Wisata Kuliner – Liburan ke pulau Bangka Belitung tidak terasa sempurna jika kamu belum mencicipi kuliner khas Belitung, yang dikenal dengan cita rasa yang unik serta rasanya yang sangat lezat. Kenapa Bangka Belitung bisa memiliki kunikan dalam kulinernya ? dikarenakan terjadinya perpaduan budaya pribumi dengan budaya Tiongkok kedalam menu kuliner khas yang ada di Bangka Belitung.

Banyak ragam kuliner yang unik bisa kamu rasakan di Bangka Belitung dan bisa kamu santap bersama keluarga ataupun pasanganmu, ingin tahu apa saja kuliner khas Bangka Belitung ? Simak ulasan di bawah ini 10 Kuliner Khas Bangka Belitung yang Menggugah Selera.

1. Bong Li Piang

10 Kuliner Khas Bangka Belitung Yang Menggugah Selera

IndonesiaKaya.com

Kuliner Khas Bangka Belitung ini wajib kamu cicipi yaitu Bong Li Piang, dari nama saja kamu sudah bisa mengetahui dari mana asal usul kuliner Bangka yang satu ini, Bong Li Piang merupakan slah satu kuliner yang sangat populer di Bangka Belitung perpaduan dari resep lokal dengan resep dari Tiongkok.

Terbuat dari bahan dasara tepiung terigu, nanas, gula aren dan juga santan. Menjadi jajanan paling sering di beli oleh banyak traveller dan masyarakat lokal.

2. Getas Bangka

10 Kuliner Khas Bangka Belitung Yang Menggugah Selera

IndonesiaKaya.com

Kuliner Bangka Belitung yang satu ini tidak kalah enaknya dengan kuliner camilan Bangka Belitung lainnya, dengab bentuk seperti silinder, dan terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri dan juga tepung tapioka, Getas sering di jadikan sebagai pelengkap makanan yang berkuah seperti lakso dan pantiaw.

3. Kue Jongkong Bangka

10 Kuliner Khas Bangka Belitung Yang Menggugah Selera

resepkuekomplit.com

Makanan Khas Bangka Belitung pertama yang tidak bisa kamu lewatkan adalah kue Jongkok, Kue asal khas pulau Bangla ini salah satu kuliner yang menjadi kuliner Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Dengan tekstur yang sangat lembut dan rasa yang manis dan aroma pandan sangat wangi cocok sekali untuk kamu jadikan sebagai camilan saat kamu sedang bersantai.

4. Kericu

10 Kuliner Khas Bangka Belitung Yang Menggugah Selera

Bukalapak.com

Kericu merupakan kerupuk khas Bangka Belitung yang terbuat dari bahan dasar telur cumi-cumi dan sagu, Kuline rini sangat terkenal dengan rasa yang sangat gurih, ketika kamu mencobanya untuk pertama kali pasti akan ketagihan dan tidak akan berhenti mengunyah kerupuk has Bangka ini.

5. Kemplang

10 Kuliner Khas Bangka Belitung Yang Menggugah Selera

IndonesiaKaya.com

Bangka Belitung memiliki Kemplang mereka sendiri, karena paling banyak dicari untuk dijadikan oleh-oleh. cara membuat Kerupuk Kemplang khas Bangka juga msaih sangat tradisional, Kerupuk yang terbuat dari tepung tapioka dan daging ikan tenggiri yang telah di haluskan.

6. Lakso Bangka

10 Kuliner Khas Bangka Belitung Yang Menggugah Selera

Tribunnews.com

Lakso Bangka merupakan Kuliner khas Bangka yang sangat terkenalm dengan tampilan yang mirip dengan mie bakso akan tetapi lakso terbuat dari bahan tepung beras sehingga memiliki tekstur yang menjadi sangat kenyal. Dengan penyajiannya menggunakan kuah santan yang kaya akan bumbu rempah. karena itu hidangan khas Bangka ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan nikmat sekali.

7. Pantiaw

10 Kuliner Khas Bangka Belitung Yang Menggugah Selera

Jitunews

Pantiaw kuliner khas Bangka yang terbuat dari bahan dasar daging ikan yang dibumbui dengan berbgai macam bumbu rempah pilihan, Daging ikan ini disajikan kedalam bentuk suwiran yang tipis-tipis atau dicincang halus sehingga rasanya menjadi sangat gurih. Pantiaw biasanya disajikan bersama kuah santan dengan campuran rasa yang sangat pedas dan manis, ditambah taburan bawang goreng di atasnya.

8. Sambalingkung

10 Kuliner Khas Bangka Belitung Yang Menggugah Selera

visitbangkabelitung.com

Sambalingkung makanan khas Bangka Belitung yang terbuat memakai bahan dasar dari ikan tenggiri, Sambalingkung jika kamu perhatikan memang tampak seperti abon hasil olahan daging ikan tenggiri yang telah di bumbumi dengan bumbum racikan khas dari Bangka Belitung, jika kamu tertarik untuk membawanya sebagai oleh-oleh, kuliner ini dijual dengan kusaran haraga 250.000 Rupiah perkilonya.

9. Balacan

10 Kuliner Khas Bangka Belitung Yang Menggugah Selera

FoodClappers

Balacan merupakan Kuliner Khas Bangka Belitung yang terbuat dari bahan dasar ikan dan udang ini diproses dengan teknik fermentasi. Balacan mempunyai aroma yang sangat kuat dan biasanya di jadikan sebagai bahan dasar membuat sambal atau campuran pada masakan yang di tumis. Ketika sudah menjadi sambal, rasa balacan semakin gurih dengan aroma yang membuat kamu ketagihan.

10. Lempah Kuning

10 Kuliner Khas Bangka Belitung Yang Menggugah Selera

Tribunnews.com

Kuliner khas Bangka Belitung yang terakhir adalah Lempah Kuning, Kuliner ini wajib kamu cicipi sebelum pulang ke rumahmu dari liburan di Bangka Belitung, Sayuran khas Bangka Belitun yang punya citarasa segar dan juga nikmat. Dengan bahan dasar menggunakan irisan nanas dan ikan laut yang dimasak dalam kuahb yang telah dibumbui rempah-rempah khas bangka, Rasa asam yang dihasilkan berpadu dengan rempah-rempah dan meresap kedalam daging ikan sehingga membuat rasanya sangat khas sekali.

Bagaimana traveller ? tertarik untuk mencoba Wisata Kuliner Bangka Belitung ini, kamu hanya cari Tiket Pesawat Murah yang ada di situs atau aplikasi Reservasiku.com. selain itu kamu juga bisa mendapatkan tawaran Hotel Murah Bangka Belitung yang dapat memperkecil pengeluaranmu dalam berwisata ke Nepal.