Tips Traveling – Pergi berlibur ke luar negeri untuk pertama kalinya, pasti kamu akan merasakan excited sekaligus nervous. Bahkan ada yang sulit tidur menjelang hari keberangkatan lho.

Meskipun paspor dan visa sudah di tangan, melakukan perjalanan jauh untuk pertama kalinya menembus batas negara memang cukup mendebarkan lho. Tapi sebenarnya tidak perlu khawatir selama kamu ikuti 5 Tips Traveling ke Luar Negeri ini.

  1. Tentukan Destinasi dan Rencana Liburan

Ini jelas harus kamu lakukan dulu. Kepoin destinasi traveling di negara tujuan liburan kamu untuk mendapat gambaran jelas tentang apa yang akan kamu temukan di sana. Apakah negara tujuanmu didominasi wisata alam, wisata adventure, wisata budaya, atau semuanya ada? Untuk menentukannya kamu perlu mempertimbangkan jangka waktu tinggal.

Baca : 4 Kelebihan Situs Pembanding Harga Tiket Pesawat Dan Hotel

Misalnya jika kamu hanya punya waktu beberapa hari, berarti sebisa mungkin cari tiket pesawat dan booking hotel yang dekat dengan lokasi-lokasi wisata sehingga ketika tiba di negara tujuan kamu hanya tinggal reservasi saja, jadi waktumu tidak akan habis di perjalanan.

Cek di peta wisata atau minimal Google Maps lokasi-lokasi wisatanya berikut transportasi yang tersedia . Namun jika kamu punya waktu cukup lama, kamu lebih bebas mengeksplor negara tujuanmu. Buat jadwal perjalanan yang baik. Jangan terlalu padat agar kamu bisa menikmati setiap destinasinya. Sebisa mungkin cobain semua wisata ikoniknya ya!

  1. Cari Tahu Suhu di Negara Tujuan

Seringkali wisatawan yang melancong ke luar negeri pertama kali lupa bahwa bisa jadi negara tujuan punya rata-rata suhu yang jauh berbeda dengan negara asal. Kita dari Indonesia sih tidak perlu khawatir jika bepergian di wilayah Asia Tenggara karena suhu relatif sama. Namun jika kamu hendak melancong ke Australia, Eropa, Amerika, atau bagian Asia yang lain, kemungkinan perbedaan suhu sangat perlu kamu perhatikan.

Kapan kamu akan pergi dan berapa lama akan tinggal? Saat kamu ada di sana, negara itu akan sedang musim apa? Berapa perkiraan suhu rata-ratanya? Jika kamu tidak memperhatikan ini, wah, bisa jadi kamu akan super kepanasan atau bahkan menggigil kedinginan karena tidak mempersiapkan pakaian sesuai musimnya.

  1. Perhatikan Perbedaan Waktu

Ini dia hal lain yang jauh lebih sering dilupakan pelancong. Perbedaan waktu! Indonesia sendiri punya 3 zona waktu kan, jadi sangat mungkin negara tujuanmu berada di zona waktu yang jauh berbeda. Kadang meski kita sudah tahu tentang perbedaan waktunya, kita sering lupa menyetel jam ke zona waktu negara tujuan.

Tapi zona waktu negara tempat transit (jika penerbanganmu harus transit) juga tak kalah penting. Misalnya ketika harus transit pesawat dan kita lupa bahwa negara tempat kita transit berada di zona waktu berbeda, wah, bisa jadi kita ketinggalan pesawat karena salah menentukan waktu boarding saat transit. Kan rugi berat kalau harus beli tiket lagi.

  1. Ikuti Perkembangan Berita Negara Tujuan

Ini sangat penting lho, karena isu politik, keamanan, dan kesehatan di negara tujuan akan berpengaruh pada kenyamanan traveling kamu. Sebaiknya untuk pertama kali, jangan traveling ke negara yang beritanya sedang hangat di media massa, apalagi jika beritanya negatif. Pergilah ke negara yang situasi internalnya stabil dan terkenal aman untuk melancong.

Ada banyak negara yang bisa kamu pilih di lima benua. Namun jika kamu sudah terlanjur menentukan tujuan, pantengin terus berita-berita penting dari negara tujuanmu. Bagaimana kondisi ekonominya, politiknya, keamanannya bagi turis mancanegara. Bukan bermaksud menakuti, hanya saja minimal kamu akan tahu apa yang sedang terjadi di kota-kota tujuanmu di negara itu dan setidaknya itu akan membuat persiapan mentalmu lebih baik. Bisa jadi topik ngobrol juga lho dengan calon temanmu dari negara itu sesampainya kamu di sana.

  1. Teliti Kembali Barang Bawaan

Sehari menjelang keberangkatan, cek ulang barang bawaanmu terutama dokumen penting seperti paspor berikut visanya jika negara tujuanmu membutuhkan visa. Sebaiknya kamu punya tas kecil khusus untuk paspor dan dompet yang akan kamu bawa pergi kemanapun ketika nanti sampai di negara tujuan. Pasalnya akan sangat merepotkan kalau paspormu sampai ketinggalan atau bahkan hilang.

Baca Juga : 9 NEGARA ASEAN BEBAS VISA BAGI WISATAWAN INDONESIA

Selain itu barang lain yang perlu diperhatikan adalah pakaian, perlengkapan ibadah, dan obat-obatan pribadi. Ingat, Maskapai penerbangan menetapkan berat maksimal barang bawaan yang bisa masuk kabin pesawat. Lebih dari berat yang ditentukan, kamu harus membeli bagasi. Jumlah cairan yang bisa dibawa ke kabin juga dibatasi lho, air minum sekalipun. Cek peraturan bersangkutan ke website maskapai penerbanganmu. Ikuti peraturannya agar kamu tidak mendapat kesulitan ketika sudah sampai di bandara.

Dengan mempersiapkan hal-hal di atas, setidaknya kamu sudah punya modal awal untuk traveling dengan lancar di luar negeri. Semoga jalan-jalanmu menyenangkan!