Tips Traveling – Kereta Api merupakan salah satu moda transportasi umum yang digemari banyak orang, selain harganya yang cukup terjangkau, Kereta Api Indonesia yang nyaman dan aman untuk dinaiki.

Naik Kereta Api juga menjadi pengalaman yang tidak terlupakan untuk anak-anak, pada waktu liburan sekolah atau hari raya, orang tua sering kali mengajak anak-anak naik kereta api ke kota lain atau ke kampung halamannya dan menempuh jarak yang cukup jauh, berikut ini 10 Tips Traveling Naik Kereta Api Jauh Bersama Anak-Anak.

(pexels.com/@Flora Westbrook)

1. Buang Air Kecil

Sebisa mungkin ajak anak-anak untuk buang air kecil secara rutin, selalu bersikap sopan dan tidak menggangu penumpang lain.

(unsplash.com/falaqkun)

2. Ajak Keliling Gerbong

Jika anak bosan kamu bisa mengajak mereka jalan-jalan keliling gerbong untuk melihat suasana baru sambil bercerita tentang bagian-bagian yang ada di kereta tersebut.

(unsplash.com/mparzuchowski)

3. Datang Lebih Awal

Agar kamu tidak repot dan terburu-buru, sebisa mungkin datang lebih awal di stasiun, diutamakan kalau naik di stasiun yang tidak menjadi tempat keberangkatan awal kereta api.

(pixabay.com/victoria_art)

4. Pakaian Nyaman & Hangat

Kenakan pakaian yang nyaman dan hangat untuk anak-anakmu, untuk berjaga-jaga jika AC Kereta Api terlalu dingin, kamu bawa jaket dan selimut kecil.

(unsplash.com/benmullins)

5. Bawa Mainan

Kamu bisa sediakan mainan, boneka, atau buku kesukaan anak-anak, boleh menonton di layar HP atau Tablet tapi batasi waktu bermain gadgetnya.

(unsplash.com/notso)

6. Bawa Bekal

Bawalah bekal makanan dan minuman berat ataupun ringan secukupnya, terutama makanan kesukaan anak-anak agar mereka senang dan tenang.

(unsplash.com/americangreentravel)

7. Bawa Sedikit Barang

Jangan membawa barang yang terlalu banyak, agar memudahkan kamu dalam pergerakan ketika naik-turun kereta api dan meletakan barang.

(unsplash.com/leorivas)

8. Perjalanan Malam Hari

Untuk lebih memudahkan kamu dalam perjalanan bersama anak-anak, kamu bisa memilih perjalanan malam hari untuk menyesuaikan jam tidur si anak. Hal ini meminimalisir anak bosan dan juga rewel.

(unsplash.com/noonths)

9. Pesan Tiket Jauh Hari

Agar bisa mendapatkan tempat duduk bersebelahan dengan si buah hati, sebisa mungkin pesan tiket jauh-jauh hari, terutama jika anak yang kamu bawa lebih dari satu.

(renfe-sncf.com)

10. Waktu Tempuh

Komunikasikan dengan anak-anakmu tentang seberapa lama perjalanan Kereta Api yang akan ditempuh, seperti waktu tempuh dan juga gambaran di dalam Kereta Api.