran-Restoran Antik Terbaik Di Korea

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea pasti tidak asing dengan percakapan dasar, minimal ketika menyapa atau bertanya arah. Tapi di Seoul dan sejumlah pusat wisata yang ikonik, petunjuk arah dan keterangan di tempat wisata sudah ada terjemahan bahasa Inggrisnya.

2. Mata uang

Korea Selatan menggunakan mata uang won atau Korean Won (KRW). Jika dikonversi ke rupiah, nilai 1 KRW sekitar 13 rupiah jadi sebenarnya tidak selisih terlalu banyak. Tapi biaya hidup di Korea Selatan untuk kelas turis lumayan mahal jika tidak tahu dimana tempat-tempat akomodasi yang murah.

Sebaiknya untuk lebih nyaman jalan-jalan, selagi masih di Indonesia tukarkan saja rupiahmu ke USD atau SGD. Selain karena nilainya lebih stabil, setibanya di Korea Selatan kamu akan lebih mudah menemukan tempat penukaran uang untuk USD atau SGD.

3. Akomodasi

Korea Selatan sudah memiliki transportasi publik yang maju dan menjangkau hampir semua daerah, apalagi di kota. Semua transportasi publik sudah terinegrasi dengan baik jadi penumpang dengan mudah bisa mengaksesnya darimana saja. Traveling dengan trnsportasi publik akan memangkas banyak biaya jalan-jalanmu. Untuk itu sebaiknya belilah t-money card lebih dulu di bandara, stasiun, atau minimarket terdekat sebelum bepergian.

Baca Juga : 5 Tips Traveling ke Luar Negeri Pertama Kalinya

Selain transportasi, kamu juga perlu mempersiapkan akomodasi penginapan. Di Seoul dan kota-kota besar lain menyediakan banyak jenis penginapan mulai dari goshowon (semacam kamar kos yang sempit untuk 1 orang), hostel, guesthouse, hotel, sampai hanok (penginapan tradisional ala Korea). Harganya bervariasi. Kamu bisa booking online dulu sebelumnya via AirBnB atau aplikasi lain yang mendukung.

4. Destinasi Ikonik

Berwisata di Korea Selatan setidaknya butuh waktu satu minggu untuk bisa keliling Seoul sampai Busan, bahkan Jeju. Jika waktu berliburmu singkat, minimal kunjungi dulu wisata-wisata ikonik yang ada di sana. Di Seoul sendiri ada lebih dari 100 museum yang bisa kamu kunjungi dan banyak di antaranya yang tiket masuknya gratis seperti National Folk Museum dan National Palace Museum yang terkenal. Keduanya berada di kompleks Istana Gyeongbokgung. Jangan lupa foto dengan hanbok ya agar lebih kerasa Korea-nya 🙂

5. Kuliner

Korea Selatan punya banyak variasi makanan. Kalau kamu mampir di restoran Korea, jangan kaget kalau mejamu dipenuhi aneka makanan di piring kecil-kecil. Orang Korea sangat suka dengan makanan pendamping, jadi akan ada banyak makanan lain di luar menu utama. Misalnya kimchi, acar labu, dan lain-lain.

Bau dan rasanya cukup kuat karena banyak menggunakan rempah dan bubuk cabai (yang sensitif pedas hati-hati ya!). Mereka juga banyak mengolah daging babi ke dalam banyak varian masakan. Jadi bagi kamu yang muslim, perhatikan bahan makanan yang akan kamu pesan. Cari menu yang aman seperti ayam atau olahan daging sapi saja.

Liburan ke Korea Selatan akan sangat menantang karena secara kultur cukup jauh bedanya dengan Indonesia. Tapi justru disitulah kesempatan mengenal budaya mereka lebih dekat, tidak hanya lewat layar kaca drama dan K-Popnya, hehe… Enjoy!

HOTEL POPULER DI KOREA SELATAN

A wanderer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.