Berita Wisata Indonesia – Solo mungkin dikenal dengan wisata budaya ataupun kulinernya, akan tetapi siapa sangka jika kota budaya ini memiliki wisata alam yang begitu indah untuk kamu lewatkan, mulai dari taman, bukit, sampai gunung dapat kamu temukan di kota ini.

Menariknya ada beberapa kawasan wisata alam berikut ini merupakan Hidden Gem Soloraya dan masih belum banyak diketahui oleh para wisatawan luar daerah, Penasaran bukan ? yuk simak deretan tempat wisata alamnya berikut ini 5 Hidden Gem Destinasi Wisata Alam Soloraya yang mempesona.

(Instagram.com/bukit_cumbri)

1. Bukit Cumbri

Bukit Cumbri merupakan salah satu Hidden Gem Solo yang merupakan Wisata Alam Solo berlokasi di perbatasan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dan Ponorogo, Jawa Timur, Bukit ini memiliki ketinggian 638 meter diatas permukaan laut.

(Instagram.com/karanganyarkita)

2. Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagoro I

Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagoro I menjadi salah satu Destinasi Wisata Solo yang terkenal ini juga dijadikan sebagai kawasan pendidikan, pariwisata, serta rekreasi. Kamu bisa banyak hal yang dapat dipelajari di taman ini, seperti taman bunga, sumber mata air, berbagai spesies fauna, hingga candi.

Untuk masuk ke kawasan ini kamu akan dikenai biaya sebesar Rp 3000 saja, dan biaya parkir, lokasi tempat wisata alam ini berada di Kaki Gunung Lawu. Lokasi yang membuat KGPAA Mangkunagoro I ini memiliki udara yang segar dan juga sejuk, jika kamu tertarik datang, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam berkendara dari Kota Solo untuk bisa sampai ke lokasi Tahura di Dusun Sukuh, Ngargoyoso, Karanganyar.

(Instagram.com/sekitartawangmangu)

3. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu menawarkan kamu pesona air terjun yang indah, berlokasi di Jalan Raya Tawangmangu, Karanganyar. Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun terkenal dan populer di Jawa Tengah yang letaknya di lereng Gunung Lawu. Tidak heran jika udaranya sejuk dan dapat membuat kamu betah berlama-lama.

Grojogan Sewu buka dari jam 06.00–17:00 WIB, lebih disarankan untuk datang saat pagi hari agar kamu dapat merasakan kesejukan air terjun dan menghabiskan waktu lebih lama disini, jika kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, siapkan biaya tiket masuk sekitar Rp 17.000 perorangnya.

(Instagram.com/solomedia.id)

4. Geopark Batu Seribu

Geopark Batu Seribu merupakan salah satu Objek Wisata Alam Solo yang tidak boleh kamu lewatkan, Geopark satu ini merupakan Hidden Gem yang dimiliki oleh kota SOlo, karena tempatnya tidak mudah untuk dijangkau oleh semua orang. Tempat ini berlokasi di di bukit karena perlu mendakinya untuk sampai ke puncak.

Daya tarik utama dari tempat ini adalah sumber air yang konon tidak pernah kering walaupun pada musim kemarau. Fenomena tersebut dinamakan Sumber Pacinan. Selain itu, nama “batu seribu” diambil dari daerah tersebut yang dulunya kawasan tersebut merupakan perbukitan batu cadas.

Ketika kamu berada di Geopark Batu Seribu, kamu dapat menemukan kolam renang, pemandian mata air, hingga panggung kesenian. Kawasan ini juga memiliki udara yang sejuk membuat traveling kamu makin menyenangkan.

(Instagram.com/explore_kotasolo)

5. Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso

Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso yang dikenal juga sebagai Tahura Ngargoyoso merupakan satu-satunya taman hutan raya yang berada di Jawa Tengah. Taman Hutan ini salah satu kawasan terlindung dan sangat dijaga akan kelestariannya berlokasi di Sukuh, Karanganyar yang masih merupakan bagian dari Soloraya.

Kamu bisa menikmati indahnya alam, hangout, ataupun berkemah dan menginap di vila sekitar, Tahura sangat cocok buat kamu yang ingin Self Healing, dengan udaranya yang segar membuat pikiranmu kembali segar.