Tips Traveling – Kereta Api yang merupakan salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia, selain itu karena harganya yang terjangkau serta aksesnya yang cukup mudah.

Menghabiskan waktu sambil menikmati pemandangan, menjadi salah satu experience yang tidak didapatkan saat menggunakan transportasi kereta api, buat yang ingin kereta api untuk pertama kali, berikut ini 5 Tips Traveling Naik Kereta Api bagi kamu yang pertama kali agar tidak gagal Mudik Lebaran 2022.

(unsplash.com/mel_butter)

1. Membawa Bekal Perjalanan

Untuk kamu yang menginginkan waktu di kereta, sebaiknya sebelum berangkat kamu mempersiapkan bekal makanan dan minuman dari rumah, selain itu kamu dapat memilih makan yang kamu suka membawa bekal tentunya akan menghemat pengeluaranmu.

Buat yang tidak begitu sempat untuk membawa bekal dari rumah, jangan khawatir, di kereta tersedia berbagai macam makanan yang dapat kamu pesan, mulai dari camilan hingga makanan pokok, kamu dapat menikmati sensasi makan dari gerbong makan.

(pexels.com/gustavo-fring)

2. Bawa Sedikit Barang Bawaanmu

Dikarenakan di stasiun minim tempat penitipan barang, usahakan kamu jangan terlalu banyak membawa barang jinjingan yang membaut kamu menjadi repot dan kesulitan, terlalu banyak membawa barang bawaan, akan beresiko barangmu akan tertinggal baik di stasiun maupun di gerbong kereta.

Kamu wajib tahu bahwa penyimpanan di kereta sangat terbatas, dengan maksimal barang 20 Kg, terlalu banyak membawa barang bawaan juga akan membuat tempat dudukmu menjadi sempit dan tidak terlalu nyaman di sepanjang perjalanan. Usahakan barang yang akan bawa sudah dikemas serapih mungkin dan tidak berceceran.

(unsplash.com/cardmapr)

3. KTP Jangan Sampai Ketinggalan

Sebelum kamu melakukan perjalanan, pastikan barang bawaanmu aman dan tidak ada yang tertinggal, terutama identitas diri, kartu identitas diri sangat diperlukan selama kamu bepergian, termasuk ketika kamu menggunakan transportasi kereta api.

Untuk orang dewasa selain tiket, kamu juga akan diminta untuk menunjukan kartu identitas diri seperti KTP, sebelum memasuki ruang tunggu kereta, Oleh karena itu pastikan identitas diri yang akan kamu gunakan saat memesan tiket sesuai dengan identitas diri yang kamu tunjukan.

 

(pexels.com/gustavo-fring)

4. Datang 1 Jam Lebih Awal

Agar perjalananmu lancar dan tenang, usahakan kamu untuk tiba ke stasiun lebih awal, setidaknya satu jam sebelum kereta diberangkatkan, dengan datang lebih awal, kamu dapat memiliki waktu untuk mengecek kembali barang bawaanmu.

Jika kamu memesan tiket kereta secara online, maka kamu harus melakukan proses cetak tiket terlebih dahulu saat tiba di stasiun, dengan proses cetak tiket terbilang mudah, namun hal tersebut tetap membutuhkan waktu, jadi disarankan kamu untuk datang lebih awal supaya tidak terburu-buru.

(pexels.com/cottonbro)

5. Pesan Tiket Online Untuk Menghindari Antre

Pesan tiket kereta kini sudah tidak harus repot mengantre di stasiun, cukup pesan melalui aplikasi KAI Access atau marketplace resmi yang bekerja sama dengan PT KAI, cara pembayarannya juga mudah, dapat kamu lakukan melalui mobile banking atau bayar minimarket terdekat.

Keuntungan dalam memesan tiket secara online, yaitu kamu bisa bebas memilih tempat duduk sesuai dengan keinginanmu, dan memilih posisi ternyaman. selain itu kamu juga dapat merubah jadwal keberangkatan atau membatalkan pesanan hanya dengan aplikasi tanpa harus datang ke stasiun.