Tips Traveling – Ketika kamu berpergian berbagai lokasi liburan, baik di dalam negeri atau diluar negeri, kamu dapat memerlukan tempat menginap, ada banyak pilihan yang dapat diambil, dari Hostel, sampai menumpang sementara di rumah teman atau saudara.

Untuk kamu yang memiliki budget terbatas tidak ingin merepotkan orang lain, hostel dirasa menjadi pilihan tepat, dan salah satu tipe hostel yang menawarkan harga lebih murah adalah dormitory alias bersistem seperti asrama dengan bunk bed dan dihuni oleh beberapa orang sekaligus dalam satu ruangan, berikut ini 5 Tips Traveling menginap di Hostel tipe Dormitory agar aman dan juga nyaman.

(pexels.com/RODNAE Productions)

1. Gunakan Kamar Mandi Di Awal Hari

Hostel dengan tipe dormitory memiliki kamar mandi yang dipakai bersama alias Shared Bathroom, tentu ini memiliki beberapa kekurangan, seperti menghalangimu untuk dapat memakainya dengan bebas dalam waktu lama.

Oleh karena itu kamu harus bisa mengatur waktu dengan tepat bila menginap di tempat ini, Gunakan kamar mandi pada waktu awal hari ketika masih banyak yang tidur, sehingga kamu dapat lebih leluasa dengan begitu kamu tidak perlu berebut dengan orang lain.

(pexels.com/Tomáš Malík)

2. Mengunci Pintu

Beberapa di Dormitory dengan tipe kapsul yang sudah di desain dengan modern yang menggunakan pintu dapat dikunci untuk setiap ranjang, oleh sebab itu jangan lupa untuk menguncinya setiap kali meninggalkan tempat tidur, bahkan dalam waktu yang sangat singkat.

Beberapa orang tidak waspada dengan situasi ini dan dianggap pergi sebentar tanpa harus mengunci pintu adalah aman, padahal orang yang berniat mencuri bisa beraksi dalam waktu singkat.

(pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

3. Bawa Selalu Barang Penting Dekat Denganmu

Walaupun terdapat fasilitas loker, tetapi dapat sedang tidak beruntung, kamu tetap berpotensi kehilangan barang, namun terdapat cara untuk menghindari pencurian barang berharga seperti paspor, dokumen penting, dan uang tunai.

Dengan masukan dokumen tersebut ke dalam kantong anti air dan pastikan selalu membawanya dekat denganmu, baik ketika tidur atau bahkan ke kamar mandi, dengan begini kamu tidak harus merasa khawatir akan kehilangan barang penting.

(pexels.com/Anna Shvets)

4. Gunakan Fasilitas Loker

Di setiap Hostel termasuk yang bertipe Dormitory, biasanya menyediakan loker untuk semua pengunjung, kamu dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk menyimpan barang, sehingga tidak memenuhi ranjang.

Jangan lupa untuk selalu mengunci lokermu agar aman dan nyaman, akan tetapi ada baiknya kamu memotret setiap barang yang akan dimasukkan ke dalamnya berguna untuk berjaga-jaga bila terdapat kehilangan, sehingga kamu memiliki bukti yang kuat untuk melaporkan ke petugas hostel.

(pexels.com/cottonbro)

5. Pilih Tempat Dengan Rating Yang Baik

Pada zaman saat ini kamu dapat melihat baik dan buruknya sebuah tempat penginapan dari penilaian yang terdapat di Internet, ini juga berlaku saat kamu hendak mencari hostel untuk menginap.

Pastikan kamu tidak ada cerita-cerita, seperti pencurian atau kejadian yang tidak menyenangkan lainnya di Hostel yang bisa kamu tuju, bila ada sebaiknya untuk menghindari cari tempat lain demi alasan keamanan.

Tinggal di hostel dengan tipe dormitory dapat menjadi salah satu pengalaman paling seru yang dapat kamu alami bisa mengetahui tipsnya, oleh karena itu jangan ragu mencoba menginap di tempat tersebut jika terdapat kesempatan.