Berita Wisata Indonesia – Kota Grobogan merupakan salah satu kabupaten yang terbesar berada di Jawa Tengah, Ibu kota kabupaten berada di Purwodadi, daerah ini memiliki semboyan yang terkenal yakni “bersemi” yang merupakan akronim dari bersih, sehat, mantap, dan indah, kabupaten yang telah berusia 296 tahun ini, memanfaatkan pertanian dan kondisi alam sebagai mata pencahariannya penduduk.

Grobogan berlokasi di antara pegunungan kapur dan perbukitan, karena kondisinya tersebut seperti itu, Grobogan menjadi daerah yang menyimpan keunikan tersendiri, tidak heran kalau ada beberapa Tempat Wisata Grobogan yang dapat dijadikan rekomendasi tempat untuk liburan, berikut ini 5 Destinasi Wisata Grobogan yang memiliki keunikan tersendiri.

visitjawatengah.jatengprov.go.id)

1. Air Terjun Widuri

Air Terjun Widuri yang berlokasi di Desa Batur, Kecamatan Tawangharjo ini memiliki wisata air terjun termasuk sebagai salah satu pesona alam yang belum banyak terjamah di Grobogan, asal nama Widuri diambil dari bidadari, Konon ditempat ini banyak bidadari yang menumpang mandi.

Daya tarik dari Wisata Air Terjun ini adalah keasrian alam disekitarnya, selain itu air yang masih jernih akan menambah keindahan wisata ini, Para pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang 3000 saja kamu sudah bisa menikmati Air Terjun Widuri ini.

(jatengprov.go.id)

2. Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen yang seperti namanya disini kamu akan menyaksikan penampakan api yang tidak pernah padam, pasalnya api tersebut menyala dikarenakan adanya gas alam yang keluar terus menerus.

Api Abadi Mrapen berlokasi di Desa Manggarmas, Kecamatan Odong, wisata ini memiliki cerita yang bersejarah, Api disini pernah digunakan untuk menyalakan api pada Pesta Olahraga Internasional Ganefo dan Pekan Olahraga Nasional, waktu yang paling tepat untuk mengunjunginya adalah pada malam hari, karena api akan terlihat sangat terang.

(instagram.com/goalawa_macan)

3. Goa Macan dan Goa Lawa

Goa Macan dan Goa Lawa merupakan dua gua yang berbeda, akan tetapi dikarenakan letaknya yang berdekatan, membuat wisata ini dikenal dengan dua nama sekaligus, kamu bisa mengeksplorasi kedua gua ini sekaligus.

Goa Macan merupakan tempat persembunyian macan, akan tetapi saat ini macan tersebut sudah tidak ada lagi, sementara untuk Goa lawa sampai saat ini masihi menjadi tempat bersarangnya lawa atau kelelawar, untuk dapat memasuki gua ini kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2500 per orangnya.

(instagram.com/infogrobogan.id)

4. Bledug Kuwu

Bledug Kuwu yang berlokasi di Kabupaten Grobogan ini terdapat fenomena lumpur dari dalam tanah, Kejadian alam ini sangat mirip dengan lumpur lapindo di Sidoarjo.

Jika kamu ingin memasuki daerah ini Wisata Bledug Kuwu, para pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 3000 saja, disini kamu akan melihat secara langsung fenomena alam yang unik kamu dapat mengabadikan momen bersama disini.

(instagram.com/kedung,ombo)

5. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo kenapa dinamakan seperti itu karena waduk ini membentang di tiga kabupaten sekaligus, dan salah satunya adalah Kabupaten Grobogan, selain berfungsi sebagai irigasi dan PLTA, waduk ini juga dinamakan sebagai pariwisata.

Para pengunjung wajib merogoh kocek hanya Rp 5000 saja, untuk hari Senin sampai Jumat atau Rp 7500 pada akhir pekan, kamu bisa masuk di kawasan Wisata yang diminati dengan adanya fasilitas warung dan wisata naik perahu.