Wisata Indonesia – Setiap mendengar kata Garut, yang ada dibenak pikiran adalah daerah di Jawa Barat yang udaranya sejuk karena dekat dengan gunung. Penduduknya yang ramah dan nada suara orang sunda pada umumnya.

Garut merupakan kabupaten yang ada di provinsi di Jawa Barat bagian selatan yang memiliki luas wilayah administratif sebesar 306.519 ha dengan batasan sebagai berikut yaitu pada bagian utara berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang. Bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya. Bagian Selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia. Bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur.

Kabupaten garut sendiri menjadi salah satu komponen penyangga bagi pengembangan kawasan Bandung dan juga untuk memasok kebutuhan warga kota dan Kabupaten Bandung sekaligus berperan juga dalam membatasi keseimbangan lingkungan.

Untuk jarak garut dari jakarta kurang lebih 200 km sedangkan jika dari bandung sekitar 60 km. Jika dari Jakarta dan menggunakan kendaran pribadi, anda bisa lewat jalur tol cipularang dan keluar di Gerbang Tol Cileunyi (gerbang tol paling ujung). Jika menggunakan kendaran umum, anda bisa menuju ke Terminal Kampung Rambutan atau Lebak Bulus dan pilih yang jurusannya menuju Garut.

DESTINASI WISATA

Garut memiliki destinasi wisata yang lengkap, mulai dari gunung, hutan rimba,hingga laut dan pantai. Dan semua tempat tujuan wisata tersebut memiliki fasilitas yang akan membuat pengunjung merasa nyaman serta tidak perlu khawatir dengan penginapan karena sudah banyak hotel yang dibangun di garut demi memenuhi kebutuhan wisatawan.

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Source : Wikipedia.Org

  1. Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Objek wisata yang terletak di dua desa yaitu Desa Karamatwangi dan Desa Sinar Jaya. Berasal dari cerita rakyat pada dahulu kala ada seorang pengrajin besi yang sedang mengolah besi menjadi perkakas sehingga disebutlah gunung pandai (pengrajin besi), sehingga di sebutlah kawasan ini bernama papandayan dalam bahasa sunda.

Banyak daya tarik yang menjadi primadona dari taman wisata alam gunung papandayan ini antara lain, kawah yang berasal dari sisa letusan gunung berapi pada masa lampau, hutan mati, dan padang bunga edelwiss. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini mulai dari explore kawah, tracking dan adventure dikawal profesional, fotografi, berkemah hingga acara family gathering.

Pantai Santolo

Source : merahputih.com

  1. Pantai Santolo

Pantai Santolo terletak di kecamatan cikelet yang berjarak sekitar 94,7 km atau sekitar 3 jam dari pusat kota garut. Dengan pasirnya yang berwarna putih, tak jarang membuat banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai untuk sekedar menikmati hamparan pasir dan deburan ombaknya.

Baca Juga : 4 Tempat Wisata di Bandung yang Instagramable

Selain itu, anda bisa juga memancing disini karena terdapat spot untuk memancing yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan pengunjung dan perangkat pancingnya. Adanya TPI atau Tempat Pengambilan Ikan membuat anda bisa mendapatkan ikan yang masih segar karena baru ditangkap nelayan.

Taman Satwa Cikembulan

Source : garuthome.blogspot.com

  1. Taman Satwa Cikembulan

Taman satwa disini bernuansa pedesaan jadi sangat nyaman jika membawa keluarga untuk berwisata. Pada awalnya taman wisata ini merupakan hasil kreativitas warga setempat hingga akhirnya menjadi objek wisata. Didirikan pada tahun 1998 diatas lahan seluas 5 hektar dan akhirnya dibuka untuk umum pada tahun 2009 dengan koleksi wisata yang beragam mulai dari satwa yang dilindungi hingga spesies satwa yang tidak dilindungi.

Baca Juga : 4 Tips Wisata Heritage untuk Pemula

Taman wisata yang berlokasi di Kampung Jati desa Cikembulan memiliki jarak sejauh 16 km dari pusat kota dengan banyaknya kendaraan umum yang bisa mengantar kesana.

Pemandian Cipanas

Source : IndonesiaKaya.com

  1. Pemandian Cipanas

Rasanya tidak lengkap jika pergi ke garut tetapi tidak merasakan pemandian cipanas. Cipanas merupakan kawasan yang didalamnya banyak terdapat pilihan tempat bagi para pengunjung wisatawan. Masing-masing tempat memiliki fasilitas dan keunikan tersendiri seperti ada yang berbentuk kolam renang, atau kolam rendam hingga berbentuk waterboom (taman bermain air).