Wisata Semarang – Objek wisata yang berada di Semarang ga kalah bagusnya dengan objek wisata lain yang berada di Jawa Tengah. Kalau liburan keluarga sudah selesai, biasanya sih mampir ke beberapa toko oleh-oleh yang menyediakan berbagai macam makanan atau kuliner khas Semarang yang wajib banget jadi buah tangan saat kembali ke rumah.

Kalau di Semarang sih biasanya toko oleh-oleh paling ramai ada di Jalan Pandanaran dan yang paling ramai adalah toko oleh-oleh Juwana. Apa aja sih yang jadi oleh-oleh terkenal khas Kota Semarang ini?

BANDENG PRESTO JUWANA Semarang

Source : Youtube.Com

BANDENG PRESTO JUWANA

Kalau merasakan bandeng presto di mana pun yang dijadikan oleh-oleh, memang paling enak ya bandeng prestonya Semarang yang ada di toko Juwana dengan merek Juwana juga. Dagingnya itu bisa padat, rasanya enak banget sampai bingung menggambarkan enaknya itu seperti apa? ya itu… khas banget deh rasanya.

Makanya, di toko ini selalu ramai banget pengunjung yang datang untuk membeli oleh-oleh, ga hanya bandeng presto aja yang disediakan, ada juga bandeng sarang, bandeng asap, dan oleh-oleh lainnya.

WINGKO BABAT Khas Semarang

Source : Tastemade.Com

WINGKO BABAT

Meskipun di toko Juwana menjual wingko babat juga, tapi ada nih toko legendaris yang terkenal banget di Semarang dengan wingko babatnya. Yang paling terkenal adalah wingko babat cap kereta api, saat saya masih kecilpun juga sudah ada merk ini dan rasa masih tetap terjaga sampai sekarang.

Kuliner khas semarang ini rasanya manis, gurih karena ada kelapa muda parutnya dan gula, trus legit gitu karena terbuat dari ketan. Wah pokoknya, kamu makan sebiji aja pasti kurang. Nah toko wingko babat cap kereta api ini berada di dekat Pasar Johar dan hotel Aston tepatnya di Jalan Cenderawasih No. 14 Purwodinatan Semarang Utara.

LUMPIA SEMARANG

Source : pinkkorset.com

LUMPIA SEMARANG

Ini dia yang jadi icon nya Kota Semarang yaitu lumpia. Lumpia Semarang ini udah terkenal banget lah sampai ke Nusantara. Rasanya yang gurih dari daging udang, daging ayam kampung, telur dan sayuran ini terasa enak banget saat dikombinasikan dengan kulit lumpia yang renyah dan saus gula yang gurih manis. Beneran bikin kamu kenyang keenakan makan sebiji aja.

Baca Juga : 7 TEMPAT KULINER MAKANAN LAUT DI SEMARANG YANG BIKIN NGILER

Karena sebiji aja ini ukurannya gede. Kalau kamu pengen beli oleh-oleh khas Semarang yang satu ini, kamu bisa ke beli di Lumpia Mbak Lien ada di Gang Grajen, Jln. Pemuda No. 1 Pandansari Semarang Tengah. Ada juga kedai lumpia yang paling tua (seabad lebih) dengan cita rasa yang masih tetap terjaga dari generasi ke generasi dan masih saudaraan dengan Mbak Lien ini berada di Gang Lombok No. 11 Purwodinatan, Semarang Tengah.

ROTI GANJEL REL Khas Semarang

Source : Stagnio.Com

ROTI GANJEL REL

Kue berwarna coklat ini terbuat dari tepung tapioka, air nila, santan, kayu manis dan ditaburi dengan wijen. Tekstur kue yang keras dan padat ini mebuat masyarakat setempat menyebutnya dengan sebutan bantalan rel kereta api. Nah dari situlah sampai dengan sekarang ini, namanya roti ganjel rel.

