Tips Travelling – Saat traveling ke wilayah Asia Tenggara, tak jarang kita mendapatkan penerbangan tidak langsung atau harus transit di bandara Kuala Lumpur (KLIA 2) sebelum sampai tujuan. Waktu transit bervariasi  tergantung ketersediaan jadwal, dari satu jam sampai lebih dari lima jam.

Waktu transit yang kurang dari tiga jam tidak mengizinkan kita untuk keluar imigrasi karena akan sangat mepet untuk boarding penerbangan berikutnya. Jika transit lebih dari tiga jam, menunggu di ruang tunggu berjam-jam pasti sangat membosankan. Kamu bisa ikuti 5 tips seru saat transit berikut ini.

Movie Lounge KLIA 2

Source : tinek6.blogspot.com

  1. Bersantai di Movie Lounge

Jika waktu transitmu hanya sebentar, kamu bisa bersantai di area satelit. Area satelit berada di dalam kompleks imigrasi, jadi kamu tidak perlu keluar-masuk konter imigrasi untuk cap paspor. Di area ini ada banyak layanan gratis yang bisa kamu gunakan, salah satunya movie lounge di dekat Gate Q. Di sini kamu bisa duduk-duduk di kursi sambil menonton film yang tengah diputar di layar TV bersama orang-orang yang juga sedang transit.

Duty Free KLIA 2

Source : Youtube.Com

  1. Window Shopping di Duty Free

KLIA2 terkenal sebagai bandara hub yang harus dilewati turis ketika berkunjung di wilayah Asia Tenggara. Karena banyaknya pelancong, pihak bandara membuka area duty free yang sangat luas di setiap gate-nya.

Baca Juga : Tips Waktu Terbaik Untuk Reservasi Kamar Hotel

Kamu bisa jalan-jalan sambil window shopping di area satelit tanpa keluar masuk imigrasi. Berbagai produk cokelat, suvenir, skin care, wine, dan sebagainya dari berbagai merk dipajang dengan cantik dan harga bervariasi. Siapa tahu ada temanmu yang titip produk merk luar negeri yang sulit ditemukan di Indonesia. Tentu saja bebas pajak!

Foodcourt KLIA 2

Source : KLIA2.Info

  1. Kulineran di Gateaway KLIA2

Pasti lapar dong kalau menunggu berjam-jam. Di area satelit memang ada beberapa tempat makan seperti McD dan Burger King. Tapi kalau kamu mau lebih banyak pilihan, keluarlah ke area gateaway KLIA2. Memang harus lewat imigrasi, tapi di gateaway sangat banyak restoran dan cafe yang bisa kamu pilih. Harga juga lebih murah daripada di area satelit. Ada Subway, Bumbu Desa, Kopitian, dan sebagainya.

Tenang saja, sebagian besar resto dan cafe di KLIA2 sudah mendapat sertifikasi halal dari pemerintah Malaysia. Tapi kalau kamu malas ke konter imigrasi dan tidak cocok dengan menu McD, kamu bisa keluarkan bekal Pop Mie kamu dari koper dan cari dispenser air panas. Di KLIA2 banyak tersedia dispenser, terutama di area dekat musala dan ruang tunggu.

AirAsia Lounge KLIA2

Source : economytraveller.com

  1. Istirahat di AirAsia Lounge

Jika waktu transitmu cukup lama atau bahkan semalaman, kamu bisa istirahat di bangku-bangku ruang tunggu atau di public lounge dekat elevator. Tapi jika kamu menginginkan kenyamanan, AirAsia sebagai maskapai yang paling banyak membuka jalur penerbangan dari bandara KLIA2 punya lounge khusus yang bisa digunakan untuk umum dengan harga sekitar 40 USD.

Baca Juga : 5 Tips Biar Hemat Saat Travelling

Di lounge ini tersedia area kantor, kafe, dan kamar mandi/shower. Memang tidak ada kamar pribadinya, tapi kamu akan merasa nyaman tidur di sleeping area dengan kantung tidur yang empuk dan layanan makan yang tersedia sepanjang hari.

KLIA Ekspress KLIA2

Source : klia2.info

  1. Keliling Kuala Lumpur dengan KLIA Ekspress

Selain istirahat di lounge, menghabiskan waktu transit yang lebih dari tujuh jam juga bisa dengan berkeliling Kuala Lumpur. Jarak bandara KLIA2 dengan pusat kota memang cukup jauh. Namun sekarang ada KLIA Ekspress, kereta bandara super cepat yang bisa membawamu ke KL Sentral dalam waktu 30 menit.

Kamu bisa jalan-jalan di Bukit Bintang atau Twin Tower dengan naik taksi atau LRT dari KL Sentral, tergantung berapa lama waktu transitmu. Kalau mepet, cukup habiskan waktu dengan bolak-balik naik KLIA Ekspress.

HOTEL POPULER DI KUALA LUMPUR