Berita Wisata Indonesia – Kota Majalengka yang merupakan salah satu kota kecil di Provinsi Jawa Barat. Walaupun hanya sebuah kota kecil, kota ini memiliki berbagai keindahan alamnya yang sudah dikenal oleh wisatawan lokal atau mancanegara.

Dan kamu tidak akan lengkap liburan di Majalengka tanpa membawa pulang Buah Tangan Khas Majalengka, banyak buah tangan yang bisa kamu peroleh di kota Majalengka dari yang gurih, manis, hingga souvenir. Berikut ini 10 Oleh-Oleh Khas Majalengka Yang Untuk Kamu Jadikan Buah Tangan.

Oleh-oleh-khas-majalengka-oncom-goreng.business.site

1. Oncom Goreng

Oncom yang merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Oncom ini terbuat dari ampas tahu, kemudian di fermentasi dengan menggunakan jamur Neurospora Sp. Umumnya, orang menyantap oncom dengan cara ditumis ataupun digoreng.

Di Majalengka, oncom diolah dengan dibumbui dan dicampur dengan bawang goreng. Sebelum digoreng, oncom dibentuk menjadi bentuk kecil. Ini berbeda dengan oncom goreng tempat lain yang dilapisi dengan tepung terigu sebelum digoreng.

Cookpad.com

2. Ampas Kecap

Ampas Kecap bukan hanya kecapnya saja, ampas kecap asli Majalengka dapat dijadikan sebagai buah tangan untuk rekan kerja dan keluarga, Ampas kecap yang dibuat dari sisa olahan kacang kedelai yang sudah diolah dengan cara dimasak ked alam proses pembuatan kecap.

Ampas ini bisa langsung disantap dengan nasi karena sudah dibumbui. Bahkan ampas juga bisa dikreasikan menjadi masakan lain seperti dimasak menjadi tumis atau sejenisnya. Tidak perlu bingung karena ampas ini sangat mudah untuk diolah dan rasanya pasti lezat.

Ayotraveling.com

3. Gula Cakar

Gula Cakar adalah gula batu asli yang berasal dari Majalengka yang terbaut dari gula putih. Dalam pengolahannya produsen menambahkan pewarna makanan dan soda. gula cakar memiliki bentuk yang besar dan berwarna merah muda.

Gula ini digunakan dalam seduhan kopi atau teh, Gula ini akan sangat mudah larut jika dipakai untuk membuat kopi atau teh. Walaupun demikian, gula juga bisa dimakan secara langsung dengan cara digigit.

Majalengkakab.go.id

4. MOBI

Buah tangan Majalengka berikutnya merupakan souvenir yaitu Mobi. Mobi adalah singkatan dari Momon dan Obi yang merupakan penemu dari souvenir ini. Mobi ini berbentuk sendal.

Bahan dasar pembuatan produk ini adalah kain karung goni. Karung goni yang biasanya hanya digunakan sebagai wadah dimanfaatkan untuk membuat sendal dengan nilai ekonomi yang tinggi.

Topijelajah.com

5. Kecap Majalengka

Majalengka juga menghasilkan dari kecap Majalengka. Kecap asli Majalengka ini sudah diproduksi sejak tahun 1920. Dengan menggunakan resep turun-temurun ini, sehingga rasa kecap terjaga kualitasnya hingga sekarang.

Karena masih tradisional, tidak ada mesin yang digunakan, hanya memakai tangan manusia sebagai alat. Kayu bakar juga masih digunakan sebagai bahan bakar. Ember fermentasi juga terbuat dari kayu jati. Tidak heran jika kecap ini lain dengan kecap pada umumnya.

Omiyago.com

6. Kalua Jeruk

Kalua Jeruk yang merupakan Oleh-Oleh Khas Majalengka ini dikenal dengan manisan buah jeruk jika di kota lain. Manisan ini terbuat dari daging kulit buah jeruk bali yang diolah dengan gula, gula yang biasa dipakai untuk manisan lebih dari satu jenis gula, yaitu gula kawung, merah dan gula pasir.

Kalua jeruk mempunyai tekstur yang keras di bagian luar. Namun saat digigit, kalua ini akan terasa sangat lembut. Soal rasa, manisan ini memiliki cita rasa manis dan lezat. Wisatawan bisa datang ke Malausma, bila ingin mendapatkan kalua sebagai oleh-oleh.

Tribunnews.com

7. Mangga Gedong Gincu

Majalengka merupakan salah satu penghasil buah mangga. Mangga khas Majalengka yang terkenal itu adalah mangga gedong gincu. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Majalengka jika tidak mencicipi dan membawa pulang buah ini.

Mangga gedong gincu mempunyai ciri khas mempunyai warna kulit yang merah gincu jika buahnya matang. Gedong gincu ini sudah sangat terkenal masyarakat. Mangga ini memiliki cita rasa manis dan segar.