MOCHI GEMINI Khas Semarang

Source : tokopedia.com

MOCHI GEMINI

Kue mochi ini ga cuma di Jawa Barat aja ya terkenalnya, tapi di Semarang juga ada kue mochi yang sudah terkenal banget lho. Kalau di Jawa Barat, mochi nya kan putih ya? nah kalau yang di Semarang ini mochinya dibaluti dengan biji wijen dengan isian kacang cincang dan gula.

Baca Juga : GUDEG MBAK TUM, KULINER MALAM DI SEMARANG

Kamu bisa membelinya lewat toko oleh-oleh khas semarang, di bandara dan dipinggir jalan juga sering ada yang jual kok. Teksturnya kenyal karena terbuat dari tepung ketan dengan rasa manis yang pas, jangan sampai kelewatan untuk membelinya sebagai oleh-oleh ketika akan pulang.

LONTONG SPEKKOEK WAIKI Khas Semarang

Source : Twiiter / @HollifoodE

LONTONG SPEKKOEK WAIKI

Sebut aja ini adalah kue lapis yang digulung, hehehhehe.. soalnya kalau lihat bentuknya sih berlapis-lapis gitu dan memang seperti lontong (dibungkusnya mirip lontong) kue ini juga menjadi salah satu oleh-oleh favorit para wisatawan. Karena rasanya enak dan teksturnya lembut, cocok sekali sebagai teman minum teh atau kopi. Kamu bisa membelinya di Jalan. Senjoyo II No. 1 Bugangan, Semarang Timur.

BRILLIAN SUPER CAKE Khas Semarang

Source : flickriver.com

BRILLIAN SUPER CAKE

Kue yang berada di sini juga jangan kamu lewatkan untuk membelinya, selain kue yang di sini ini enak karena menggunakan bahan pilihan terbaik, kue ini bisa bertahan sampai 60 hari tanpa pengawet lho. Jadi kalau kamu membawanya ke tempat yang jauh, ga perlu khawatir saat diperjalanan. Kue ini aman sampai 60 hari. Kamu bisa membelinya di Kawasan Simpang lima dengan bangunan yang mirip dengan istana.

BROWNIES OPIUM Khas Semarang

Source : nadipos.com

BROWNIES OPIUM

Jangan salah sangka dulu karena namanya ya, brownies yang dijual di sini tidak mengandung opium, itu hanya nama tokonya saja. Brownies ini juga sangat terkenal di Semarang, penasaran kan rasanya seperti apa? Kunjungi aja tokonya di Jalan Gajahmada No. 106 dan di Jalan Erlangga Barat No. 7.

KUE SARANG MADU Khas Semarang

Source : oleholehjogja.biz

KUE SARANG MADU

Kue sarang madu ini terbuat dari tepung beras, santan dan disiram dengan saus gula diatasnya. Kamu juga wajib beli oleh-oleh ini. Rasanya juga ga kalah enak dengan yang lainnya. Kamu bisa beli di toko oleh-oleh di Semarang, Kudus dan Jepara. Kue ini bisa tahan sampai 2 bulan lho.

TAHU BAKSO BU PUDJI Khas Semarang

Source : Tokopedia.com

TAHU BAKSO BU PUDJI

Sebenarnya tahu bakso bu pudji ini sih oleh-oleh khas Ungaran, tapi ya termasuk oleh-oleh khas Semarang juga sih, rasa baksonya itu terasa sekali daging sapinya dan tahunya gurih,kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh di Semarang dan juga bisa membelinya langsung di Toko tahu bakso Bu Pudji di Jalan Diponegoro No. 14 Ungaran, Jalan Diponegoro no. 189 Ungaran Barat dan Jalan Jend. Sudirman No. 156, Langensari Ungaran Barat.

Itulah beberapa oleh-oleh terkenal dan legendaris yang ada di Semarang, jangan ketinggalan satupun oleh-olehnya ya.

HOTEL POPULER DI SEMARANG