Tips Travelling – Pasar Tradisional sering dikenal sebagai lokasi yang ramai, sehingga dikhawatirkan dapat menjadi tempat yang sempurna dalam penyebaran virus Corona, bahkan ada beberapa pasar tradisional Indonesia yang sempat ditutup karena banyak yang tertular virus.

WHO yang merupakan Organisasi Kesehatan Dunia, menyatakan virus Corona pada umumnya menyebar dari orang ke orang bukan dari pangan, maka dari itu buat kamu yang ingin belanja ke pasar Tradisional, berikut ini 6 tips belanja di pasar tradisional yang aman dan efektif saat pandemi.

discovermagazine.com

1. Terapkan 3M

Hidup ditengah pandemi ini kita diharuskan menerapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara berkala, dan menjaga jarak minimal 1,5 meter, Protokol kesehatan 3M ampuh untuk memutus rantai penularan virus Corona.

retailnews.asia

2. Sentuh Barang Yang Ingin Dibeli

Sebaiknya buat kamu yang ingin membeli suatu barang, sentuhlah barang yang ingin dibeli saja, hal ini membantu tanganmu tetap bersih dan kamu tidak harus sering-sering menyemprotkan hand sanitizer.

usatoday.com

 

3. Bawa Hand Sanitizer

Jika hendak pergi selalu siapkan hand sanitizer yang mudah dijangkau, kamu bisa membersihkan tanganmu dengan menyemprotkan hand sanitizer secukupnya, Bersihkan tanganmu setelah memegang uang, bahan pangan, atau benda-benda lainnya.

gotravelly.com

4. Jangan Membeli Hewan Liar

Beberapa pasar tradisional ada yang menjual hewan liar yang tak lazim. Untuk sementara waktu, kamu bisa menghindarinya agar tetap aman.

ft.com

 

5. Jangan Menyentuh Hewan Yang Masih Hidup

Biasanya jika kita pergi ke pasar, ada bagian unggas yang dijual masih hidup, karena saat ini masa pandemi diharapkan kamu hindarkan bersentuhan dengan hewan yang masih hidup, kecuali jika kamu memang benar-benar ingin membelinya.

ncte.org

6. Membuat Daftar Belanjaan

Sebelum pergi ke pasar, sebaiknya membuat daftar barang apa saja yang ingin kamu beli. Ini membantu agar kamu tidak kebingungan dan terlalu lama berada di pasar. Waktumu juga akan lebih efektif dan efisien.