Nikmatnya Mencicipi 6 Jenis Kuliner Asli Pontianak

Nikmatnya mencicipi kuliner asli Pontianak ini, membuat kita tak bisa berhenti untuk mencobanya lagi. Kuliner di Kota Pontianak ini memang terkenal enak, dari makanan ringannya sampai makanan yang berat. Nah, bagi kamu yang sedang berada di Pontianak, Kalimantan Barat jangan lewatkan macam-macam kulinernya yang legendaris dan super lezat. Paling tepat sih, berburu kuliner di kota ini pada saat sore sampai malam gitu. Soalnya warung-warung tendanya baru dibuka, penasaran apa aja kulinernya?

Bubur Pedas Pak Ngah

Source : food.idntimes.com

1. Bubur Pedas Pak Ngah

Warung bubur pedas pak Ngah ini adalah warung bubur pedas pertama yang letaknya ada di Jalan Kom. Yos Sodarso atau di daerah Jeruju. Itulah sebabnya bubur pedas ini termasuk kuliner yang legendaris. Isinya apa aja? isinya itu ada macam-macam sayuran yang bergizi. Kalau untuk bahan utamanya, menggunakan beras yang sudah ditumbuk kasar dulu, lalu setelah itu baru disangrai sampai warnanya kehitaman. Makannya wujud bubur pedas ini rada butek (keruh), tapi nikmat banget lho kalau untuk sarapan.

Chai Kue

Source : topkulinerpontianak.blogspot.com

Baca : 4 Cafe Unik Dengan Menu Imut Di Surabaya

2. Chai Kue

Chai kue atau Choi pan atau juga Choi popan yaitu salah satu kuliner asli kota Pontianak yang juga terkenal di Indonesia. Kalau di Pontianak sih rumah makan yang paling terkenal Choi Pannya adalah Chai kue Siam Ahin yang letaknya ada di Jln. Siam, Pontianak. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 2005, di sini selalu ramai dengan pembeli ya soalnya memang terenak. Kelebihan dari Chai Kue di rumah makan ini adalah mereka menyajikannya masih panas dan aromanya sangat wangi, pokoknya menggugah selera banget. Choi pan yang ditawarkan di rumah makan ini mempunyai 4 macam isi, dan kamu bisa pesan yang digoreng ataupun dikukus. 4 macam isian ini adalah bengkoang, kuchai, keladi, dan kedelai. Karena penyajiannya masih panas jadi rasanya itu fresh, gurih dan aromanya wangi.Nah, rasa yang paling disukai adalah bengkuang dan kucai. Gimana, udah ngebayangin nikmatnya dimsum khas Pontianak ini?

Pengkang

Source : pengkangpontianak.blogspot.com

3. Pengkang

Kelihatanya sih makanan yang bernama pengkang ini cuma bisa ditemui di kota Pontianak aja. Kuliner khas kota Pontianak yang satu ini emang beda sekaligus termasuk kuliner yang sulit ditemukan. Kalau kamu lihat dari bentuknya sih mirip bacang, segitiga gitu tapi bedanya pada isinya. Kalau bacang isinya adalah daging cincang (non halal yang sekarang sudah ada yang halal) nah kalau pekang ini isinya udang ebi. Nah, yang membuat makanan ini spesial adalah pengkang disuguhkan bersama dengan sambal kerang. Kebayangkan gurihnya gimana?

Lek Tau Suan

Source : yelp.com.sg

Baca : 6 Kuliner Hits Di Suryakencana Bogor

4. Lek Tau Suan

Rasanya masih kurang kalau cuma nyobain kuliner yang udah disebut di atas tadi ya. Masih ada lagi nih makanan unik dan nikmat di kota Pontianak. Untuk kamu yang suka dengan bubur kacang ijo, saatnya kamu mencicipi bubur kacang ijo khas Pontianak ini. Rasanya manis sekaligus gurih lalu diberi campuran cakwe, dan memang harus dimakan bersama cakwe goreng. Aneh ga sih? tapi gabungan antara kedua jenis makanan ini bener-bener bikin kita tu ketagihan. Dan ini bubur kacang ijonya berda dengan yang sering kita temui di Jawa ya. Kacang ijo yang diolah menjadi bubur ini sudah bersih dari kulitnya.

Pisang goreng Pontianak

Source : PergiKuliner.com

5. Pisang goreng Pontianak (pisang goreng srikaya)

Siapa nih yang suka srikaya? biasanya dinikmati bersama roti ya? nah kalau di Pontianak ini dinikmati bersama pisang goreng kipas gitu. Pernah coba pisang goreng khas Manado yang dimakan bersama sambal ikan roa? kalau sudah, ini sih mirip cuma makannya bareng srikaya. Kuliner ini pokoknya rekomen banget, jangan sampai kelewat. Sambil ditemani kopi hangat atau minuman hangat lainnya udah bikin lengkap banget kalau ngemilnya malam-malam.

Kue Bingke Pontianak

Solurce : feedram.club

6. Kue Bingke

Oleh-oleh khas Pontianak ini namanya adalah kue bingke. Bentuknya mirip daun semanggi, lalu rasanya manis dan ada asinnya gitu trus teksturnya mirip seperti kue lumpur. Aduh.. pokoknya kue bingke ini enak banget, makan sepotong aja kurang. Nah kue ini cocoknya itu dimakan dengan ditemani kopi kental atau teh tawar panas. Hmmmm… nikmat banget.

Nah, itu tadi kuliner asli Pontianak. Jangan lupa diicip ya kalau sedang berkunjung ke Pontianak.

HOTEL POPULER DI PONTIANAK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.