Wisata Kuliner – Pekanbaru merupakan Ibukota dari Riau, dan sekaligus kota terbesar di Provinsi Riau yang berada di jalur lintas timur Sumatera. Selain menjadi jalur utama di pulau Sumatera, Pekanbari juga banyak memiliki objek wisata untuk menghabiskan waktu liburan.

Selain berlibur di objek wisata Pekanbaru, kota ini memiliki wisata kuliner yang wajib kamu cicipi, dengan cita rasa autentik yang sangat kental dengan khas Riau. Reservasiku merekomendasikan 6 hidangan kuliner khas Riau yang wajib kamu cicipi.

1. Mie Lendir

6 Kuliner Khas Riau Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan !

goodindonesianfood.com

Mie Lendir hidangan kuliner yang sering kita temui di Riau dan kepulauan Riau, yang aslinya merupakan salah satu makanan khas dari Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Menggunakan kuah kenyal berwarna cokelat, kuah ini dicampurkan menjadi beberapa bahan seperti kacang, dan ubi jalar.

Mie Lendir memang terlihat seperti halnya dengan mie biasa yaitu mie kuning, Makanan khas Tanjunpinang ini bisa kamu temukan di warung-warung makanan. Dan yang unik dari kuliner ini pertama kali Mie Lendir dicipatakan bukan dari orang Riau sendiri melainkan orang Jawa.

2. Mie Sagu

6 Kuliner Khas Riau Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan !

goriau.com

Mie Sagu, dari namanya saja kamu sudah paham bahwa Riau selain memiliki kekayaan hasil laut berupa ikan, daerah ini juga kaya akan hasil perkebunan berupa sagu. Tidak heran jika bahan tersebut kemudian diolah menjadi Mie Sagu.

Kamu bisa menemukan kuliner ini di banyak kawasan Selat Panjang, yang baisanya Mie ini dimasak dengan campuran teri, tauge, dan daun kucai. Kuliner ini wajib kamu cicipi agar liburan ke Riau kamu menjadi sempurna.

3. Nasi Lemak

6 Kuliner Khas Riau Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan !

wikimedia.org

Nasi lemak yang menjadi hidangan kuliner khas Riau yang bisa ditemui di banyak kawasan provinsi Riau, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Kuliner ini menyebar hingga kamu bisa temukan banyak di kota Pekanbaru, Kuliner yang dimasak menggunakan santan kelapa ini, disajikan dengan berbagai lauk, seperti telur, ikan, tempe dan sebagainya, kamu bisa memilih lauk apa saja sesuai keinginanmu.

4. Asam Pedas Baung

6 Kuliner Khas Riau Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan !

web-serda.blogspot.com

Asam Pedas Baung, menjadi makanan khas Riau yang banyak kamu jumpai di Pekanbaru, ikan yang dipakai untuk hidangan ini merupakan Ikan Baung, yang biasanya mudah ditemukan di muara sungai.

Diolah menjadi asam pedas, masakan khas Riau ini menggunakan bumbu cabai, kunyit, lengkuas, jahe, kemiri, serai, dan sebagainya. jika kita lihat di hidangan ini sangat berbeda dengan gulai ikan, asam pedas diolah tanpa menggunakan santan kelapa.

5. Ikan Asap Selais

6 Kuliner Khas Riau Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan !

okezone.com

Ikan Asap Selais ini selain menjadi kuliner yang lezat, merupakan hidangan kebanggan Riau, ikan pipih ini memanjang biasanya diasap dan diolah jadi pindang hingga gulai.

Ikan selais ini diasapi menggunakan budaya turun temurun warga Riau untuk mengawetkan Ikan, disamping itu selain memunculkan aroma khas asap proses ini membuat ikan selain dapat bertahan dan awet hingga 1 tahun.

Untuk menemukan pangan ini kamu bisa dapatkan di berabgai banyak restoran di Riau, untuk harga perkilogramnya tidak begitu mahal dan sangat pas untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh yang mencapai Rp 80.000.

6. Gulai Ikan Patin

6 Kuliner Khas Riau Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan !

netralnews.com

Gulai Ikan Patin merupakan makanan khas suku Melayu, pasalnya kuliner tersebut menjadi salah satu wisata kuliner andalan. Dan banyak para Traveller mencari hidangan ini ketika liburan ke Riau.

Keistimewaan dari kuliner ini adalah tersimpan didalam hidangan ini resep campuran yang telah diwariskan secara turun temurun pada bumbunya, dengan perpaduan dari berbagai rempah-rmepah alami, mampu menciptakan kesan warna merah tua dan memiliki aroma yang sangat khas membuat selera makan kamu terbuka.

Dengan daging ikan patin yang sangat lembut, yang mengandung banyak proterin serta tekstur daging yang tidak memiliki banyak duri semakin menambah kelezatan serta rasa gurih yang membaut orang-orang ketagian atas kuliner satu ini.

Bagaimana traveller ? tertarik untuk mencoba Wisata Kuliner Khas Riau ini, kamu hanya cari tiket pesawat murah yang ada di situs atau aplikasi Reservasiku.com. selain itu kamu juga bisa mendapatkan tawaran hotel murah Riau yang dapat memperkecil pengeluaranmu dalam berwisata ke pulau Batam.