Berita Wisata Indonesia – Liburan ke luar negeri mencari wisata alam kini kamu tidak harus jauh-jauh pergi ke negeri orang, kini di Indonesia kamu bisa mengunjungi Wakatobi yang memiliki keindahannya tidak kalah dengan negara lain.

Walaupun wilayahnya terkenal akan pantainya, akan tetapi wisatawan juga bisa menemukan air terjun, danau, gua, dan masih banyak lagi Destinasi Wisata Alam Wakatobi yang indah, berikut ini rekomendasi 6 Wisata Alam Wakatobi dengan pemandangan mempesona yang akan membuat kamu terkagum-kagum.

(instagram.com/nanur___)

1. Pantai Pulau Anano

Pantai Pulau Anano berlokasi di Pulau Anano yang disebut juga sebagai Pulau Seribu Penyu dikarenakan pulau ini menjadi rumah bagi penyu hijau dan penyu sisik untuk melakukan proses bertelur.

Pulau Anano ini berukuran kecil dan tidak berpenghuni sehingga ketika mendatanginya seperti sedang berada di Pulau Pribadi.

Pantai Pulau Anano memiliki panorama menawan dengan air yang jernih ditambah dengan pasir putihnya yang bersih dan juga lembut, pantai ini menjadi lokasi terbaik untuk menikmati panorama matahari tenggelam yang mengesankan.

(instagram.com/amalhermawan)

2. Pantai Cemara

Pantai Cemara berlokasi tidak jauh dari pusat kota, pantai ini memiliki fasilitas yang cukup memadai, salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah menyelam, jika tidak memiliki pengalaman dalam menyelam, maka pengunjung bisa mengikuti kursus menyelam selain itu kegiatan menyenangkan lainnya adalah banana boat dan kayak.

(instagram.com/bramsakti)

3. Danau Sombano

Danau Sombano merupakan danau yang terbentuk di kawasan Hutan Mangrove Pulau Kaledupa, danau ini memiliki perairan yang jernih, kamu dapat menggunakannya sebagai kaca.

Tidak hanya perairannya saja yang indah dan memukau, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan yang berupa beragam jenis tanaman eksotis meliputi anggrek dan aneka spesies pandan.

Kamu juga bisa melihat udang merah diatas perairan air payau yang bening, dan harus diingat bahwa berenang di danau ini tidak disarankan dikarenakan ada sebuah legenda tentang buaya hitam Danau Sombano yang dikhawatirkan akan muncul saat terdapat orang yang berenang.

(instagram.com/indah.gumay)

4. Air Terjun Moramo

Wakatobi juga memiliki Wisata Alam Air Terjun yang bernama Air Terjun Moramo, air terjun ini begitu populer bagi kalangan para wisatawan, air terjun yang memiliki ketinggian yang mencapai kurang lebih 100 meter merupakan air terjun bertingkat yang sangat menawan.

Undakan di Air Terjun nampak seperti tirai yang membuatnya makin cantik, perairannya yang jernih dan bersih membuat para wisatawan tergoda untuk bermain air atau berenang.

(instagram.com/muhammadiqbalgabunga)

5. Gua Kontamale

Gua Kontamale menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Wakatobi, seperti gua pada umumnya, wisatawan akan disuguhkan dengan panorama yang berupa stalaktit dan stalakmit yang saat ini masih terjaga kealamiannya, selain menikmati pemandangan khas gua, pengunjung juga dapat melihat sebuah telaga yang membuat goa ini terlihat makin menarik.

Karena adanya telaga itu, gua ini diberikan julukan sebagai gua telaga, dengan genangan air yang terletak dibibir gua dan memiliki air yang begitu bersih dan jernih.

(instagram.com/asisarmin)

6. Pemandian Alam Hendaopa

Pemandian Alam Hendaopa berlokasi di Desa Wawotimo, Kecamatan Tomia Timur atau di puncak gunung Tomia, pemandian ini memiliki bentuk unik seperti gua yang masuk kedalam tanah dikarenakan pada tampak luar seperti lubang.

Air kolamnya juga memiliki perairan yang begitu jernih dengan pemandangan yang mempesona, untuk menuju ke kolam terdapat tangga yang memudahkan para pengunjung

Akan tetapi sayangnya Destinasi Wisata Wakatobi ini masih asing terdengar oleh wisatawan sehingga berdampak pada akses menuju lokasi tersebut sangat terbatas.