Wisata Kuliner – Ketika bulan Ramadhan dan kamu sedang berjalan-jalan ke Aceh, sebaiknya kamu cari hidangan khas Aceh yang tepat untuk kamu santap saat datang waktu berbuka puasa, Jika tujuan kamu liburan ke Aceh adalah kuliner, Kamu di tempat yang sangat tepat.

Aceh merupakan surganya wisata kuliner, apalagi jika saat kamu datang di bulan Ramadhan kamu akan banyak menemukan hidangan khas Aceh yang biasa masyarakat lokal konsumsi ketika buka puasa, berikut ini ulasan Reservasiku 5 hidangan kuliner khas Aceh yang wajib kamu cicipi selama bulan Ramadhan.

1. Mie Caleuk

5 Hidangan Kuliner Khas Aceh Selama Bulan Ramadhan yang Wajib Kamu Cicipi

kokipaten.blogspot.com

Hidangan khas Aceh satu ini sering kali kamu temukan ketika bulan Ramadhan karena menjadi salah satu kuliner yang di favoritkan oleh masyarakat lokal, Mie yang terbuat dari mi tepung atau mi lidi, yang dicampur dengan bihun, hidangan ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dibubuhi dengan kacang merah rebus, kerupuk merah, tempe, dan jengkol ditambah sambal kacang.

Penyajian hidangan ini sangat unik, dijual dengan porsi kecil seperti nasi kucing, tidak ada makan ditempat seperti mie aceh, untuk harga hanya sekitar Rp 1000- Rp 5000.

2. Kopi Sanger

5 Hidangan Kuliner Khas Aceh Selama Bulan Ramadhan yang Wajib Kamu Cicipi

kumparan.com

Berbuka puasa tidak harus dengan makanan berat dan minuman manis, kamu juga bisa mencicipi kopi, lebih tepatnya kopi sanger, kopi yang diracik dengan komposisi kopi jitam dicampur dengan sedikit gula dengan sedikit susu yang menghasilkan warna kecokletan, Kopi sanger tersedia dua varian utama yaitu cita rasa Kopi sanger (Robusta) dan Sanger espresso (Arabika).

3. Kanji Rumbi

5 Hidangan Kuliner Khas Aceh Selama Bulan Ramadhan yang Wajib Kamu Cicipi

detik.com

Ketika kamu mencicipi hidangan ini langsung tercium rempah-rempahnya, Kanji Rumbi yang mirip seperti bubur nasi yang dicampur dengan ragam jenis rempah.

Ade le Bu Peudah menggunakan 44 jenis rempah sebagai bumbunya, biasanya bisa kamu jumpaiu di desa-desa pedalaman, tapi pada umumnya yang ditawarkan oleh pedagang hanya beberapa rempah saja. dan rasanya beda juga tidak terlalu berbeda jauh. Apalgi jika diberikan beberapa potongan daging udang dan ayam, cocok sekali untuk kamu cicipi ketika berbuka puasa.

4. Leumang

5 Hidangan Kuliner Khas Aceh Selama Bulan Ramadhan yang Wajib Kamu Cicipi

okeinfo.net

Leumang hidangan khas Aceh, beras ketan yang dibalut dengan daun pisang setelah itu dibakar dalam potongan bambu, biasanya dibakar hingga berjam-jam sehingga hidangan ini menghasilkan rasa yang nikmat dan lezat, gurih dan renyah.

Hidangan ini biasa kamu jumpai ketika menjelang bulan Ramadhan atau hari raya, dan sangat cocok di santap ketika berbuka puasa dengan gula aren, gula pasir, atau jika kamu mau yang lebih nikmat bisa disantap dengan durian. jangan takut untuk tidak mencicipi hidangan ini, selama masih bulan Ramadhan kamu akan menemukannya.

5. Sie Ruboh

5 Hidangan Kuliner Khas Aceh Selama Bulan Ramadhan yang Wajib Kamu Cicipi

bandaacehtourism.com

Sie Ruboh (daging rebus) memiliki aroma cuka aren yang menjadi ciri khasnya. Menu dengan bahan dasar dari daging sapi atau kerbau, yang dipotong-potong kecil lalu dibumbui dengan berbagai rempah-rempah di masak dengan kuali tanah.

Kuliner khas Aceh ini sering kali banyak muncul ketika menjelang bulan Ramadhan atau hari raya. dan uniknya hidangan ini akan bertahan hingga sebulan, tidak basi, bahkan bisa lebih lama dari sebulan, citarasanya semakin enak ketika kamu cicipi.

Bagaimana traveller ? tertarik untuk mencoba Wisata Kuliner Aceh ini, kamu hanya cari Tiket Pesawat Murah yang ada di situs atau aplikasi Reservasiku.com. selain itu kamu juga bisa mendapatkan tawaran Hotel Murah Aceh yang dapat memperkecil pengeluaranmu dalam berwisata ke Aceh.