Berita Wisata Indonesia – Ketika memasuki bulan Ramadan, terdapat banyak inspirasi berwisata yang tidak hanya memberikan rasa senang dan pengalaman yang baru, akan tetapi kamu mendapatkan suatu pelajaran dan manfaat bagi umat muslim di Indonesia, tempat ibadah sudah tidak asing lagi untuk bisa dijadikan sebagai tujuan wisata.

Ada terdapat banyak masjid megah nan indah yang bisa kamu jadikan sebagai Destinasi Wisata Religi Indonesia pada bulan Ramadan, berikut ini 7 Masjid Terindah yang wajib kamu kunjungi ketika Wisata Religi Indonesia.

(instagram.com/ ikhlasp)

1. Masjid Nasional Al-Akbar, Surabaya

Masjid Nasional Al-Akbar, Surabaya merupakan salah satu masjid termegah yang ada di Indonesia, Jawa Timur merupakan masjid yang direkomendasikan untuk beribadah, masjid yang tercatat sebagai salah satu Masjid Terbesar Asia Tenggara, Masjid ini memiliki 45 pintu berukiran dari kayu, serta ketungan yang diletakan di serambi depan masjid, Ukiran-ukiran pada dinding masjid bernuansa indah dan elegan.

Selain itu disini didukung dengan konsep pencahayaan yang indah, dikarenakan panitia pembangunan bekerja sama dengan salah satu perusahaan pencahayaan terbesar yang ada di Tanah Air.

(unsplash.com/ Febrian Zakaria)

2. Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang menjadi salah satu Wisata Religi Indonesia terfavorit, keunikan masjid adalah arsitektur yang memadukan arsitektur Jawa, Roma, dan Arab. Arsitektur Jawa terlihat pada alas tiang masjid yang menyerupai batik tumpal untu walang, kawung, dan parang-parangan, Dinding masjid dengan kaligrafi dan 6 payung hidrolik raksasa merupakan adopsi dari bangunan Masjid Nabawi yang mewakili arsitektur Arab, sementara itu arsitektur Romawi dengan desain interior dan pelapisan warna yang menempel di setiap sudut bangunan.

Wisatawan juga dapat menaiki menara Asmaul Husna dengan ketinggian 99 meter yang dilengkapi dengan teropong untuk menikmati pemandangan Kota Semarang dan kapal-kapal yang melintas di pelabuhan Tanjung Emas, selain itu di sini terdapat Al-Quran raksasa yang ditulis oleh seorang penulis kaligrafi bernama H.Hayatuddin.

(instagram.com/ bandung.banget)

3. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung yang berlokasi di tengah Kota Bandung, tepatnya di Alun-Alun kota Bandung, berlokasi dekat dengan Jalan Asia Afrika dan Braga, menjadikan masjid ini sangat ramai dikunjungi wisatawan yang ingin beribadah di selang perjalanan wisata Kota Kembang ini.

Setelah itu beberapa kali dilakukan pembangunan kini masjid terbesar di kota Bandung yang memiliki arsitektur megah dengan dua menara tinggi yang bisa dinaiki pengunjung yang ingin melihat panorama Kota Bandung dari atas. Tepat di depan masjid terdapat hamparan rumput sintetis yang sering kali digunakan warga maupun wisatawan yang ingin bersantai menikmati waktu bersama teman dan keluarga.

(unsplash.com/ Ammar Andiko)

4. Masjid Dian Al-Mahri, Depok

Masjid Dian Al-Mahri yang merupakan masjid megah dan indah ini memiliki kubah emas besar, yang merupakan ciri khas dari masjid ini, Tata ruang di area masjid akan membuat pengunjung seperti berada di Timur Tengah, Masjid Kubah Emas memiliki lima kubah terdiri dari satu kubah utama dan empat kubah kecil.

Pada bagian dalam masjid terdapat lampu besar yang tergantung di tengah langit-langit bangunan masjid juga diwarnai dengan awan sehingga terlihat mewah, lampu-lampu di dalam masjid kubah emas berasal dari Austria yang dirancang khusus oleh pendiri masjid, yaitu Hj Dian, Lampu Gantung memiliki berat sekitar 2,7 ton, Desain yang terlihat mewah dan kubah emasnya yang begitu khas bisa menjadi latar belakang foto yang menarik, tentu saja pastikan tujuan utama kamu untuk beribadah di masjid yang megah.

(unsplash.com/ julianto saputra)

5. Masjid Baiturrahman, Aceh

Masjid Baiturrahman yang merupakan Masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda di tahun 1022 H/1612 M. Masjid ini termasuk bangunan megah dan indah mirip Taj Mahal di India degan gaya arsitektur India Kuni, Masjid ini berlokasi di jantung kota Banda Aceh dan menjadi pusat segala aktivitas di Aceh Darussalam.

Tempat bersejarah dan memiliki nilai seni yang tinggi, Masjid Raya Baiturrahman merupakan objek wisata religi yang dapat membuat setiap wisatawan yang datang terkagum-kagum dengan sejarah dan keindahan arsitekturnya, Masjid Baiturrahman merupakan salah satu masjid terindah di Indonesia yang memiliki arsitektur yang memukau, ukiran menarik, dan halaman luas dengan terdapat kolam pemandian Turki-Turki Utsmani.

(instagram.com/ mzulkifli007)

6. Masjid Muhammad Ceng Ho, Surabaya

Masjid Muhammad Ceng Ho, yang dinamai dari Laksamana Muslim China, Zheng, melakukan perjalanannya ke Asia Tenggara tidak hanya untuk berdagang dan bertema, tetapi juga menyebarkan agama Islam. Bangunan masjid besar yang berlokasi di Kota Surabaya ini memiliki arsitektur yang mirip seperti kelenteng, rumah ibadah umat Khonghucu.

Walaupun masjid ini lebih mirip bangunan bergaya China, masjid ini tetap menggunakan arsitektur bergaya Timur Tengah, sebagai arsitektur dasar sebuah masjid dan arsitektur Jawa sebagai kawasan tempat berdirinya masjid. Masjid Muhammad Cheng Ho di Surabaya juga menjadi salah satu destinasi wisata religi di Indonesia, khususnya bagi masyarakat yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya.

(unsplash.com/ Mosquegrapher)

7. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid yang berlokasi di Jakarta Pusat, Masjid Istiqlal Jakarta merupakan Masjid Terbesar di Asia Tenggara, dengan kemegahannya menarik wisatawan dari seluruh dunia, tidak hanya indah saja, masjid ini juga bersejarah, Istiqlal diresmikan oleh Presiden saat itu Ir Soekarno, Pembangunannya dimulai pada tahun 1951 dan selesai pada tahun 1978, Arsiteknya adalah Frederich Silaban, seorang Kristen kelahiran Sumatra Utara.

Para wisatawan bisa mengagumi kemegahan arsitektur modern dengan ornamen geometri, struktur baja yang dominan memberikan kesan tegas dan megah, pada bagian dalamnya para wisatawan bisa merasakan suasana Islam melalui kegiatan ibadah, selama bulan Ramadan, masjid ini menawarkan sahur atau berbuka puasa.