Tips Traveling – Dalam Mudik Lebaran 2022, untuk para wisatawan yang menggunakan jalur tol ke kota Semarang, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan persiapkan ketika kamu hendak berkendara dari kota Jakarta menuju ke Semarang, berikut ini 4 persiapan Mudik Lebaran 2022 Jakarta – Semarang menggunakan mobil via tol.

travel.kompas.com

1. Total Bensin Jakata Semarang

Jika kita simulasikan berapa total bensin dari Jakarta ke Semarang. dengan kapasitas 45 liter tangki bensin, dapat mengisi bensin kurang lebih Rp 500.000 dengan jenis bbm Pertamax.

Harga diatas dapat berubah-ubah sewaktu-waktu mengikuti tarif bahan bakar yang digunakan perliternya, bahan bakar yang diisi dari Jakarta juga masih tersisa ketika kamu sampai di Kota Semarang.

travel.kompas.com

2. Tarif Tol Jakarta Semarang

Sebelum kamu mulai melakukan perjalanan dan masuk ke tol, alangkah baiknya menyiapkan saldo uang elektronik yang cukup, sebab satu kartu uang elektronik hanya dapat digunakan satu kendaraan saja.

Jalur rute Jakarta- Semarang yang bisa kamu lalui antara lain Tol Jakarta-Cikampek, Tol Cikopo-Palimanan, Tol Paliman-Kanci, Tol Kanci-Pejagan, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Pemalang-Batang, dan Tol Batang-Semarang (Gerbang Tol (GT) Kalikangkung).

travel.kompas.com

3. Rest Area Tol Jakarta-Semarang

Di sepanjang tol Jakarta-Semarang terdapat beberapa rest area yang dapat kamu kunjungi, kurang lebih terdapat 3 rest area, yakni rest area kilometer 86B, rest area kilometer 166A, dan rest area 207A.

Seluruh rest area ini telah memliki fasilitas yang mumpuni bagi para pemudik, khususnya dari sisi kebersihan toilet. Buat para pemudik yang tidak menjalankan puasa, tersedia berbagai macam masakan Nusantara sampai gerai makanan cepat saji yang buka selama 24 jam.

Apabila kendaraan mogok atau kehabisan bensin di tengah jalan kamu bisa menghubungi call center rdi_135 untuk segera mendapat bantuan dari angkutan derek layanan Pertamina Siaga.

4. Sediakan Uang Tunai

Kamu juga wajib menyiapkan uang tunai, selain untuk biaya parkir, uang tunai, juga diperlukan saat membayar makanan di rest area, Pemudik dapat menyiapkan uang tunai berupa pecahan Rp 2.000 untuk parkir atau pecahan lainnya saat berbelanja keperluan mudik di jalanan.

Untuk fasilitas toilet kamu tidak harus mengeluarkan sepeser rupiah pun, jadi pemudik juga harus menyiapkan uang tunai untuk hal-hal tersebut.