Tips TravelingMudik Lebaran 2022 kini diperbolehkan, banyak pemudik yang mulai berpulangan ke daerah asal atau mudik, tidak sedikit orang memilih melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi, selain bebas, mudik dengan mobil juga dianggap lebih nyaman, akan tetapi mudik dengan mobil sangat membuat stres jika kamu membawa balita.

Mungkin selama perjalanan sang balita akan merasakan bosan, lelah, letih, rewel sampai tantrum, bisa dilakukan untuk si kecil dalam perjalanan mudik, berikut ini 5 Tips Traveling Mudik Lebaran 2022 Bersama Balita Dengan Mobil Pribadi.

(unsplash.com/Simon B)

1. Beristirahat

Ketika merasakan lelah, seseorang cenderung lebih frustasi bahkan cepat emosi, dan melihat anak menjadi rewel di jalanan yang macet jika kita tidak sabar maka rasa ingin meluapkan frustasi bisa meledak kapanpun.

Demi menghindari itu, dan membuat kamu kecewa, tidak ada salahnya kamu beristirahat sebentar di satu tempat atau rest area, jika perjalanan masih jauh kamu bisa bermalam di hotel, yang terpenting kamu dapat menghilangkan rasa lelah dan frustasi dengan optimal, setelah itu kamu siap melakukan perjalanan mudik kembali.

(timeout.com)

2. Buat Suasana Menyenangkan

Jika mood si buah hati sedang happy, biasanya perjalanan mudik kamu akan berjalan dengan menyenangkan, karena itu membuat suasana happy disepanjang perjalanan menjadi lebih penting.

Kamu dapat mengajak si kecil menikmati perjalanan, beritahu kendaraan apa saja yang bisa kamu lihat, ajak anak-anak untuk bernyanyi, buatlah game yang menyenangkan, atau menyiapkan mainan simpel dan disukai olehnya, kamu juga bisa menyiapkan buku stiker atau lagu kesukaan mereka sehingga ia tetap happy di perjalanan.

(babycantravel.com)

3. Sesuaikan Waktu Mudik Dengan Jadwal Tidur Si Kecil

Untuk mengurangi risiko anak meraskan bosan di jalan, maka ada baiknya kamu sesuaikan waktu perjalanan mudik dengan waktu tidurnya, jika perjalanannya terbilang jauh, kamu bisa siapkan tempat duduk yang nyaman sehingga ia bisa tidur dengan nyenyak.

Siapkan cukup bantal, selimut, atau boneka, agar ia tidak merasa asing ketika tidur di mobil. Selain itu kamu dapat menyiapkan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat agar ia tidak mudah terbangun.

(unsplash.com/Bonnie Kittle)

4. Pijat Lembut Si Kecil

Ketika duduk terlalu lama dapat membuat badan si kecil merasa kaku, jika sudah begitu ia sudah merasakan nyaman dan rewel, jika sudah begini kamu bisa melakukan seperti pijatan lembut padanya.

Beberapa hari sebelum melakukan perjalanan Mudik Lebaran 2022, kamu dapat mencari teknik pijat balit, pijatlah kaki, telapak kaki, dan punggungnya dengan lembut, cara ini terbilang efektif untuk membuatnya merasakan nyaman dan jadi mudah untuk tidur.

(unsplash.com/Darwin Vegher)

5. Saling Bekerjasama

Bekerjasama dengan pasangan atau orang dewasa yang ikut mudik bersamamu merupakan satu hal utama, ketika pasangan mengemudi, maka kamu harus siap menjaga si kecil, siapkan minuman ketika si kecil haus, atau bermain bersamanya, menggantikan pakaiannya ketika ia berkeringat atau gerah, atau hal lainnya yang diperlukan untuk mood balita tetap happy.

Kamu juga harus memanfaatkan waktu untuk istirahat ketika si kecil tidur, dengan cara tersebut ketika pasangan lelah menyetir, tubuh dan pikiranmu sudah segar untuk kembali alih tugas menyetirnya.