Ini Dia Pinukuik, Serabi Khas nya Orang Minang

Wisata Kuliner – Di Indonesia, setiap daerahnya  pasti mempunyai berbagai makanan kecil atau camilan yang unik dan khas. Dan mungkin juga ada beberapa makanan yang sama bentuknya dan begitupun dengan rasanya, namun penyebutannya akan berbeda di setiap daerah.

Nah, kali ini team reservasiku akan membahas tentang kuliner tradisional dari daerah Sumatera Barat yaitu pinukuik. Sekilas jika dilihat dan dicermati makanan ini sungguh-sungguh mirip dengan Surabi di Bandung atau Serabi kalau di Jawa. Rasa , Tekstur dan bahan-bahan dasarnya pun malah sama.

Pinukuik kuliner khas padang

Source : www.ceritafebrian.com

Untuk bahan utama pinukuik ini sendiri terdiri dari tepung beras, gula, dan santan yang dijadikan menjadi adonan dan kemudian dimasak menggunakan cetakan khusus yang berbentuk separo lingkaran diatas tungku. Rasa dari makanan ini sendiri antar campuran manis dan gurih sebab adanya percampuran antara gula dan santannya.

Agar mendapatkan rasa yang lebih nikmat lagi, saat memasak bukan lah memakai kompor minyak atau gas, tapi kayu masih digunakan untuk bahan pembakaran tungku. Sebab jika saat memasak pinukuik ini menggunakan tungku gas atau minyak tanah rasanya dipastikan akan sangat berbeda sekali.

Baca Juga : 7 Sate Padang Di Jakarta Ini Dijamin Bikin Ketagihan

Pinukuik ini sendiri jauh lebih nikmat jika disantap  sewaktu panas atau baru diambil dari cetakannya. Susu kental manis bisa ditambahkan diatasnya sebagai topping dan  jika berkeinginan merasakan sensasi rasa yang berbeda bisa ditambah dengan topping seperti parutan kelapa, keju atau coklat.

Nah, Jika lagi jalan-jalan di Sumatera Barat, Akan nikmat banget nih jika sarapan paginya menggunakan pinukuik dan kemudian sambil meminum  Teh Talua. Udah dipastikan badan akan menjadi bugar dan siap buat mencapai seluruh rintangan yang akan menghadang selama traveling.

HOTEL POPULER DI PADANG

Seorang Backpacker yang hobi menggendong ransel untuk bepergian kemana saja sambil menikmati kuliner lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.